by

Tips Liburan ke Taman Nasional Baluran

Ist.

Situbondo – Hamparan savana yang luas tak hanya terdapat di Afrika. Ternyata Indonesia juga memiliki hal tersebut, yakni Taman Nasional Baluran di kecamatan Banyuputih, kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Di tempat ini Anda bisa mengamati beragam tumbuhan yang diantaranya widoro bukol, mimba, pilang, hingga tanaman khas Indonesia seperti kemiri, gebang, api-api, asam, gadung, manting, dan kepuh. Sedangkan untuk hewannya terdapat aneka jenis mamalia dan burung.

Nah, bagi Anda yang berencana berkunjung ke tempat ini, berikut tips yang mungkin bisa menjadi pedoman Anda, seperti dikutip dari laman Archipelagos.

1. Awali dengan Berkunjung ke Pusat Informasinya

Sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Baluran Anda dapat mengunjungi pusat informasi. Dengan mengunjungi lokasi tersebut, Anda bisa mendapat penjelasan singkat tentang Taman Nasional Baluran, bahkan Anda bisa menyaksikan Program Slide demi mengetahui gambaran secara umum tentang taman nasional ini.

2. Waktu Tepat Kedatangan

Musim kunjungan terbaik adalah sekira bulan Maret hingga Agustus, untuk setiap tahunnya. Anda dapat menyaksikan perkelahian antara rusa jantan pada bulan Juli hingga Agustus, serta melihat sekawanan kera abu-abu yang memancing kepiting dengan ekornya ketika air laut surut. Ada juga atraksi tarian burung merak saat musim kawin antara bulan Oktober hingga November.

3. Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Bila Anda ingin berlama-lama di tempat ini, Anda perlu menyiapkan beragam perlengkapan yang akan menunjang kenyamanan. Anda bisa membawa kompor gas portable, dan ada baiknya Anda membawa makanan sendiri. Pasalnya, di lokasi ini tidak ada fasilitas untuk makan. Selain itu, jangan lupa membawa penyemprot nyamuk, ataupun lotion anti nyamuk. Dengan stamina yang fit, para pengawas taman nasional ini akan sangat bersedia mengantar Anda kemanapun.

4. Buat Surat Permohonan Penelitian

Bila Anda datang dengan tujuan penelitian, Anda diwajibkan membuat permohonan penelitian kepada Kepala Taman Nasional Baluran yang dilampiri proposal, dan juga penyerahan laporan hasil penelitian sebanyak dua buku kepada Kepala Taman Nasional Baluran, setelah penelitian yang Anda lakukan usai.

Comment

News Feed