by

Oleh-oleh yang Wajib Dibeli Saat Berkunjung ke Probolinggo

Madu asli Probolinggo. (Ist)

Probolinggo – Oleh-oleh atau buah tangan seakan menjadi hal yang wajib dibeli jika berkunjung ke suatu daerah, terutama daerah wisata. Buah tangan yang biasanya dicari adalah makanan, minuman, atau souvenir unik yang khas. Hal ini membuat keberadaan produsen buah tangan sangat penting dalam suatu daerah.

Pun demikian halnya saat berkunjung ke Probolinggo belum lengkap bila tidak membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Satu dari sekian oleh-oleh khas asal wilayah berjuluk Kota Bayuangga (bayu/angin, anggur, mangga) itu adalah kue proll tape. Kue khas yang terbuat dari bahan baku tape singkong manis.

1. Proll Tape

Selain terbuat dari tape, bahan utama lainnya berupa tepung terigu, garam dapur, margarin, gula pasir, telur ayam, susu sapi cair dan keju cheddar atau taburan kismis.

Satu kotak proll tape dihargai Rp20.000, sedangkan tape manis Rp15.000 dan brownies tape seharga Rp25.000.

2.Keripik Kentang

Warnanya putih susu, berukuran lebar, dan teksturnya renyah. Itulah ciri khas keripik kentang dari Bromo yang banyak diproduksi di Probolinggo. Untuk menghasilkan keripik kentang berkualitas memang diperlukan kentang yang kualitasnya super, namun harganya lebih mahal. Ada pilihan lebih murah dengan penggunaan kentang biasa. Tetapi ukurannya kecil dan berwarna putih kecokelatan. Disamping enak, keripik kentang disukai karena rendah kolesterol namun kalorinya tinggi.

3.Sirup Pokak

Berasal dari Probolinggo, pokak terkenal sebagai minuman kaya rempah dengan segudang khasiat. Dibuat dari serai, cengkeh, kayu manis, jahe, jeruk purut, pandan wangi, dan gula. Warnanya cokelat cerah dengan aroma pandan yang harum wangi.

Olahan pokak berupa sirup dan wedang. Begitu diminum, keduanya meninggalkan jejak hangat dan pedas di lidah. Cocok jadi minuman di wilayah dingin seperti Bromo. Disamping menghangatkan badan, khasiat pokak antara lain meredakan batuk, mengobati masuk angin, dan menurunkan kadar kolesterol.

Sirop pokak bisa dengan mudah diperoleh di toko oleh-oleh yang ada Kota Probolinggo.

4.Keripik Jahe

Masih dari kawasan sekitar yaitu Lumajang, ada keripik jahe yang juga jadi oleh-oleh khas Bromo. Dibuat dari jahe dan kelapa dengan cita rasa gurih-gurih pedas.

Karenanya cocok untuk menghangatkan badan dari dinginnya udara Bromo yang menusuk. Salah satu sentra produksi keripik jahe berada di Desa Pasrujambe, Lumajang. Beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) di sana rutin memproduksinya.

5. Madu Murni

Sejak lama madu dikenal kaya khasiat. Banyak wilayah di Indonesia menghasilkan madu murni berkualitas baik. Seperti madu dari hutan gunung Bromo. Madu ini bagus dikonsumsi rutin untuk menjaga kesehatan sekaligus mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti sariawan, kekebalan tubuh, dan sebagainya.

Comment

News Feed