by

10 Gambar Pantai Akkarena Makassar, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Misteri Mitos + Rute Jalan Menuju Wisata

-destinasi-1,759 views

Lokasi: Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00-24.00
Telepon:

foto by daengbecakmks.blogspot.co.id

Ketika berbicara mengenai wisata pantai di Kota Makassar tentunya banyak diantara kita yang langsung terpikir dengan Pantai Lossari. Tapi, tidak hanya Pantai Lossari saja yang terkenal keindahannya di Makassar. Pantai ini bernama Akkarena.

Pantai Akkarena kini menjadi salah satu tujuan wisata pantai bagi masyarakat sekitar. Panorama disekeliling dan ekosistem di Pantai Akkarena telah menarik minat pengunjung terutama bagi mereka yang membawa serta keluarga termasuk anak-anak. Pantai ini sangat cocok sebagai tempat menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tidak hanya itu, tempat ini juga populer sebagai lokasi melihat keindahan sunset di kawasan Sulawesi Selatan. Sehingga tak heran jika menjelang sore hari pengunjung tetap memadati tempat ini.

foto by instagram.com/laurindamaris/

Pengunjung yang datang tidak hanya wisatawan namun banyak juga para pekerja mampir kesini sepulang kerja melepas penat. Menurut berita, pantai ini juga dijadikan sebagai lokasi upacara Melasti atau penyucian diri umat Hindu yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Disamping itu, letaknya sangat strategis karena berada dekat dengan pusat kota Makassar serta lokasi wisata populer seperti Masjid apung dan Benteng Fort Rotterdam yang penuh misteri sehingga menjadikannya destinasi populer menghabiskan waktu luang.

Sejarah

foto by temukanwisata.blogspot.co.id

Dahulu nama pantai Akkarena adalah Tanjung Bunga dan lokasinya berada di antara 3 tanjung milik Makassar bernama Tanjung Bayang dan Merdeka. Ketiga Tanjung ini adalah salah satu dari sekian banyak pesona wisata kebanggaan Makassar.

Nama Tanjung Bunga berubah karena diambil alih oleh perusahaan kontraktor asal Sulawesi Selatan. Perusahaan tersebut kemudian melakukan pembangunan di lahan seluas 10 ha dan menambahkan beragam fasilitas diantaranya taman bermain, restaurant, hotel, cafe and lounge, berbagai wahana air, MVP dll.

foto by commons.wikimedia.org

Sebagian besar areal Tanjung Bunga merupakan rawa serta pesisir laut dan kemudian dilakukan reklamasi menjadi beragam fasilitas umum, jalan raya, perumahan, bangunan-bangunan komersil hingga nnon-komersil.

Sedangkan tempat wisata Pantai Akkarena di berada bawah naungan PT. Gowa Makassar Tourism Development dan pengelolaannya ada dibawah Town Management Tanjung Bunga. Meski secara alamiah Pantai Akkarena telah terbentuk sendiri, akan tetapi tidak mudah menjadikannya sebagai tempat wisata karena memerlukan konsep dan modal besar.

Sebelum dikelola dan difungsikan menjadi tempat wisata dengan beragam fasilitas, pantai ini tergolong tidak terawat. Akan tetapi, sejak adanya pengembangan kawasan hunian dan areal bisnis Tanjung Bunga, daerah ini kini menjelma menjadi salah satu surga wisata pantai di Kota Makassar yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan warga sekitar.

foto by instagram.com/oewidarto/

Berbagai fasilitas dan tata kelola yang baik menjadikan oyek wisata bahari ini memiliki banyak peminat. Reklamasi telah membuat tempat ini semakin menarik dan indah. Bahkan, pengelolalan serta infrastukturnya jauh lebih indah dibandingkan dengan Pantai Lossari yang lokasinya cukup dekat dari sini.

