10 Foto Goa Jomblang Tour Jogja Gunung Kidul Wonosari, Harga Tiket Masuk + Biaya Wisata Lokasi Semanu

Goa jomblang tour jogja gunung kidul wonosari biaya wisata lokasi semanu harga tiket masuk foto paket cave yogyakarta
Goa Jomblang, Foto: paketwisatajogja75.com

Lokasi: Desa Pacarejo, Kec.Semanu, Kab. Gunung Kidul, D.I Yogyakarta 55893
Map: Klik Disini
HTM: Free
Buka/Tutup: 08.00-14.00 WIB
Telepon: +62-818-629-901

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki rentang gugusan pulau, dengan pegunungan terbanyak di dunia. Masih banyaknya hutan & vegetasi yang belum tereksplorasi, tentu menjadikan negara ini bak negeri khayangan yang memiliki keindahan tiada tara. Apalagi dewasa ini, minat masyarakat menghabiskan waktu dengan mendaki pegunungan semakin meningkat. Salah satunya yang terkenal di kalangan para pendaki, ialah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta, banyak dikenal orang dengan budayanya yang masih kental & dekat dengan kraton. Sektor wisatanya pun yang lebih dikenal biasanya kawasan Malioboro, Kalibiru, maupun Candi Borobudur. Namun siapa sangka, di kota budaya ini memiliki sejumlah tempat ikonik seperti di kawasan gunung kidul dengan pegunungan sewu yang terkenal dengan 500 cave di lokasi pegunungan karstnya.

Goa Jomblang Jogja, Foto: yogya-backpacker.com

Beberapa di antaranya ialah Goa Braholo, Goa Rancang Kencana, serta Goa Maria Tritis yang biasanya dijadikan sebagai wisata religi & sejarah. Sementara Goa Cerme, Goa Pindul, Goa Ngingrong, Goa Jlamprong,  Lembah Karst Mulo, Goa Kali Suci, Goa Grubug,  Goa Seropan, Goa Cokro dan Goa Jomblang yang memiliki daya bagi wisatawan dari berbagai daerah. Naah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas goa yang tengah hits yang tak hanya dikenal di berbagai daerah di Indonesia namun hingga ke mancanegara bahkan sempat dijadikan tempat untuk shoot beberapa foto dari Amazing race yang di gelar di Amerika pada tahun 2011. Ialah goa jomblang, yang meski banyak memiliki cerita kelam namun kini tertutup dengan keindahan yang dimiliki.

Seperca Cahaya Surga di Jogja, Foto: piknikasik.com

Goa yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota wonosari ini, terletak di daerah Semanu Yogyakarta. Dari beberapa info yang saya dapat, ternyata sejarah kelam sempat terjadi di goa ini & juga beberapa goa di sekitarnya. Cerita-cerita seputar pembantaian PKI pada masanya, sempat membuat masyarakat takut & resah dengan penampakan dan juga suara-suara yang ada dari goa ini. Konon katanya pembantaian itu sendiri memakan waktu semalaman, dengan membuang mayat-mayat kedalamnya ataupun mengikat beberapa sekaligus & menembak salah satunya hingga semuanya tertarik jatuh kedalam gua. Hal ini dibuktikan dengan penemuan tulang manusia yang didapat, hingga mencapai 3 truk pada tahun 1982 & juga beberapa tengkorak dalam lumpur yang di temui pengunjung pada 1990.

Menikmati Cahaya Surga di Goa Jomblang, Foto: telusurindonesia.com

Belum lagi di goa-goa yang ada disekitarnya, konon dijadikan tempat pembuangan mayat dari para preman & penjahat yang kala itu tengah di incar & di perangi pemerintah. Apalagi saat itu tengah gencar-gencarnya Petrus (penembak misterius), yang dapat melenyapkan preman, penjahat, maupun orang yang baru dicurigai dalam waktu semalam. Beredarnya cerita-cerita mengenai derungan mesin mobil yang biasanya berhenti pada beberapa bibir gua pun, semakin melengkapi kesan angker dari tempat-tempat yang ada di kawasan gunungkidul ini. Namun kini anda tak perlu khawatir, karena 27 tahun silam tepatnya di tahun 1990 hingga sekarang sudah tak ada lagi cerita mistis maupun hilangnya pendaki setelah digelar doa bersama oleh masyarakat setempat, yang ada justru kawasan ini semakin di padati & diminati banyak penggila caving baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Keindahan Goa Jomblang Tiada Tanding, Foto: telusurindonesia.com

