by

Tempat Wisata di Palembang Paling Hits dan Gratis Tiket Masuk

-berita-915 views

Palembang bukanlah sebuah kota yang jauh dari peradaban, di dalam arti sekarang sudah banyak orang-orang yang memilih untuk berlibur ke Palembang. Kota ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Sumatera, tempat wisata di Palembang pun banyak yang sangat menarik karena punya sisi historis yang dalam.

Baca juga dong Lokasi Mi Celor, Spageti ala Palembang yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan

Kota yang dahulunya merupakan kota kerajaan Budha ini menyisakan begitu banyak wisata religi dan juga tempat bersejarah lainnya, diluar wisata alam juga yang tak kalah menarik. Merupakan kota penting saat begitu banyak perjalanan sejarah terjadi, berikut adalah beberapa tempat wisata di Palembang yang patut kamu kunjungi.

1. Jembatan Ampera, Tempat Wisata di Palembang Paling Hits

Dulu dikenal dengan Jembatan Bung Karno, tempat wisata ini adalah salah satu ikon kota Palembang selama puluhan tahun namun sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini karena canggihnya media sosial. Malam hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini karena saat malam hari, jembatan akan dihiasi dengan banyak lampu yang memiliki warna bermacam-macam dan terus menerus berganti dalam jangka waktu tertentu.

Sungai Musi yang berada tepat di bawah jembatan ini membuat perpaduan jembatan ampera dengan lampunya dan sungai musi menjadi obyek yang paling dicari oleh para fotografer. Tidak jauh dari tempat wisata ini, ada Pasar Sekanak yang juga bisa menjadi sasaran para pengunjung, karena tempat ini selain menjual souvenir, juga menjual beberapa jajanan dan makanan.

Tidak jarang Jembatan Ampera dijadikan sebagai tempat nongkrong murah di Palembang, mengingat terdapat jajanan dan pemandangan yang eksotis dan indah, membuat para pengunjung betah berlama-lama.

2. Benteng Kuto Besak

Berlokasi tepat di tepi sungai musi, benteng yang telah kokoh berdiri selama ratusan ini menjadi salah satu lokasi strategis yang dapat didatangi oleh para wisatawan apabila ingin menikmati wisata kuliner Palembang.

Saat malam tiba, biasanya benteng ini dipenuhi oleh para pedagang yang menjajakan aneka kuliner khas Palembang di sepanjang bangunan. Dari sini kamu juga dapat melihat jembatan ampera dengan lampu-lampunya saat malam tiba.

Tidak jauh dari benteng ini, juga terdapat banyak area pejalan kaki yang dapat menjadi kegiatan kamu untuk menjelajahi Palembang di malam hari.

3. Air Terjun Lematang Indah

Air terjun dengan ketinggian 40 meter sampai ke dasar air terjun ini menyediakan tangga apabila para pengunjung ingin bermain dengan air atau sungai yang ada di bawah air terjun. Salah satu hal spesial yang membuat air terjun ini berbeda adalah pengunjung dapat mengunjungi tanpa harus berbasah-basah dan hanya menikmati bagian atas air terjun sembari duduk dan menikmati makanan di warung-warung yang ada.

Tempat wisata di Palembang satu ini sangat mudah untuk dikunjungi karena berada di tepi kota Pagar Alam, tepatnya berada di antara Kota Lahat dan Kota Pagar Alam.

Kebanyakan para wisatawan yang datang adalah wisatawan atau pengunjung yang sebentar menyempatkan diri untuk berhenti dan menikmati makanan sembari menikmati panorama di kawasan ini.

tempat wisata di Palembang
shutterstock

4. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Ditetapkan sebagai hutan lindung sejak tahun 1938, dan dibuka sebagai rekreasi umum pada tahun 1986, taman ini merupakan salah satu tempat wisata di Palembang yang menjadi sasaran para ayah yang pergi berlibur bersama keluarganya.

Sebagai satu-satunya hutan wisata di Palembang dengan luas sekitar 50 hektar, hutan ini memiliki begitu banyak fasilitas untuk dinikmati yang dapat menghibur kamu yang sedang suntuk. Salah satu yang menjadi ikon atau paling sering menjadi sasaran adalah jembatan gantung yang ada di taman ini.