Alamat

Letak obyek wisata bahari Akkarena tidak hanya dekat dengan Lossari beach namun juga dekat dengan shopping mall Trans Studio Makassar. Lokasi pantai Akkarena Makassar ada di JL. Metro Tanjung Bunga Makassar yang hanya berjarak 10 menit dari jantung kota Makassar.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/adhyirawan79/

Tidak hanya beragam fasilitas modern telah tersedia, tempat ini juga didukung pengamanan dengan prosedur operasional pelayanan berstandar baik. Sehingga membuat pengunjung yang datang merasa lebih nyaman dan tentunya aman.

Ada dua akses pintu masuk serta keluar dan dijaga oleh petugas sehingga memungkinkan pengelola mengamati para pengunjung yang datang. Htm sebesar Rp. 10.000 untuk dewasa dan anak-anak sebesar Rp. 5.000.

Sedangkan untuk biaya parkir bagi pengguna sepeda motor membayar parkir Rp. 5.000 dan mobil sebesar Rp. 10.000. Selain lokasi pantai, ada juga beragam fasilitas outdoor namun memerlukan biaya tambahan jika Anda berminat.

Wahana Permainan

foto by instagram.com/akkarena_edfunture/

Disini memang merupakan lokasi melihat sunset terbaik sehingga banyak pengunjung datang ketika menjelang sore. Namun, bagaiman jika datang tidak sore hari? Tentunya akan lebih baik karena banyak sekali wahana permainan telah disediakan pihak pengelola seperti jetsky dan banana boat. Anda dapat mencoba wahana air tersebut di siang maupun sore hari.

Pantai disini memiliki pasir hitam, namun airnya cukup jernih sehingga pengunjung dapat langsung berenang tinggal memakai pakaian yang sesuai dan ‘byurrr’ nyemplung saja. Ketika sudah puas bermain dengan air laut, telah tersedia kamar mandi untuk bilas dan berganti pakaian.

foto by makassar.tribunnews.com

Ketika perut mulai lapar selepas bermain air pantai, ada resto serta cafe dengan suasana romantis yang letaknya berada dekat taman. Jika Anda sedang beruntung, cafe and resto disini sering megadakan live music jazz dan tentunya membuat malam Anda lebih berkesan. Info tentang jadwal live music dapat di tanyakan langsung dengan management cafe.

Fasilitas

foto by wisataholik.com

Kawasan Pantai Akkarena ini cukup luas serta mempunyai sebuah dermaga yang panjangnya mencapai 150 m dan lebarnya 5 m. Disinilah biasanya para pengunjung menikmati panorama sekitar pantai terutama ketika menjelang sunset. Dermaga ini juga masih menjadi sandaran untuk para kapal wisata yang disetiap bagian ujungya memiliiki kursi dan meja.

Dermaga yang ada di Pantai Akkrena ini mendapat julukan ‘Dermaga Cinta’. Dermaga ini tidak ramai dan cocok sebagai lokasi untuk menikmati keindahan panorama Pantai Akkrena karena berfungsi untuk kebutuhan kapal wisata yang ada di pantai Akkarena saja.

Menjelang sore dermaga semakin ramai karena banyak orang yang menghabiska sore disini melihat sunset dengan pasangan ataupun rekan. Suasana dermaga menjelang malang semakin romantis karena dihiasi lampu hias. Banyak pengunjung yang mengambil gambar atau foto disini untuk mengabadika n momen terutama ketika sunset.

foto by instagram.com/bhodhe_algibran/

Selain, cafe dan resto dengan aneka menu yang menarik seperti menu wajib andalan para pengunjung yang datang yaitu es kelapa muda dan pisang goreng kipas rasa coklat ataupun keju, ada banyak pilihan menu dessert atau main course lainnya. Tata pengelolaan disini sangat baik termasuk fasilitas-fasilitas yang disediakan.

Ada beragam wahana outbond, fly spot, kano dan waterfox yang juga disediakan tempat sewa ban serta pelampung. Yang menarik di tempat wisata ini adalah adanya fasilitas ruang meeting yang berkualitas dengan pilhan ukuran small dan large. Bagi para pebisnis yang bosan dengan ruang meeting biasa dapat mencoba meeting dengan suasana pantai.

Comment

News Feed