Goa yang memiliki pemandangan indah ini, pertama kali dijelajah oleh kelompok ASC (Acintyacunyata Speleological Club) dari jogja pada tahun 1984. Goa ini memiliki 4 jalur yang dapat dipergunakan oleh para penjelajah, dengan bentuknya yang vertikal. Kedalaman goa ini sendiri, bervariasi dengan yang terdalam mencapai 80 meter bila di ukur mulai dari bibir hingga dasar goa. Untuk bisa menyusuri goa ini, anda juga membutuhkan keahlian susur dengan teknik single rope menggunakan peralatan standar caving. Peralatan yang dibutuhkan di antaranya seat & chest harness, auto descender, ascender/croll, jammer, cowstail panjang & pendek, carabiner serta footloop. Selain safety set tersebut, anda juga membutuhkan perlengkapan penunjang lain seperti sepatu boot, coverall dan helm yang dilengkapi headlamp.

Goa Jomblang Gunungkidul, Foto: initempatwisata.com

Empat jalur yang tersedia, memiliki jarak yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya. Bagi anda yang masih awam dengan caving, Jalur VIP atau bisa dikatakan jalur pertama atau rute A wajib anda gunakan karena memiliki tingkat kesulitan yang tergolong mudah. Meski harus menapaki jalan terjal sepanjang 15 meter, namun sisa jarak dari bibir menuju dasar gua yang membutuhkan teknik single rope hanya tersisa 20 meter saja. Hal ini tentunya lebih ringan dibanding tiga rute lainnya, apalagi harus menggunakan teknik single rope. Seperti rute D yang berjarak 40 meter, rute C yang berjarak 60 meter & rute B yang memiliki jalur terberat dengan jarak 80 meter.

Meski membutuhkan perjuangan ekstra untuk bisa sampai ketempat ini, namun semua usaha anda akan terbayar dengan panorama indah yang ada di dalam gua. Bentuk bibir guanya sendiri, bila dilihat sekilas berbentuk lingkaran yang nyaris sempurna bak sebuah sumur. Bentukan ini terbentuk secara alami, akibat proses collapse doline yang biasa terjadi pada pegunungan karst. Collapse doline sendiri, merupakan sebuah proses dimana tanah yang berada di permukaan mengalami runtuh / amblas ke dasar beserta vegetasi yang ada. Proses geologi ini menghasilkan sinkhole dengan luas 50 meter, dengan lumut & tumbuhan lainnya yang menghiasi di sekitarnya.

Yuk Berwisata Ke Goa Jomblang di Jogja, Foto: duniatraveling.co.id

Meski kebanyakan pengunjung yang datang hanya untuk sekedar berfoto dengan keindahan di dalam gua, khususnya spot dimana ray of light yang di juluki cahaya surga berada. Namun tak jarang juga, beberapa wisatawan mancanegara & juga peneliti datang ketempat ini untuk meneliti vegetasi purba yang masih bertahan & tumbuh dengan sangat subur di dalam gua jomblang. Di dalam goa jomblang sendiri anda akan menemukan rimbunan tumbuhan yang cukup subur, ditebingnya sendiri terdapat tanaman perdu yang tumbuh pada batuan kapur & juga vegetasi lainnya yang merupakan lanjutan dari runtuhan tanah pada zaman purba yang masih lestari hingga sekarang.

