by

Tujuh Kota Ini Menggelar Festival Yoga untuk Wisata

-berita-484 views

Jakarta – Untuk menyambut Hari Yoga Internasional keempat yang jatuh tepat pada 21 Juni, sebanyak tujuh kota di Indonesia akan menggelar festival yoga internasional untuk kepentingan wisata sepanjang April hingga Juni nanti. Kegiatan tersebut digelar oleh Kedutaan Besar Indonesia, berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata.

Tujuh kota yang menghelatnya adalah Malang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. Adapun festival akan dilangsungkan selama sepuluh kali.

Hari Yoga Internasional sebetulnya tak cuma diadakan di Indonesia. Sebanyak 192 kota lainnya turut menjadi tuan rumah penyelenggaraan. Namun Indonesia terasa spesial karena menurut Menteri Arief Yahya, negeri ini tercatat sebagai pioner terselenggaranya perayaan tersebut.

“Indonesia menggalang negara-negara lain untuk menjadikan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional,” ujar Menpar Arief, belum lama ini.

Festival yoga yang digelar secara akbar di Indonesia pun diprediksi akan berpotensi mendatangkan turis-turis asing. Terutama turis India. Menurut Menpar, India merupakan pasar wisatawan asing terbesar yang dalam 2 tahun ini mendominasi jumlah wisman masuk ke Indonesia.

Pada 2017, jumlah wisman India ke Indonesia mencapai 485 ribu. Angka tersebut mengungguli jumlah wisatawan dari Korea dan Jepang. “Sebanyak 30 persen wisman ke Indonesia berasal dari India,” ujar Menpar.

Selain wisman India, festival ini bakal melibatkan ribuan pecinta yoga dari seluruh dunia. Juga menggaet instruktur-instruktur profesional dari berbagai negara. Adapun dari Indonesia, praktisi sekaligus instruktur yoga selebritas Anjasmara dan Ayu Laksmi akan turut bergabung memeriahkan acara.

Penyelenggaraan festival yoga telah dimulai di Malang pada 22 April dan Jakarta pada 28 April lalu. Lantas, berikutnya, pada 5 Juni, festival bakal dihelat di Yogyakarta, 9 Juni di Bandung, 16-17 Juni di Bali, 21 Juni di Jakarta, 24 Juni di Medan, 24 Juni di Yogyakarta, dan 10 Agustus di Surabaya.

Puncak perayaan festival akan dilaksanakan di Yogyakarta, tepatnya di Candi Prambanan, pada 24 Juni. Disinyalir, perhelatan itu bakal mencetak rekor MURI lantaran akan menghimpun 10 ribu praktisi yoga dari seluruh dunia.

Selain di Indonesia, pada 16 Juni, festival ini akan diselenggarakan di Dili, Timor Leste.

Comment

News Feed