7 Tips Traveling Sendirian saat Bulan Puasa Ramadan

Travel Blog Reservasi – Traveling sendirian itu mendewasakan diri, terlebih jika dilakukan saat bulan puasa Ramadan. Ada banyak keuntungan traveling sendirian saat Ramadan. Namun jangan lupa beberapa pantangan yang mesti dipatuhi saat traveling sendirian.

1. Gabung Grup Traveler di Media Sosial

tips traveling sendirian
tripzilla.com

Pengalaman itu penting dan belajar dari pengalaman orang lain itu lebih penting. Biar enggak kudet dan juga bisa mempelajari tujuan traveling kamu sebaiknya kamu bergabung dengan grup traveler atau backpacker di sosial media seperti facebook.

Salah satu grup yang sangat aktif menginformasikan tentang solo traveling misalnya seperti grup Backpacker Dunia dan Backpacker Nusantara di Facebook.

2. Survei tujuan kamu

Riset, riset dan riset. Survei itu penting lho agar kamu benar-benar memahami kultur terutama situasi tempat tujuan kamu. Jangan sampai ternyata tempat tujuan kamu merupakan negara yang mendapatkan travel warning dari pemerintah. Tak ada salahnya bertanya melalui teman atau orang yang pernah pergi ke sana.

Apalagi jika traveling saat bulan puasa. Biar lebih terasa suasana Ramadannya, mungkin lebih baik pilihan kamu ke negara-negara yang penduduknya mayoritas muslim. Minimal kamu bisa berkunjung ke kampung muslim.

Baca 5 Alasan Traveling saat Bulan Puasa Ramadan lebih Menguntungkan

3. Light packing

Solo traveling tak perlu banyak packing. Bawa barang-barang penting saja. Jika perlu cukup satu tas backpack yang sudah memuat kebutuhan utama kamu selama perjalanan. Paling penting bawalah dokumen perjalanan dan botol air minum.

4. Hindari penerbangan malam hari

shutterstock

Untuk negara yang asing kamu datangi, sebaiknya pilih penerbangan paling pagi agar bisa tiba pagi atau siang. Hindari memilih penerbangan pada malam hari meskipun tiket pesawat yang ditawarkan lebih murah. Cukup sulit untuk mengenali situasi kota yang asing bagi kamu yang pertama kali menjejakkan kaki.

5. Pelajari tradisi lokal setempat

shutterstock

Jangan sampai kamu mengalami cultural shock. Pelajari tradisi dan budaya lokal tempat yang kamu tuju. Jangan sampai kamu melakukan etika dan tradisi setempat gara-gara kurang informasi. Percaya deh, setiap perbedaan tradisi dan budaya pasti ada sisi baik yang bisa kamu pelajari.

Baca 7 Dagangan Paling Laris dan Paling Dicari Saat Puasa Ramadan

6. Kabari orang rumah atau teman dekat

Zaman sosmed dengan koneksi internet murah di luar negeri, tak ada salahnya mengabari keluarga minimal tiap 6 jam sekali. Jika tidak ingin terlalu diekspos cukup kabari keluarga atau teman terdekat saja. Namun tak ada ruginya selfie sambil cek lokasi kota yang kamu tuju.

7. Belajar bahasa setempat cara meminta tolong yang baik

Pelajari bahasa lokal jika kamu traveling ke negara yang asing menggunakan Bahasa Inggris seperti Korea atau China. Gunakan google translate pun bisa. Pastikan ada sambungan internet ya supaya kamu tidak kesulitan meminta tolong dan berkomunikasi dengan warga lokal.

Baca traveling, pesawat dan hotel murah.

The post 7 Tips Traveling Sendirian saat Bulan Puasa Ramadan appeared first on Reservasi Travel Blog.