by

Wisata Tanjung Putus Bandar Lampung Selatan + Paket Resort Penginapan Villa Cottage di Dekat Pahawang

-berita-946 views
Wisata Tanjung Putus ini merupakan sebuah pulau kecil dan banyak menyebutnya sebagai surga kecil. Nampak sangat indah dilihat dari setiap sudutnya. (foto: utiket.com)

Lokasi: Kabupaten Pasawaran, Teluk Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 jam
Nomor Telepon: –

Menghabiskan waktu liburan dengan pesona alam yang indah adalah keputusan tepat. Dan liburan seperti itu tidak hanya melulu soal Bali atau Lombok. Pulau lain di Indonesia terdapat sebuah destinasi wisata alam dengan pemandangan begitu mempesona juga ada di Bandar Lampung. Tepatnya lokasi itu ada di bagian Selatan.

Air laut di sini sangat begitu ernih, jadi dari atas saja sudah terlihat bagaimana ikan-ikan sedang berenang di permukaan. (foto: lihat.co.id)

Kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang bagaimana indahnya Pulau Tanjung Putus. Artikel ini akan membantu kamu bagaimana bisa sampai ke sini dengan selamat. Lengkap dengan berapa budget yang harus dikeluarkan dan juga jarak rute jalannya ke lokasi.

Keindahan dan Potensi yang ada di Tanjung Putus

Terletak di kawasan Kabupaten Pasawaran, Pulau Tanung ini adalah destinasi wisata untuk kamu pencinta pantai. Tempat wisata cantik ini masih dalam satu deret dengan pulau lainnya yaitu Kelagian dan Pahawang. Panorama di sini sungguh indah sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi bagi pengunjung saat datang.

Dermaga di sini juga terawat dengan bagus maka dari itu saat datang kamu juga perlu menjaga kebersihan ya (foto: klikhotel.com)

Sejarah di balik nama Tanjung Putus adalah dulu konon katanya tempat ini menjadi satu dengan Sumatera. Tetapi karena erosi maka sebagian lahannya tertutup dengan air laut. Tutupan lahan tersebut menjadi selat kecil diantara destinasi wisata ini.

Air laut ini memiliki kejernihan yang bisa dibilang sangat jernih. Bahkan kamu akan dapat melihat langsung tentang kehidupan bawah laut dengan mata kepala sendiri tanpa bantuan peralatan. Berwarna biru nampak begitu jelas dan karang di sekitar lautan terlihat dari dalam.

Serta hamparan pasir di Tanjung Putus ini memiliki warna putih dengan agak kecokelatan. Serta dijamin dengan kebersihan alam dan lingkungannya. Selain itu kamu akan melihat berbagai pohon yang berjejer di sekitar bibir pantai. Tentu ini menambah pesona keindahan pesona di pantai.

Ombak di sini tidak begitu besar sehingga banyak pengunjung datang lalu berenang. (foto: ensiklopediaindonesia.com)

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini seperti bermain perahu, berenang, snorkeling atau bahkan hanya ingin bersantai di pinggir pantai. Banyak sekali terlihat terumbu karang disekitar pantai karena tempat ini juga dijadikan budi daya ikan laut.

Kalau ingin bermain dengan ikan – ikan disini maka kamu perlu membawa sedikit makanan ya. Cukup dengan roti dan lemparkan maka ikan di sini akan muncul di permukaan. Tetapi jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Ini adalah peta dari berbagai titik sehingga tampak begitu jelas dimana saja pulau yang bisa didatangi (foto: ndahsaja.com)

Tetapi sayangnya di sini kamu tidak diperbolehkan untuk memancing atau menangkap ikan. Ya, ikan di tempat ini merupakan sebuah keindahan dan dijadikan pemandangan untuk pengunjung yang datang. Kamu tentu bisa melihat berbagai macam ikan dengan jenis berbeda – beda.

Saat ini sudah banyak sekali paket travel tour and trip menawarkan liburan ke sini. Tentu saja semua sudah lengkap dengan penginapan yang dibutuhkan. Kamu bisa melihat dari berbagai macam sosial media sehingga langsung mendapatkan harga sesuai budget kantong.