Didalam gua ini juga terdapat sebuah bilik unik, yang ternyata terbentuk secara alami oleh alam. Tak jauh dari situ anda akan menemui beberapa gugus stalaktit & stalagmite serta beberapa batuan Kristal pada lorong yang ternyata memiliki sambungan menuju goa grubug. Meski pintu masuknya tergolong besar, namun bukan berarti lorong yang ada akan pendek, lorong penghubung ini memiliki panjang kurang lebih 300 meter dengan dilengkapi sungai bawah tanah. Sungai bawah tanah ini merupakan aliran langsung dari Kalisuci dan mengalir cukup deras ini sangat jernih, ditambah lagi dengan sorotan sinar matahari yang seolah membentuk pilar memberi kesan cahaya surga yang benar-benar nyata terpampang di hadapan anda.

Turun Dengan Tali Pengaman, Foto: yogya-backpacker.com

Bagi anda yang ingin berkunjung kesini, ada baiknya berkunjung diluar musim penghujan. Sebab selain tanah disekitar akan licin & berlumpur, aliran air dari sungai bawah tanahnya pun akan bertambah deras serta panorama cahaya surganya pun bisa jadi tak akan anda temui bila cuaca terlalu mendung. Tentunya anda tak ingin bukan, bila sudah jauh-jauh kesini namun panorama cahaya tersebut tidak dapat anda temui. Bagi anda yang ingin berkunjung ke goa jomblang ini tanpa menggunakan jasa dari paket tour yang banyak tersedia di Internet, harga tiket masuknya untuk ke kawasan ini sendiri sama sekali tidak ada alias gratis.

Namun bagi anda yang ingin turun & merasakan sensasi caving di gua ini, anda akan dikenakan biaya penyewaan alat-alat yang sudah standar safety untuk teknik single rope sebesar 450 ribu rupiah. Meski terkesan mahal, namun bila ditinjau dengan adanya makan siang, kemudian asuransi IAG & juga guide yang akan memastikan keamanan kita tentunya biaya tersebut masih dapat dikatakan wajar, apalagi para guide akan menarik anda secara manual untuk naik dari dalam gua. Ditempat ini biasanya para pengunjung akan memanfaatkan rumah kaduh, yang biasanya dipergunakan sebagai tempat singgah, penitipan barang ataupun membersihkan lumpur. Meski tidak dikenakan biaya, namun biasanya para pengunjung memberi tips sukarela sebagai balas jasa, apalagi sampai disuguhi teh segala.

Light Heaven Goa Jomblang Yogyakarta, Foto: special-jogja.blogspot.com

Untuk anda yang ingin mengunjungi tempat ini secara berombongan, maksimal pengunjung yang di perbolehkan dalam 1 hari hanya sebatas 25 orang saja. Hal ini ditujukan sebagai upaya pelestarian ekosistem, baik di sekitar maupun di dalam gua jomblang agar tetap stabil. Bagi anda yang berkendara dari Yogyakarta, rute yang dapat anda gunakan untuk berkunjung ketempat ini melalui arah Piyungan  menuju Patuk, kemudian terus kearah Gading, lanjut ke Wonosari & Semanu sampai menemukan papan petunjuk menuju ke tempat Wisata kali suci & terakhir ikuti petunjuk menuju Goa Jomblang .

Sementara bagi anda yang menggunakan transportasi umum, untuk mudahnya dapat menggunakan bus tujuan wonosari. Dari situ anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan minibus hingga terminal semanu & dilanjutkan dengan ojek menuju rumah kaduh jetis. Di dekat stasiun lempuyangan pun terdapat penyewaan motor maupun mobil harian yang dapat anda gunakan untuk berkeliling kota Yogyakarta, namun bila anda ingin menggunakan transportasi yang lebih praktis, dapat mencoba menyewa mobil dari jogja lengkap dengan supirnya untuk pulang pergi dengan biaya yang dapat anda negosiasi langsung di lapangan.

Perjalanan ke Dalam Goa, Foto: telusurindonesia.com

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini? sekedar tips bagi anda yang ingin berkunjung, usahakan untuk sudah berada di dalam gua pada jam 10 hingga jam 12 agar mendapat cahaya maksimal yang menambah keindahan gua yang satu ini. Jadi? Tunggu apa lagi? Ajak teman-teman & keluargamu untuk berlibur ke tempat ini. Yuk visit jogja!