by

Tempat Wisata di Makassar yang Instagrammable

-berita-718 views

Liburan panjang tentunya akan menjadi spesial apabila kita menghabiskannya dengan keluarga dan orang-orang terkasih. Berjalan-jalan ke kota lain dan mengunjungi tempat wisata di Makassar misalnya serta mengenal budaya kota tersebut merupakan salah satu pilihan yang bisa dicoba.

Baca 6 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Liburan di Makassar

Contoh yang bisa dijelajahi adalah wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, dan lain sebagainya. Makassar yang terkenal dengan kuliner khasnya coto Makassar ini juga menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Berikut merupakan beberapa tempat wisata di Makassar yang dapat kamu kunjungi di liburanmu selanjutnya:

1. Pantai Losari, Tempat Wisata di Makassar Terpopuler

Sangat terkenal di Makassar sebagai pantai yang paling ramai dikunjungi, jumlah pengunjung terbilang sangat ramai di setiap waktu, yaitu pagi, siang, sore, dan bahkan malam hari. Begitu banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini pada saat matahari tenggelam, dan setelahnya kemudian menikmati jajanan kuliner yang disediakan oleh pedagang-pedagang di sekitar pantai.

Apabila kamu pergi ke Makassar, rasanya tidak lengkap kalau kamu tidak berfoto di bagian depan dimana terdapat tulisan Pantai Losari yang begitu besar. Bagi kamu para backpacker atau yang berlibur bersama keluarga, terdapat banyak juga fasilitas hotel atau motel di dekat pantai ini, untuk memudahkan kamu apabila kamu ingin menginap setelah menghabiskan hari yang panjang di pantai ini.

Jangan lupa ya untuk berfoto di bagian depannya apabila kamu ke pantai ini, tidak afdol rasanya kalau kamu belum melakukan itu.

tempat wisata di makassar
shutterstock

2. Tanjung Bira

Terletak di kabupaten Bulukumba, dan berjarak sangat jauh dari pusat kota Makassar kira-kira 200km, Tanjung Bira menawarkan begitu banyak pesona bahari yang sangat indah. Akomodasi dan fasilitas yang disediakan di tempat ini juga terbilang cukup lengkap, kamu bahkan dapat menyewa sepeda motor apabila memang dibutuhkan.

Pantai yang ada di tanjung ini sangat bersih dan jauh dari sampah yang biasa kamu lihat di pantai-pantai komersil lainnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh karena sepinya pengunjung dan tanjung bira yang masih kurang diperkenalkan oleh kota Makassar sendiri sebagai obyek wisata.

Tetapi, walaupun wisatawan lokal kurang paham mengenai tanjung bira, wisatawan mancanegara malah mencari-cari dan ingin menghabiskan waktu di tempat wisata di Makassar satu ini loh.

3. Pegunungan Karst

Memiliki waktu tempuh kira-kira 2 jam dari Makassar, pegunungan karst merupakan satu-satunya pegunungan kapur yang dijadikan tempat wisata di Indonesia. Tempat ini merupakan salah tempat wisata di Maros, kota yang terletak cukup jauh dari pusat kota Makassar.

Selain itu, pegunungan ini juga menjadi pegunungan kapur terbesar nomor dua di dunia setelah Batu Tsingy yang berada di Madagaskar.

Tempat wisata di Makassar satu ini dapat menjadi salah satu pilihan kamu apabila kamu bosan dengan pantai dan pulau yang mengelilingi dan sangat menjamur di Makassar.

Tempat ini memiliki udara yang sejuk yang juga dilengkapi dengan taman hutan, sungai, goa, danau, dan lain lain yang bisa kamu jelajahi.

Gunung Ambang Sulawesi Utara
Instagram @rudysulkhan

4. Air Terjun Takapala

Apabila kamu ingin mengunjungi air terjun ini, kamu perlu melakukan perjalanan kira-kira sekitar 70 km dari pusat kota Makassar melalui jalan poros Malino.

Dengan ketinggian kurang lebih 109 meter, air terjun ini juga menawarkan pemandangan yang indah dengan pepohonan hijau yang sangat berlimpah, juga dihiasi dengan bebatuan, dan seringkali dijumpai kabut tipis terlebih saat pagi hari ketika kamu mengunjunginya.

