by

Ibis Bugdet HR Muhammad Boyong Kuliner Khas Waroeng Pati

Nasi Gandul khas Waroeng Pati

Surabaya – Menu tradisional Tanah Air tak pernah habis untuk dieksplor.
Keinginan memuaskan hasrat para penikmat menu tradisional inilah yang membuat manajemen Hotel Ibis Budget menghadirkan ragam menu Waroeng Pati. Tak cuma satu atau dua, tetapi ada banyak sajian khas Waroeng Pati ada di hotel yang berlokasi di Jl HR Muhammad Surabaya ini.

Salah satu menu andalannya Nasi Gandul. Menu ini punya banyak pilihan lauk, seperti lidah, paru, dan babat yang masing-masing dibanderol Rp 18.000.

Nasi Gandul sendiri merupakan makanan tradisional khas Pati yang sudah ada sejak tahun 1940-an, dimana saat itu Mbah Melet yang menjajakan dagangannya dengan dipikul, satu pikul berisi kuah gulai, dan satu pikul lagi berisi nasi. Uniknya saat Mbah Melet berjalan, pikulannya tersebut gundal-gandul mengikuti langkahnya, sehingga disebut Nasi Gandul.

“Makanan tradisional khas Pati ini sengaja disajikan dalam rangka mengangkat makanan tradisional khususnya Kota Pati. Alhamdulillah meski masih soft launching, menu baru kami disambut dengan baik oleh para pengunjung, bahkan tak jarang pengunjung asing suka dengan makanan ini. Termasuk para traveler yang singgah disini,” ujar Budi Setiawan, Sales & Marketing Manager Ibis Budget Surabaya HR Muhammad.

Disajikan dengan menggunakan daun pisang, dalam seporsi Nasi Gandul kuah yang disiram di atas nasi dan rasanya manis. Sebagai lauknya, Anda bisa memilih jeroan sapi, seperti babat, hati, lidah atau telor bacem dan tempe goreng. Ada pula empal goreng yang dipotong kecil-kecil.

Nasi Gandul ala Ibis Budget Surabaya HR Muhammad juga dilengkapi dengan Sambal Ijo yang tentunya akan membuat selera makan semakin bertambah.

“Jadi mulai dari, rasa, tempat sajian serta bumbu yang digunakan semuanya tidak ada yang dimodifikasi. Semuanya asli racikan Nasi Gandul khas Pati. Dengan begitu makanan ini benar-benar tradisional dan masih asli sama seperti Nasi Gandul yang ada di Pati,” tambah Atik Sumiati, Chef ibis Budget Surabaya HR Muhammad.

Menariknya walaupun disajikan di hotel, harga yang ditawarkan cukup murah. Mulai dari Rp 15.000,00 hingga Rp 30.000,00 tergantung jenis lauk yang dipilih.

Aneka menu lainnya yaitu Sop Buntut Joyo, Tahu Petis, Dadar Jagung, Rujak Manis, Nasi Goreng Kecombrang, dan Nasi Goreng Rawon.

Selanjutnya ada menu Nasi Batu berupa nasi putih ditambah lauk tahu tempe, ikan asin, dan ayam goreng. Selain itu masih ada kerupuk, lalapan, plus sambal.(dbs)

Comment

News Feed