by

Tiga Alasan Anda Perlu Berlibur

-berita-68 views
Ist.

Jakarta – Libur akhir tahun memang masih agak lama, tapi tidak ada salahnya jika Anda merencanakannya dari sekarang. Tak peduli mau liburan di dalam negeri atau di luar negeri, jika Anda sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, semua persiapan akan terasa lebih mudah.

Tapi, jika libur akhir tahun masih terlalu lama, mengapa tidak mencoba liburan di akhir bulan atau dengan kata lain setelah waktu gajian tiba? Rasanya patut di coba.

Karena tahukah Anda, ternyata ada beberapa survei menunjukkan, kalau masih banyak orang yang tidak memanfaatkan jatah liburannya dengan baik karena berbagai alasan.

Memang terdengar sepele, tapi jika kurang memanfaatkan waktu liburan bisa berdampak negatif pada mental dan fisik. Berikut ini tiga alasan kenapa Anda harus segera pergi berlibur dan meninggalkan sejenak segala aktivitas, seperti dilansir dari laman Viva:

1. Meredakan stress

Alasan yang paling pertama tentu meredakan dan bahkan menghilangkan stres. Hal ini pasti juga sudah diketahui setiap orang, namun memang mereka tetap enggan untuk liburan.

Beberapa orang mengungkapkan kalau mereka sedang dalam kondisi stres atau dibawah tekanan justru dapat bekerja optimal, namun hal itu sebenarnya tetap kurang baik untuk kesehatan secara umum. Ada sebuah riset mengungkapkan 80% pekerja merasakan stres yang berkaitan dengan pekerjaan dan 70% alasan mereka harus ke dokter yang disebabkan oleh kondisi yang berkaitan dengan stres. Dan dari semua itu, studi menunjukan jika mengambil cuti untuk liburan bisa menjaga kesehatan fisik, mental dan mencegah burnout dalam bekerja.

2. Menjaga kestabilan emosi

Terlalu banyak menghabiskan waktu dikantor bisa membuat kita mudah merasa frustasi. Mengambil liburan sejenak dari semua itu akan sangat ampuh untuk menjaga emosi tetap stabil dan terhindar dari stres yang berkepanjangan. Cobalah istirahat sejenak dari tuntutan deadline dan lingkungan yang menekan dengan cara memanfaatkan waktu liburan dengan benar.

3. Menjadi mood booster

Sepulangnya dari liburan, diri kita akan menjadi pribadi yang baru dengan membawa kenenangan yang menyenangkan. Mengingat kenangan itu bisa jadi cara relaksasi yang efektif lho. Seperti dengan meditasi, ternyata mengingat memori yang menyenangkan dapat mengubah pola gelombang otak ke arah gelombang alfa dimana gelombang ini merupakan sebuah pola gelombang serupa dengan saat tubuh kita bersiap tidur dengan tenang.

Masih ada lagi, saat kita mengingat memori liburan, tubuh kita akan menghasilkan endorfin yang membuat mood menjadi lebih baik dan siap menghadapi kondisi yang menegangkan, seperti rapat ataupun menghadapi deadline baru.

Comment

News Feed