Diolah oleh warga setempat, fasilitas yang ditawarkan ternyata sudah cukup memadai. Banyak pendopo yang kamu dapat gunakan untuk makan bersama keluarga dan orang-orang terkasih, dan juga warga sekitar menawarkan makanan yang bisa kamu makan di sekitar air terjun sembari kamu menikmati indahnya salah satu tempat wisata di Makassar satu ini.

Kamu juga bisa membeli beberapa oleh-oleh dan kuliner khas Makassar disini loh. Berada di Kabupaten Gowa, tepatnya di desa bulu’tana, kamu bisa bertanya dengan warga sekitar dan mereka akan menunjukkan arahnya.

5. Taman Prasejarah Leang Leang

Bagi kamu yang suka taman dan suka sejarah, taman di Makassar satu ini perlu masuk ke dalam list target liburan kamu berikutnya. Dimulai dari awal ketika kamu baru saja masuk ke tempat ini, kamu akan disuguhkan oleh panorama alam yang sangat menawan dan indah.

Apabila kamu hanya ingin bersantai di tempat ini, kamu bisa melakukannya dengan duduk di atas hamparan rumput hijau atau juga bisa di tepian sungai jernih di sepanjang tebing-tebing tinggi.

Area ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh para wisatawan seperti toilet, jalur tracking, atau loket penjagaan. Nah bagi kamu yang menyukai sejarah, kamu dapat melihat jejak-jejak dari sejarah budaya peradaban manusia purba.

Kamu dapat menemukan ratusan goa-goa yang semuanya memiliki banyak jejak manusia purba, seperti lukisan-lukisan pada saat itu, artefak, cap tangan, bahkan jenis uang yang digunakan pada zaman dahulu kala.

6. Taman Makam Pahlawan Maros

Berlokasi di Maros, tempat wisata di Makassar satu ini sangat ramai dikunjungi menjelang hari pahlawan atau hari peringatan para pahlawan. Terdapat penjaga dan pengurus yang senantiasa menjaga tempat wisata ini sehingga para leluhur atau keluarga yang ingin berziarah dapat menikmati waktunya dengan baik.

Tempat ini menjadi salah satu objek wisata sebagai upaya untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan saat perjuangan kemerdekaan. Di tempat ini juga terdapat penginapan tidak jauh dari taman makam pahlawan, sehingga bagi para wisatawan yang lelah dapat beristirahat di tempat tersebut.

Tempat wisata di Makassar satu ini dapat dikatakan sebagai sebuah wisata ziarah bagi para wisatawan atau bagi para warga setempat.

masjid-terapung-makassar
shutterstock

7. Jalan Nusantara Makassar

Buat kamu yang suka berjalan-jalan saat malam dan menikmati makanan, bar, karaoke, atau yang lainnya, kamu harus mengunjungi jalan nusantara. Jalan Nusantara merupakan salah satu wisata malam Makassar yang dicari-cari oleh para wisatawan maupun warga sekitar.

Kamu bisa menikmati jajanan yang disediakan di sepanjang jalan atau kamu bisa beristirahat di bar atau kafe yang ada disana bahkan sampai menjelang subuh.

Di tempat ini mungkin kamu akan banyak menjumpai para pelaut yang suka mencari tempat untuk beristirahat Begitu banyak muda-mudi yang juga datang ke tempat ini karena ingin menikmati jajanan dan waktu bersama orang-orang terkasih.

Oh ya, tetapi kamu harus ekstra hati-hati loh ya. Dengan tingkat keramaian yang tinggi juga dengan waktu yang cenderung di malam hari, tempat ini bisa jadi berbahaya, makanya handphone dan barang berharga harap dijaga ya!

Masih begitu banyak objek objek wisata di Makassar yang patut kamu kunjungi, tetapi semuanya masih terlalu banyak apabila harus di rangkum di dalam artikel ini.

Kelilingi, baca, dan pelajari review di internet, telusuri tempat-tempat yang jauh dari turis juga merupakan salah satu pilihan para wisatawan dan backpacker saat ini, dimanapun tempatnya. Mungkin kamu harus coba!

The post Tempat Wisata di Makassar yang Instagrammable appeared first on Reservasi Travel Blog.

Comment

News Feed