6 Tips Traveling Saat Berpuasa yang Bermanfaat untuk Traveler Muslim

Travel Blog Reservasi – Bulan Ramadan sudah tiba. Sebagai umat Muslim yang taat, kamu harus menjalani puasa selama kurang lebih 12 jam menahan haus dan lapar. Saat-saat seperti ini biasanya banyak orang yang menghabiskan waktu mereka di rumah saja.

Bulan Suci seharusnya nggak menghalangi kamu untuk tetap beraktivitas. Selain beribadah, kamu tetap bisa melakukan banyak kegiatan lainnya termasuk menjalani hobi seperti traveling. Momen berpuasa justru akan semakin berkesan lho!

Punya rencana jalan-jalan ke luar negeri atau luar kota di Ramadan ini? Baca tips traveling saat berpuasa berikut ini yuk! Seperti yang dihimpun oleh Reservasi.com dari berbagai sumber, Sabtu (27/05/2017).

1. Bijak Memilih Lokasi Traveling dan Jadwal Perjalanan

sumber : tripzilla.com

Punya rencana traveling saat berpuasa, baiknya kamu pilih destinasi yang Muslim-friendly. Sebab, suasana Ramadan akan lebih terasa di sana. Makanan halal pun akan mudah ditemukan. Tak cuma itu, tempat ibadah  bakal dengan mudah kamu temukan. Jadi, tak perlu bingung mencari tempat untuk salat saat berada di sana.

Untuk jadwal perjalanan nanti, perhatikan waktu-waktu krusial saat iftar, siang hari, dan sahur. Supaya tak lemas saat berpuasa, sebaiknya jangan lakukan perjalanan yang menguras tenaga di waktu siang hari. Lebih asyik kalau kamu mulai jelajah tempat wisata menjelang sore hari sembari ngabuburit.

2. Pastikan Destinasi Wisata Punya Fasilitas Tempat Ibadah

Tips Traveling Saat Berpuasa
sumber : tripzilla.com

Jangan sampai kamu tidak menjalankan kewajiban salat selama berada di tempat traveling.  Oleh karena itu, sebelum berangkat ke destinasi wisata, sebaiknya kamu melakukan research terlebih dahulu mengenai fasilitas tempat ibadah yang ada di sana.

Kamu pun tak perlu repot mencari masjid yang ada di sana. Jika tujuan yang kamu pilih ternyata tak memilih sarana untuk traveler Muslim, carilah spot bersih untuk kamu beribadah. Jadi, tak boleh lupa membawa peralatan salat pribadi yang mudah dibawa ya.

3. Persiapkan Hal-hal Tak Terduga

sumber : tripzilla.com

Tips traveling saat berpuasa selanjutnya adalah mempersiapkan hal-hal tak terduga seperti membawa snack atau botol air minum. Di perjalanan nanti, bisa saja kamu mengalami delay atau kemacetan yang membuat kamu melewatkan waktu-waktu krusial seperti iftar dan sahur. Perbekalan seperti ini bisa jadi penolong selama kamu berjalan-jalan. Jangan lupa pula untuk meng-install aplikasi azan supaya kamu bisa mengetahui kapan saatnya sahur atau berbuka jika memang harus menghabiskan waktu di perjalanan.

4. Jangan Lupa Sahur

sumber : tripzilla.com

Makan sahur berguna untuk jadi sumber tenaga sebelum kamu berpuasa seharian penuh. Apalagi kalau destinasi yang kamu tuju adalah negara yang jam puasanya lebih panjang dari Indonesia. Nggak mau kan momen liburan jadi berantakan karena lemas melewatkan sahur?

Kalau takut tak menemukan restoran di sekitar hotel di jam sahur dan terlalu malas untuk keluar kamar, sebaiknya kamu membeli makanan di minimarket terdekat. Pastikan perut kamu terisi sebelum menjelajahi tempat-tempat seru ya!

5. Cari Makanan Halal

sumber : tripzilla.com

Kalau tujuan liburanmu adalah tempat yang mayoritas penduduknya bukan beragama Muslim, mencari makanan halal adalah tips traveling saat berpuasa yang wajib dilakukan. Seharian penuh menahan haus dan lapar tapi kalau berbuka atau sahur dengan makanan yang tak halal kan percuma juga.

Jadi, harus cermat saat memilih tempat makan dan jangan sungkan untuk bertanya bahan-bahan apa yang dimasukan dalam menu ke pelayan. Supaya tak bingung, kamu juga bisa kok melakukan riset restoran, hotel, atau pesawat yang menyediakan menu halal untuk traveler Muslim.

Cari Hotel Murah dengan Promo Diskon Terbaik setiap Hari

6. Mencari Komunitas Muslim di Destinasi Traveling

Tips Traveling Saat Berpuasa
sumber : tripzilla.com

Pasti akan lebih nyaman dan menyenangkan saat mengetahui kamu nggak sendirian menjalani ibadah puasa di luar negeri saat bulan Ramadan. Oleh karena itu, mencari komunitas Muslim lokal di destinasi traveling adalah ide yang sangat bagus. Kamu bisa menambah jalinan pertemanan di sana. Manfaat lain kalau kamu tahu komunitas Muslim ini adalah bisa tahu di mana restoran halal dan masjid besar yang buat kamu lebih nyaman beribadah saat berada di sana.

Baca Tips, Ramadan, dan Liburan.

The post 6 Tips Traveling Saat Berpuasa yang Bermanfaat untuk Traveler Muslim appeared first on Reservasi Travel Blog.