by

10 Tempat Wisata Memukau di Guangzhou Cina

Sun Yat-sen Memorial Hall

Surabaya – Anda berencana akan berkunjung ke Cina? Jika iya, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk liburan ke Guangzhou. Ibukota Provinsi Guangdong ini ialah kota terbesar di Cina Selatan. Dari Hongkong, Anda bisa menuju ke Guangzhou dengan menaiki kereta cepat.

Sebagai bahan pertimbangan untuk berlibur ke Guangzhou, berikut informasi mengenai tempat wisata di Guangzhou yang sangat memukau, seperti dilansir dari laman Keluyuran.

1. Opera House Guangzhou
Di antara sekian banyak tempat wisata di Guangzhou, Opera House Guangzhou ini adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi ketika berlibur di sana. Anda bisa menonton pertunjukan seni teater atau musik. Akan tetapi, bila Anda tidak ingin menonton pertunjukan, Anda bisa tetap masuk ke dalam gedung ini untuk sekedar melihat-lihat.

Bangunan Opera House Guangzhou ini mengusung desain futuristik dan modern. Selain itu, gedung ini juga sangat dekat dengan stasiun MRT Pearl New Rivertown, sehingga akses untuk menuju ke tempat ini sangatlah mudah.

2. Menara Canton
Sempat menjadi menara tertinggi di dunia sebelum akhirnya digeser dengan Tokyo Sky Tower, Menara Canton menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi bila sedang di Guangzhou. Menara yang berdiri di distrik Haizhu ini memiliki tinggi 610 meter.

Daya tarik dari Menara Canton ini terletak pada desainnya yang unik dan sistem pencahayaannya yang sangat futuristik. Landmark Guangzhou ini terlihat begitu menakjubkan di malam hari berkat lampu warna-warni. Pengunjung juga bisa membayar karcis untuk dapat naik ke menara ini dan menyaksikan pemandangan Kota Guangzhou dari ketinggian.

3. Shamian Island
Untuk Anda yang ingin mencari ketenangan saat berwisata, Anda dapat mengunjungi Shamian Island, yang merupakan sebuah pulau yang berada di tengah-tengah sungai. Jadi, Anda jangan berpikir bahwa ini adalah pulau tropis yang dilengkapi dengan pantai berpasir putih.

Meskipun Shamian Island bukan pulau tropis yang cocok untuk bersantai, tetapi Anda masih bisa dapat menikmati keunikan pulau ini. Bangunan-bangunan peninggalan zaman kolonial di pulau ini masih dirawat sehingga terlihat mempesona. Belum lagi taman-taman dan jalanan di Shamian Island ini begitu bersih, rapi, dan terawat. Berada di Shamian Island akan membuat Anda merasa seperti sedang berjalan-jalan di Eropa.

4. Chimelong Paradise
Satu hari saja tak cukup rasanya untuk menjajal sebuah wahana permainan yang disediakan di tempat wisata di Guangzhou yang satu ini. Adalah Chimelong Paradise yang merupakan theme park di distrik Panyu yang sudah dibuka sejak tahun 2006.

Taman bermain yang sangat besar ini menjadi salah satu tempat yang menarik bagi para wisatawan mancanegara. Pasalnya, ada begitu banyak wahana permainan di Chimelong Paradise ini, mulai dari 10 Inversion Roller Coaster, Dive Coaster, Motorbike Coaster, Flying Tiger, Helicopter Tower, dan masih ada puluhan wahana permainan lainnya. Jadi, ketika Anda berencana ke Guangzhou, jangan lupa untuk turut mengunjungi Chimelong Paradise yang sangat menakjubkan ini.

5. Baiyun Mountain
Baiyun Mountain juga dikenal dengan nama Gunung Awan Putih. Tempat ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat asri. Anda bisa naik bus dan berhenti di terminal Yuntai Garden, lalu melanjutkan perjalanan naik ke gunung dengan menggunakan cable car. Namun, jika ingin sedikit berolahraga Anda bisa melakukan hiking yang memakan waktu sekitar 2 jam.

