by

Pesona Langit Senja di Tanjung Gaang Bawean Gresik

Ist.

Gresik – Pesona langit senja selalu membuat mata terpana melihatnya. Apalagi jika senja tersebut disaksikan di tempat yang indah.

Langit senja yang merona dan semakin merah di atas hamparan laut luas mampu membuat jantung seakan berhenti berdegup. Bagaimana tidak, keindahannya tak cukup untuk digambarkan dengan kata-kata.

Setidaknya hal itu lah yang dijumpai ketika Anda menyaksikan senja di Tanjung Gaang, salah satu spot terbaik menyaksikan sunset di Pulau Bawean. Pulau yang berada di utara Gresik ini memang memiliki pesona yang mengagumkan.

Bagaimana tidak, Anda bisa mendapatkan sepaket wisata jika berkunjung ke pulau ini. Mulai dari wisata alam dan pantainya yang cukup banyak.

Tanjung Gaang sendiri merupakan spot populer menyaksikan senja di Bawean. Meski jaraknya cukup jauh dari Alun-Alun Sangkapura atau dekat dari pelabuhan, namun pemandangannya tak akan mengecewakan.

Pertama, Anda harus menempuh perjalanan sekira 45 menit dari alun-alun. Melewati jalanan yang sempit dan naik turun, satu-satunya kendaraan yang disarankan adalah sepeda motor. Kemudian Anda juga harus melewati hutan jati dan sejumlah pantai untuk menuju Tanjung Gaang.

Sesampainya di depan pintu masuk, Anda akan disambut dengan pantai yang diapit dengan dua tebing karang. Namun ini baru pintu masuknya saja. Untuk melihat sunset yang begitu memesona, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju atas tebing.

Ada baiknya menggunakan sepatu karena medan yang harus dilewati tidak mudah. Untuk mencapai tebing karang, Anda harus berjalan dengan hati-hati menyusuri permukaan batu karang yang tajam dan penuh lubang.

Dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi untuk melewatinya. Karena jika ceroboh sedikit, Anda bisa terpeleset dan terjatuh. Di beberapa titik, Anda juga harus merangkak untuk menghindari ranting-ranting dari tumbuhan yang hidup di permukaan karang.

Setelah menyusuri karang selama sekira 10 menit, Anda akan dibuat takjub dengan tebing karang yang begitu luas. Di salah satu sisi, ada lubang cukup besar yang membuat Anda bisa melihat air yang sangat jernih di bawahnya.

Di atas tebing, Anda juga harus berhati-hati agar tak jatuh ke laut karena tebing cukup curam. Dari sini, Anda dapat menyaksikan hamparan laut yang begitu luas. Di ujung barat pada pukul 18.00 WIB, langit sudah mulai merona dan berwarna jingga.

Semakin lama, langit semakin merah ketika matahari sudah tak terlihat lagi. Ditambah dengan panorama perbukitan yang hijau dan batu karang, pesona senja di Tanjung Gaang semakin membuat diri lupa akan rutinitas sehari-hari yang menjemukan.

Tanjung Gaang terletak di Dusun Somor-Somor Tanjung Kima, Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik atau tepatnya di Pulau Bawean. Anda bisa menuju Pulau Bawean dari Pelabuhan Gresik menggunakan kapal cepat sekira 3 jam yang berangkat pukul 09.00 WIB. Jadi, segera rencanakan liburan singkat Anda di pulau ini.(oke)

Comment

News Feed