10 Gambar Air Terjun Curug Luweng Sampang Gunung Kidul + Tiket Masuk

Dari solo klaten daerah istimewa yogyakarta gendangsari waterfall air terjun curug luweng sampang gunung kidul alamat arah camping rute gantiwarno gambar lokasi peta maps review sejarah wonosari wisata harga tiket masuk
Bebatuan di Luweng Sampang. Foto: telusurindonesia.com

Lokasi: Jl. Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon: +62 274 515871

Yogyakarta atau biasa disebut Jogja memiliki keindahan alam terutama di air terjun atau biasa disebut waterfall dalam bahasa Inggris. Air terjun yang ada di sekitar kawasan wisata alam ini memang sangat indah dan spesial. Air terjun atau biasa disebut curug memang menyajikan debit aliran air yang mengalir dari dataran tinggi atau perbukitan ke dataran rendah. Dan ada banyak kawasan wisata air terjun yang bisa ditemukan di sini.

Pesona Luweng Sampang. Foto: tour-yogyakarta.com

Di Jogja ada banyak kawasan wisata air terjun musiman yang memiliki debit air kecil ketika musim panas tiba. Sementara ketika musim penghujan, tidak jarang ada banyak kawasan wisata musiman yang siap memamerkan keindahannya. Sementara di daerah Gunungkidul  ini kala musim kemarau selalu terkena kekeringan yang cukup tinggi. Sedangkan wilayah Gunungkidul Yogyakarta sendiri memiliki kecantikan dan juga keindahan alam yang luar biasa terutama di area curug atau air terjun.

Aliran sungai Luweng Sampang. Foto: telusurindonesia.com

Ada sebuah kawasan wisata air terjun atau curug yang sangat unik dan tidak akan habis debit air walaupun sedang berada di musim kemarau di wilayah Gunungkidul Yogyakarta. Apalagi tebing-tebing di sekitarnya memberikan atmosfir tersendiri dan sangat unik. Air terjun Luweng Sampang siap memanjakan para wisatawan di sini

Bebatuan di Luweng Sampang. Foto: telusurindonesia.com

Mengenal Air Terjun Luweng Sampang

Kawasan wisata Air Terjun Luweng Sampang ini alamat serta lokasinya berada di desa Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Ada banyak review yang mengatakan bahwa kawasan wisata ini sangat mirip dengan keindahan Grand Canyon di Arizona USA. Jika dilihat sekilas memang tidak ada kemiripan. Para wisatawan harus menelusuri dan juga melihat lebih detail mengenai Air Terjun Luweng Sampang tersebut agar bisa menikmati kemiripan dan juga keindahan  yang ditawarkan di sini.

Suasana di Luweng Sampang. Foto: indonesiana.co.id

Lokasi dan letak dari kawasan wisata air terjun ini berada di area perbatasan antara Gunung Kidul, Yogyakarta dan juga gantiwerno Klaten, Jawa Tengah sehingga bisa diakses dengan sangat mudah. Kawasan wisata air terjun Luweng Sampang ini sejatinya adalah sebuah aliran sungai. Untuk menikmati keindahan dan juga pesona dari kawasan wisata air terjun ini para wisatawan bisa melihat dari puncak dari tebing-tebing tersebut. Saksikan kemegahan dari air terjun ini.

Keindahan Luweng Sampang. Foto: bobocantik.com

Rute dan akses menuju ke Luweng Sampang

Jalan untuk menuju ke kawasan wisata Air Terjun Luweng Sampang ini bisa dilalui melewati Wonosari atau Klaten. Jika berangkat dari pusat kota Jogja, ambil jalur ke arah Wonosari – Patuk – Nglipar dan juga Gedangsari. Dari sini masuk ke Desa Sampang. Setelah itu ikuti jalan utama yang akan menuju ke arah pertigaan Nglipar. Dari sini air terjun dengan tinggi sekitar 5 meter ini sudah bisa terlihat dari area tersebut.

Pemandangan Luweng Sampang. Foto: telusurindonesia.com

Sementara jika berangkat dari Klaten bisa melalui Stasiun Srowot – Pasar Wedi dan Gantiwarno. Dari sini menuju ke Desa Jogoprayan. Air terjun Luweng Sampang ini diapit oleh Desa Jogoprayan dan juga Desa Sampang. Jalur ini relatif lebih mudah dan tidak terlalu membingungkan. Sementara jalur Wonosari ini memiliki tanjakan dan belokan yang tajam. Bisa juga menggunakan aplikasi Google Maps yang siap menampilkan peta atau denah lokasi dengan mudah.

Keindahan air terjun. Foto: lihat.co.id

Keindahan Air Terjun Luweng Sampang

Pesona dari kawasan wisata air terjun ini memang sangat luar biasa. Memiliki keterikatan sejarah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, air terjun ini bisa membuat para wisatawan jatuh cinta. Keindahan tebing bebatuan menjadi salah satu pesona yang ditawarkan di sini. Bebatuan yang terbentuk akibat adanya aliran air yang mengalir secara terus menerus membuat tebing ini sangat mirip dengan Antelope Canyon di Arizona.

Jika para wisatawan melihat keindahan air terjun dari atas bebatuan ini, air terjun tersebut mengalir ke sebuah lubang dan terbentuknya luweng tersebut. Ada pula guratan-guratan yang terbentuk dari bebatuan yang sangat cantik dan juga menyatu dengan air terjun.

Eksotisme Luweng Sampang. Foto: tour-yogyakarta.com

Keindahan air terjun Luweng Sampang ini berganti dan berubah sesuai dengan musim. Ketika mengunjungi kawasan wisata ini pada saat musim hujan, debit air akan sangat besar dan juga warna coklat tanah akan menghiasi keindahan dan kecantikan dari air terjun ini. Sementara di musim kemarau debit sedikit lebih kecil. Air akan sangat jernih dan di sekitar air terjun para wisatawan bisa melihat kolam kecil dengan warna tosca yang menawan serta pemandangan bebatuan yang semakin cantik.

Air terjun Luweng Sampang Nan Indah. Foto: telusurindonesia.com

Tidak salah jika para wisatawan tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata ini. Pasalnya air terjun Luweng Sampang sangat pas bagi para turis yang ingin hunting foto atau mengambil gambar keindahan bebatuan di sekitar kawasan wisata air terjun tersebut.