by

Menikmati Panorama Wisata Waduk Bening Saradan

Ist.

Madiun – Satu lagi destinasi wisata di wilayah Perhutani yang wajib dikunjungi. Waduk Bening, berada di tengah kawasan hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH), Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan.

Wisata ini menawarkan keindahan alam dengan panorama waduk di sisi Gunung Pandan dengan luas 646,55 hektar. Pengambangan wilayah ini dikerjakan Perum Perhutani KPH Saradan bersama Perum Jasa Tirta dan Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun.

Lokasi wisata dilengkapi dengan wahana permainan anak-anak, outbond, perahu motor, camping ground, dan penangkaran rusa Bawean. Dari pintu gerbang masuk hingga waduk pengunjung disuguhi pemandangan hutan asri dan deretan bunga bougenville yang tertata rapi. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau yakni Rp 5.000,- untuk dewasa dan Rp 2.500,- untuk anak-anak.

Administratur KPH Saradan, Noor Rochman dalam keterangan di laman resmi Perhutani, mengatakan bahwa wisata waduk ini selalu dipadati pengunjung terutama setiap akhir pekan. Kondisi ini diharapkan mampu memberdayakan Masyarakat Desa Hutan (MDH) di sekitarnya serta menunjang pendapatan Perusahaan.

“Waduk Bening perlu sentuhan kreatifitas agar bisa meningkatkan jumlah pengunjung. Kami bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta dan Pemda Kabupaten Madiun akan mengembangkan potensi wisata Waduk Bening mulai dari penambahan fasilitas seperti sarana bermain untuk anak-anak, penambahan gazebo, rumah pohon, tempat selfie dan lain sebagainya agar nantinya bisa menambah daya tarik pengunjung,” terangnya.(jnr)

Comment

News Feed