by

Setiap Sabtu dan Minggu ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Taman Lansia dan Paliatif Surabaya

Surabaya, – Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan keberadaan Taman Lansia di Jalan Kalimantan dan Taman Paliatif di Jalan Kesumba untuk pemeriksaan kesehatan gratis yang rutin dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu.
Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Ipong Wisnoewardono, di Surabaya, Rabu, mengatakan mulai 2019, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis digelar agar pemanfaatan kedua taman itu terus optimal.
“Agar masyarakat yang berkunjung ke Taman Lansia dan Paliatif merasa nyaman, kami telah melakukan berbagai perawatan, agar kedua taman itu tetap terjaga kebersihannya,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, saat ini sudah memasuki musim hujan, sehingga membuat jajaran DKRTH Surabaya lebih intens lagi melakukan perawatan kedua taman itu.

Menurut dia, untuk perawatan, ada petugas yang setiap hari melakukan bersih-bersih, penyiraman tanaman, hingga pemupukan. Sedangkan untuk perawatan secara berkala, pihaknya melakukan perbaikan mainan anak, pengecatan (fasilitas), pemotongan ranting pohon, dan perawatan batu terapi.

Ia mengatakan kunjungan masyarakat ke Taman Lansia dan Taman Paliatif dominan ramai pada pagi hari. Masyarakat biasanya berolahraga atau sekedar jalan-jalan di batu terapi. Terlebih, kalau hari libur, mereka biasanya datang bersama keluarga.

“Kalau hari biasa, di Taman Lansia kebanyakan pagi yang ramai oleh lansia. Terus kalau hari libur, pagi sampai sore terus ramai. Selain lansia, anak-anak dan remaja juga ramai kalau pas hari libur,” katanya.

Tingginya kunjungan masyarakat ke kedua taman itu, lanjut dia, terkadang masih ada beberapa warga yang membuang sampah sembarangan.

Kendati demikian, ia berpesan kepada masyarakat yang berkunjung ke taman itu, agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, kata dia, di beberapa titik lokasi taman, pihaknya telah menyediakan fasilitas tempat sampah.

“Kadang-kadang yang hadir di taman itu masih meninggalkan sampah. Karena itu, saya berharap masyarakat tidak buang sampah sembarangan, dan ikut peduli menjaga kebersihan taman,” katanya. (ant/wan)

Comment

News Feed