by

Wahana Curug Naga Bogor, Harga Tiket Masuk Megamendung + Penginapan di Lokasi Wisata

-berita-925 views
Curug naga bogor wahana nangga banyumas harga tiket masuk megamendung biaya wisata lokasi penginapan paket mega mendung petahunan body rafting panjang nagasari rembang purbalingga ajibarang cisarua purwokerto puncak angker pekuncen alamat my trip adventure bumiayu brebes barong baturaden cilember cipayung cikaso green canyon camping jawa tengah desa dimana daerah foto garut gambar htm info barat jalan kaskus korban letak misteri mitos outbound rute review reservasi sentul sungai sejarah tegal trek trekking tempat tarif villa video website youtube
Curug Naga. Foto: dandyadventures.blogspot.com

Lokasi: Desa Citamiang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16110
Map: Klik Disini
HTM: Rp9.000/orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: 0878-7373-7158

Jika berbicara tentang Bogor, pasti hal pertama yang terbayang dalam ingatan kita adalah puncaknya. Memang, puncak Bogor terkenal sebagai tempat yang paling sering dikunjungi, terutama di waktu liburan. Selain puncak, lokasi populer berikutnya adalah Sentul City yang merupakan wilayah “kota pegunungan” dengan luas sekitar 3.000 ha dan terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Kawasan tersebut dikembangkan oleh PT Sentul City Tbk sebagai tempat hunian sekaligus wisata. Daerah lain yang bisa dijadikan destinasi wisata dan masih dekat dengan alam adalah Curug (air terjun) Naga. Bukan di Cikajang, Kabupaten Garut, melainkan masih di Bogor.

Curug Naga ialah wahana yang dikelola oleh Perhutani KBM (Kesatuan Bisnis Mandiri) dan warga sekitar. Objek wisata ini wajib dikunjungi oleh para pecinta tantangan. Bagaimana tidak, untuk menuju ke sana, Anda harus melakukan river trekking (menyusuri sungai) sepanjang 100 meter.

Body Rafting, Foto: tempatwisatabaru.com

Air Terjun Naga yang Istimewa

Air Terjun Naga memang tidak sepopuler Curug Nangga yang beberapa tahun lalu foto-fotonya tersebar di sosial media dan youtube. Terlihat pada video yang dishare oleh sebagian orang itu sebuah air terjun dengan tujuh tingkatan. Karena banyak yang penasaran, akhirnya mereka mengunjungi gerojokan di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen atau Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tepatnya sebelum Bumiayu, Brebes itu.

Setelah itu, mulai bertambahlah wisatawan yang menyadari keberadaan air terjun yang bisa ditempuh dari Purbalingga melalui jalur Padamara-Purwokerto atau dari Tegal via Purwokerto tersebut.

Curug Naga tidak pula terkenal akan mitos dan misteri yang melingkupinya seperti Penderasan (air terjun) Cipamingkis, dimana airnya bisa membuat ‘enteng’ jodoh. Atau Penderasan Ciherang yang memiliki sejarah sebagai tempat pemandian dan pertapaan keturunan raja.

Wisata Curug Naga, Foto: dilokasi.com

Pun tak lebih terkenal dari Penderasan Cilember yang katanya angker dan Curug Panjang yang pernah menelan korban beberapa waktu lalu. Padahal, siapa sangka jika Curug Naga terletak bersebelahan dengan wahana wisata Air Terjun Panjang yang dapat ditempuh via rute Cipayung. Bahkan, kedua penderasan ini merupakan bagian dari arus Sungai Cirangrang yang membentuk beberapa air terjun.

Akses jalan masuk keduanya pun sama, hanya saja di pertigaan, pengunjung harus mengambil jalan menurun ke bawah sesuai dengan petunjuk arah yang tersedia.

Jika dibandingkan dengan beberapa air terjun di atas, keistimewaan apakah yang dimiliki gerojokan di Kota Hujan ini? Penderasan tersebut sebenarnya bukan objek wisata untuk menikmati keindahan, seperti halnya Air Terjun Cikaso di Sukabumi atau Baturaden yang mempunyai kesan romantis. Menurut review dan gambar yang dibagikan di kaskus oleh orang-orang yang pernah berwisata ke sana, air terjun setinggi 28 meter itu mirip dengan Green Canyon di Pangandaran.

Tapi, di kawasan Curug Naga, terdapat tiga air terjun, yakni Priuk, Naga serta Barong. Menurut pemandu, setiap penderasan mempunyai ciri khas dan tingkat kesulitan yang tidak sama. Di sana, pengunjung dapat melakukan river trekking, body rafting, jungle trekking dan cliff jumping serta aktifitas bermain air lainnya.

Keistimewaan lainnya yang perlu diketahui, curug tersebut pernah menjadi tempat syuting ‘My Trip My Adventure’ Trans TV. Jadi, sudah pasti recommended untuk dikunjungi.