Ini adalah perahu motor digunakan untuk pengunjung jika ingin pergi ke Tanjung Putus. (foto: lampungtujuanwisata.blogspot.com)

Sebelum memutuskan untuk berangkat liburan mungkin ada baiknya melihat beberapa video yang sudah diunggah di youtube. Tentu saja ini akan menjadikan referensi saat akan memutuskan pergi ke sini. Banyak sekali video indah akan kamu temukan dengan berbagai macam cerita dan komentar.

Penginapan dan Fasilitas yang ada di Tanjung Putus

Di Pulau Tanjung sendiri sudah tentu disediakan penginapan bagi wisatawan jika ingin bermalam. Ada beberapa jenis yang bisa di pilih seperti villa, cottage, resort dan masih banyak lainnya. Di depan penginapan itu langsung disuguhkan dengan pemandangan pantai.

Terlihat bening sehingga perahu diatas permukaan air laut tampak terbang (foto: telusurindonesia.com)

Selain itu pemandangan bukit yang berliku – liku menambah keindahan pesona di sini. Mata kamu akan sangat di manja dengan kesempurnaan ciptaan Tuhan ini. Kamu juga bisa melihat kegiatan sehari dan sering dilakukan oleh warga setempat yaitu budi daya ikan dan rumput laut.

Untuk fasilitas dari penginapan yang diberikan juga tentu saja tergantung dari harga awal. Ada villa yang menyediakan 2 tau 4 kamar tidur. Fasilitas kamar mandi juga dijamin bersih. Maka kamu akan nyama dan betah saat berlibur ke sini.

Bahkan ada fasilitas lain yang disediakan di penginapan ini seperti tempat karaoke. Juga terdapat sebuah gazebo dan biasanya digunakan untuk berkumpul para pengunjung dari berbagai daerah. Gazebo ini biasanya digunakan untuk bermain kartu atau game.

Akses atau Rute Jalan Menuju Tanjung Putus

Snorkeling di dasar laut (foto: asiawisata.com)

Untuk dapat sampai ke Pulau Tanjung Putus ini pertama – tama harus datang ke Kampung Ketapang. Dari kota Bandar Lampung sendiri memiliki jarak sekitar 35 km atau waktu 1 jam dengan perjalanan darat. Perjalanan lebih dari 1 jam bisa ditempuh jika jalan darat terjadi kemacetan. Jadi harus bersabar ya.

Untuk kendaraannya sendiri kami menyarankan untuk menggunakan mobil pribadi. Di sini juga sudah ada jasa persewaan kendaraan seperti mobil. Untuk contact person yang dapat dihubungi bisa melalui jasa travel atau di masyarakat setempat.

Setelah sampai di Kampung Ketapang kamu harus menyeberang untuk dapat sampai ke Tanjung Putus. Selama perjalanan menyeberang kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam bebas. Air laut berwarna biru indah dan juga langit luas diatas dengan awan segar.

Dolphin sedang berenang di permukaan laut (foto: bukalapak.com)

Perjalanan menyeberang tidak akan menghabiskan waktu panjang. Hanya memerlukan sekitar 45 menit makan akan sampai di bibir Pulau Tanjung Putus. Setelah sampai nanti perahu yang sudah kamu naiki tadi akan menunggu sampai pulang kembali ke Kampung Ketapang.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Tanjung Putus

Biasanya, destinasi alam dibuka selama 24 jam sama halnya juga dengan di sini. Hanya saja kapal untuk digunakan menyeberang tidak menyediakan selama 24 jam. Bisanya kapal motor ini sudah siap pada pagi hari hingga sore. Jadi kami menyarankan agar kamu datang lebih awal.

Perahu motor digunakan untuk menyeberang pulau (foto: dananwahyu.com)

Sedangkan untuk biaya tiket masuk tidak dikenakan. Hanya saja kamu perlu menyewa kapal motor untuk menyeberang pulau. Nah, untuk biaya menyewa perahu sendiri terdapat harga yang berbeda – beda. Kami menyarankan agar kamu bisa menawar untuk mendapatkan harga lebih murah.

Biasanya untuk ongkos pulang dan pergi perahu motor tersebut memberikan harga sekitar 500 ribu. Tetapi dengan harga tersebut bisa digunakan untuk 10 orang. Ya, termasuk harga yang sangat ramah di kantong ya apabila dibandingkan dengan pemandangan nanti kita dapatkan.

Comment

News Feed