by

Alamat Pasar Pagi Cirebon, Hotel Dekat Lokasi + Tempat Membeli Oleh-Oleh Makanan Khas Cirebon

Lokasi: Jl. Siliwangi No.11, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup: Senin – Minggu 08.00–20.00 WIB
Telepon:

foto by kodesingkatan.com

Salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia dan biasa dikenal dengan udangnya adalah Cirebon. Kota ini termasuk berada di dataran rendah, dengan ketinggian 5 meter dari permukaan air laut.

Daerah ini juga termasuk lokasi dengan letaknya sangat strategis, karena merupakan jalur transportasi antara Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Selain itu, karena letaknya berada di wilayah pantai, menjadikan kota ini memiliki wilayah dataran lebih luas bila dibandingkan dengan perbukitannya.

Wilayah dataran ini dilalui oleh beberapa sungai, antara lain Sungai Kalijaga, Sungai Kesunean, Sungai Kedung Pane, dan Sungai Sukalila.

Selain terkenal akan udangnya, Cirebon juga dikenal dengan batik mega mendung. Menurut sejarah batik ini merupakan gabungan dari kebudayaan tionghoa dan batik pesisir.

foto by brilio.net

Selain itu Cirebon juga sangat terkenal dengan oleh-oleh yang menjadi ciri khas kota ini. Jadi bagi anda dan keluarga yang sedang berlibur di daerah ini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh tersebut sebagai buah tangan untuk di rumah.

Untuk membeli oleh-oleh khas tersebut, Anda tak perlu bingung karena di kota ini sudah terdapat banyak tempat yang sudah tersedia dengan berbagai macam oleh-oleh yang menarik. Salah satunya yaitu Pasar Pagi Cirebon.

Pasar Pagi Cirebon, Jawa Barat

Pasar Pagi Cirebon terletak di Jl Siliwangi, Cirebon, Jawa Barat. Jam buka pasar ini tidak seperti namanya, karena anda bisa berbelanja oleh-oleh di sini dari mulai pukul 08.00 sampai dengan 20.00 WIB.
Pasar Pagi Cirebon terdiri dari beberapa lantai. Bila anda ingin membeli oleh-oleh khas Cirebon, anda dapat berkeliling di lantai pertama.

Disana banyak berbagai buah tangan khas Cirebon yang dapat anda pilih dan anda tawar. Menariknya di pasar ini banyak sekali pilihan sebagai buah tangan di rumah.

Berbagai aneka cemilan khas juga tersedia di Pasar Pagi ini, antara lain rengginang udang, gapit, kerupuk rambak, kerupuk melarat serta sirup yang terkenal di kota ini yaitu sirup tjampolay dan masih banyak lagi.
Tempat Membeli Oleh-Oleh Khas Cirebon.

foto by kamipunyainfo.wordpress.com

Selain itu, ada juga tempat lain yang dapat anda kunjungi tak kalah banyak pilihan menariknya juga, antara lain:

Batik Trusmi
Apabila ingin membeli berbagai macam batik, anda dapat mampir ke sebuah tempat yaitu Batik Trusmi. Wilayah Trusmi memang terkenal dengan sentra pengrajin batik. Tak hanya batik khas Cirebon yang dapat anda temui di sini.

Di sini juga dapat dijumpai berbagai batik dari daerah lain contohnya adalah batik yang berasal dari Jawa Tengah. Diantaranya terdapat batik tulis, batik cetak dan juga terdapat hiasan berupa gantungan kunci.

Pusat grosir Batik Trusmi berada di Jl. Trusmi Kulon No 148, Plered. Toko ini memiliki bentuk yang dapat dibilang cukup besar, selain tempatnya yang besar, Batik Trusmi juga adalah tempat perbelanjaan yang sangat nyaman.

Apabila anda beruntung anda dapat meminta izin untuk melihat pembuatan batik secara langsung disana. Toko ini buka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB.

foto by klikhotel.com

Toko Daud
Tempat belanja yang dapat anda kunjungi berikutnya adalah Toko Daud. Tempat ini berada di Jl, Sukalila Utara No 4D, yang letaknya tak jauh dari Pasar Pagi Cirebon.

Toko ini menyediakan oleh-oleh khas seperti kerupuk, camilan manis, terasi, dan juga terdapat batik.

Harga barang tersebut pun dapat dibilang cukup terjangkau, yaitu hanya berkisar dari harga 5.000 rupiah hingga harga 40.000 rupiah.

Menurut cerita, Sultan Cirebon pernah membeli oleh-oleh di tempat ini. anda dapat berbelanja mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB.

foto by travel.detik.com

Pasar Kanoman
Alamat Pasar Kanoman berada di kawasan kota tua Cirebon. Di sini anda dapat berbelanja batik dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain batik terdapat juga berbagai makanan khas daerah ini. Antaralain ikan pari asap, blakutak, serta cumi bulat gemuk yang tak kalah enaknya dan lain-lain.

Di belakang Pasar Kanoman terdapat Keraton Kanoman, anda tak hanya berbelanja buah tangan dan berburu kuliner. Melainkan anda dapat juga berjalan-jalan di belakang pasar yang tak kalah serunya.

foto by sweeps9463.forward-b-server75.top

Toko Pangestu
Toko Pangestu beralamat di Jl. Sukalila Selatan No 49, yang terletak tak jauh dari Toko Daud dan Pasar Kanoman.

Toko ini pemasokannya berasal dari daerah Cirebon serta sekitarnya, sehingga terdapat berbagai makanan khas, antara lain abon udang ebi, dendeng udang, kerupuk rambak, tepe ketan kuningan, dan yang terkenal yaitu sirup tjampolay serta masih banyak lagi.

Apabila anda ingin mencari tahu berbagai oleh-oleh yang terdapat di Toko Pangestu, anda dapat melihat secara online di situs pribadinya.

Semua yang berkaitan dengan Toko Pangestu sudah terdapat di situs online tersebut, mulai dari berbagai barang yang dijual, alamat, sampai dengan sejarahnya.

foto by jdlines.com

Hotel Terdekat di Cirebon
Bagi anda dan keluarga yang sedang berlibur di Cirebon dan ingin menginap di daerah tersebut, maka anda jangan khawatir.

Karena di sekitaran kota tersebut sudah tersedia berbagai hotel yang dapat anda pilih sesuka hati, yang tentunya hotel satu dengan lainnya memiliki fasilitas serta harga yang berbeda, seperti

Vinotel Cirebon
Vinotel Cirebon beralamat di Jl. Pemuda No.17, Sunyaragi, Kesambi, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132.

Anda dapat bermalam di tempat ini dengan harga 212.603 rupiah perMalam, anda juga dapat menghubungi di nomor telepon (0231) 8300799

foto by booking.com

Hotel Sapadia
Tempat berikutnya yang dapat anda singgahi adalah Hotel Sapadia yang beralamat di Jalan Katiasa No. 1, Kalijaga, Harjamukti, Kalijaga, Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat 45142.

Dengan harga perMalam sebesar 279.999 rupiah, dengan nomor telepon (0231) 484567.

foto by pegipegi.com

BATIQA Hotel Cirebon
BATIQA Hotel Cirebon berada di Pekiringan, Jl. DR. Cipto Mangunkusumo No.99, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132.

Bila anda bermalam disini untuk perMalamnya anda dapat membayar seharga 344.043 rupiah, dengan nomor telepon (0231) 8338000

Selain itu masih terdapat berbagai hotel lain yang dapat anda dan keluarga singgahi di daerah Cirebon.

foto by batiqa.com

Comment

News Feed