Banyak orang tertarik untuk menyebranginya karena ingin menguji adrenalin dan pula kamu dapat menikmati pemandangan perahu bebek atau sepeda air yang ada di sungai tepat dibawahnya. Kebun binatang juga tersedia disini bagi kamu para pencinta binatang yang ingin melihat-lihat binatang, terlebih kuda dan gajah yang kamu bisa tunggangi.

Kamu juga bisa saja berlibur hemat dengan membawa bekal sendiri dan berpiknik bersama keluarga dan orang-orang terkasih disini loh.

5. Air Terjun Maung

Memang begitu banyak air terjun yang ada di Palembang, namun air terjun ini adalah air terjun spesial yang menjadikannya berbeda dibandingkan tempat wisata di Palembang yang lainnya. Dengan tinggi kurang lebih 80 meter, air terjun ini masih terlihat sangat eksotis walaupun sudah menjadi tempat wisata yang cukup terkenal dan banyak didatangi oleh para pengunjung.

Perbedaan yang menjadikan air terjun ini spesial adalah terdapat dua air terjun kembar besar yang kemudian terbagi menjadi aliran aliran air terjun kecil diantaranya, belum lagi dikelilingi oleh hehijauan yang ada di antara air terjun.

Pemandangan ini menjadikan air terjun ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi para pengunjung. Memang perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat ini cukup menantang, dari pusat kota pengunjung perlu berkendara motor atau mobil selama 45-70 menit sebelum mereka akhirnya bisa sampai dan menikmati tempat ini.

tempat wisata di Palembang
shutterstock

6. Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Terletak di pusat kota tidak jauh dari jembatan ampera, monumen ini berdiri kokoh dengan menampilkan keindahan lampu pada malam hari sebagai pengingat perjuangan para rakyat untuk melawan penjajah pada Perang Lima Hari Lima Malam di Palembang.

Bentuk dari monumen yang berupa melati bermahkota lima dengan gambar garuda kokoh berada di tengah menjadikannya unik apabila dibandingkan dengan monumen di kota lainnya. Apabila kamu adalah penyuka sejarah, kamu harus mengunjungi monumen ini.

Kamu juga bisa masuk ke dalam bangunan utama dan menemukan koleksi sejarah yang berkaitan dengan perjuangan rakyat Sumatera dalam mengusir penjajah dari nusantara, beberapa contohnya adalah foto, seragam atau senjata yang digunakan para pejuang, hingga mata uang yang saat itu berlaku di NKRI.

7. Pulau Kemaro

Terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera, delta kecil ini terletak di tengah tengah Sungai Musi. Mungkin bagi para pencinta pantai, tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling terdekat untuk memberikan sensasi wisata pantai Palembang.

Selain memiliki tepi untuk menikmati air sungai, kamu juga dapat melihat dan belajar tentang sejarah di pulau ini. Daya tarik utama Pulau ini adalah pagoda 9 lantai yang terjunjung tinggi di tengah-tengah pulau, bangunan yang baru saja berdiri pada tahun 2006.

tempat wisata di Palembang
shutterstock

Apabila kamu adalah seseorang yang menyukai sejarah, kamu diharuskan untuk mengunjungi tempat ini. Terdapat sebuah pohon yang kerap disebut pohon cinta oleh pengunjung dan masyarakat setempat karena pada zaman dahulu kala terdapat cinta terlarang dari dua kerajaan Siti Fatimah yang berasal dari kerajaan Sriwijaya dan Pangeran Tan Bun An dari Negeri Cina.

Bahkan terdapat mitos apabila kamu menulis nama kamu di pohon itu dengan nama pasangan kamu, kamu akan dapat sampai ke jenjang pelaminan. Mitos sih, tapi bisa dicoba!

Selain dari tujuh tempat wisata tersebut, masih banyak lagi yang kamu bisa telusuri. Internet dan bertanya dengan orang-orang setempat tidak akan menghasilkan pengalaman yang buruk; terkadang kamu dapat menemukan tempat-tempat tersembunyi yang kamu tidak tahu apabila kamu mau menjelajah secara mandiri di antara kota. Patut dicoba!

The post Tempat Wisata di Palembang Paling Hits dan Gratis Tiket Masuk appeared first on Reservasi Travel Blog.

Comment

News Feed