Pemandangan yang bisa dilihat dari atas Baiyun Mountain memang sangat indah. Anda bisa mengajak rombongan Anda untuk berpiknik di sekitar gunung ini sambil bersantai menikmati udara yang masih bersih dan sejuk. Bahkan, Anda bisa mencoba untuk menguji adrenalin Anda dengan melakukan bungee jumping di gunung ini.

6. Temple of the Six Banyan Trees
Selanjutnya, kita bisa singgah di distrik Yuexiu dan singgah di Temple of the Six Banyan Trees. Dalam bahasa Indonesia, tempat ini dikenal dengan nama Kuil Pohon Beringin & Pagoda Bunga (Kuil Liurong). Bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan saja, masyarakat lokal juga banyak yang berkunjung kemari untuk berziarah dan membakar dupa.

Ada sebuah pagoda kayu yang berdiri menjulang tinggi ke atas. Kuil yang usianya sudah ribuan tahun ini dinamakan sebagai Kuil Pohon Beringin karena di sekitar kuil ada 6 pohon beringin yang berdiri kokoh dan usianya sudah mencapai ratusan bahkan ribuan tahun.

7. Sun Yat-sen Memorial Hall
Siapa yang tak kenal dengan Sun Yat-sen? Beliau adalah pemimpin kunci revolusi Tiongkok dan memiliki gelar sebagai Bapak Negara Tiongkok Modern. Saat ke Guangzhou, jangan lupa untuk mampir ke sebuah museum yang diberi nama Sun Yat-sen Memorial Hall. Dari depan gedung ini terlihat mengusung desain artistik kuno khas negeri tirai bambu, yakni bangunan dengan bentuk segi delapan.

Seperti museum-museum lain, di dalam Sun Yat-sen Memorial Hall juga terdapat ruang auditorium yang biasa dipakai untuk menggelar pertunjukan. Jika tidak sedang ada pertunjukan Anda bisa tetap masuk untuk sekedar melihat koleksi foto-foto yang dipajang di dalam museum bersejarah ini.

8.Sacred Hall Cathedral
Walaupun mayoritas penduduk Guangzhou memeluk agama Budha, tetapi di Guangzhou ada suatu tempat wisata yang berupa gereja bagi umat nasrani. Sacred Hall Cathedral atau yang dikenal sebagai Gereja Hati Kudus adalah gereja tua yang mengusung desain arsitektur ala Eropa klasik.

Tempat wisata di Guangzhou yang sangat Instagrammable ini berada di posisi strategis, yaitu tengah kota. Di sekitar gereja juga terdapat pasar yang menjual berbagai kebutuhan, termasuk souvernir atau oleh-oleh khas Guangzhou.

9. Taman Safari Chimelong
Ada yang kurang jika pergi ke Cina tanpa melihat panda. Hewan khas negeri tirai bambu ini bisa Anda lihat di Taman Safari Chimelong. Kebun binatang yang satu ini sangat bersih, rapi, dan terawat, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk datang kemari.

Di samping itu, kondisi satwa-satwa di kebun binatang ini tampak sehat, segar, dan terawat. Hal tersebut membuktikan bahwa Taman Safari Chimelong adalah kebun binatang yang berkualitas dan memperhatikan kesejahteraan hewan-hewannya. Anda bisa berjalan kaki atau naik kereta untuk melihat hewan-hewan di sini.

10. Zhujiang New Town
Ingin merasakan suasana kota modern saat berada di Guangzhou? Anda bisa berjalan-jalan di Zhujian New Town. Di kawasan modern ini Anda akan menemukan gedung-gedung pencakar langit, hotel, restoran, dan cafe yang mewah.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa berbelanja di butik-butik dan mall modern yang dibuka di kawasan ini. Di tengah-tengah Zhujiang New Town juga terdapat taman dengan konsep yang mirip Central Park di New York.

Comment

News Feed