Airnya Segar, Foto: wahanacurugnaga.com

Body Rafting di Air Terjun Naga

Melakukan body rafting untuk menghabiskan waktu liburan sepertinya bisa menjadi ide yang bagus. Apalagi aktifitas ini memang menjadi andalan di beberapa objek wisata dan tengah digangrungi oleh anak muda. Bila Anda ingin mencoba petualangan menyusuri aliran sungai tersebut, Air Terjun Naga sangat direkomendasikan.

Penderasan ini memang terkenal sebagai lokasi untuk melakukan body rafting karena medannya cukup menantang, seperti River Tubing Panohan di Rembang dan dikelilingi oleh tebing-tebing alami yang tinggi. Selain itu, airnya juga tak kalah jernih dari Curug Nagasari yang ada di Rembang.

Body rafting di air terjun ini adalah pilihan yang tepat untuk memacu adrenalin. Anda akan diajak menikmati panorama di sekitarnya sembari trekking di jalur berbatu-batu dan licin yang cukup menantang. Bagi orang yang suka berpetualang, tentu pengalaman ini sangat menyenangkan.

Penelusuran dimulai dengan menuju ke air terjun pertama, yaitu Curug Priuk. Di sini, Anda harus melewati hutan nan rimbun, tapi suasananya cukup sejuk. Kemudian, river trekking akan diarahkan ke tujuan kedua, yakni Penderasan Naga. Selama penelusuran ini, Anda akan melakukan free falling, yakni melompat dan menceburkan diri ke kolam air di bawahnya yang dingin sebanyak beberapa kali. Ini adalah bagian yang menegangkan dari body rafting di air terjun tersebut bagi sebagian orang. Untuk yang berjiwa petualang, tentu akan menjadi pengalaman seru dan mampu menguji nyali mereka.

Tapi, tidak perlu takut tenggelam apabila Anda kurang mahir berenang karena perlengkapan yang disediakan operator sangat aman, seperti jaket pelampung dan helm. Perlu diingat juga, bahwa kondisi air di aliran sungai ini sudah semakin dingin, jadi bagi yang tidak kuat jangan sampai menggigil.

Berlokasi di Desa Citamiang, Foto: raeytuyeee.blogspot.com

Rute Menuju ke Penderasan Naga

Letak Curug Naga ada di Desa Citamiang, Kecamatan Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat. Jika Anda dari Kota Bogor, waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi dengan kendaraan bermotor adalah 1,5 jam. Tapi, bila Anda berangkat dari Jakarta, bisa menggunakan KRL ke Stasiun Bogor. Biasanya, rombongan yang datang dari Jakarta akan melanjutkan perjalanan ke lokasi camping di Air Terjun Naga dengan angkot dari Stasiun Bogor.

Hampir semua supir angkot di Stasiun Bogor telah mengetahui rute menuju penderasan yang sering dimanfaatkan untuk body rafting itu. Bahkan, mereka pun memiliki daftar tarif bagi penumpang yang hendak menuju objek wisata di Kecamatan Megamendung tersebut.

Rute lainnya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dari arah Ciawi menuju ke puncak. Di Cipayung, ada Masjid Nurul Huda atau dikenal juga dengan Masjid Megamendung. Belok kiri dan bila bertemu papan Unilever, ikuti jalan kurang lebih 2 km hingga sampai di pertigaan. Dari situ, belok kiri ke arah Air Terjun Naga. Jangan sampai salah jalur, karena kalau lurus merupakan jalur ke Penderasan Panjang.

Berpetualang di Curug Naga,Foto: bluerina.wordpress.com

Harga Paket Wisata di Air Terjun Naga

Tidak seperti destinasi wisata lainnya, jika ingin menikmati wahana Curug Naga, terutama body rafting, Anda diwajibkan untuk reservasi terlebih dulu. Telah disediakan paket wisata yang bisa dipilih dengan minimal jumlah rombongan 10 orang. Paket tersebut bermacam-macam, seperti:

  1. Paket Barong, 000/orang dengan rincian: biaya tiket masuk, guide/instruktur, peralatan (helm dan pelampung), trekking Curug Barong dan asuransi tiket.
  2. Paket Jelajah Naga, 000/orang dengan rincian: tiket masuk wisata dan trekking Air Terjun Naga, guide/instruktur, peralatan (pelampung dan helm) serta asuransi tiket.
  3. Paket Jelajah 2 Curug, 000/orang, termasuk: tiket masuk Penderasan Naga, peralatan (pelampung dan helm), guide, trekking 2 air terjun (bisa pilih sendiri) dan asuransi tiket.
  4. Paket Jelajah Wahana, 000/orang, termasuk: tiket masuk wisata Curug Naga, peralatan (pelampung dan helm), instruktur/guide, trekking Air Terjun Priuk, Naga dan Barong serta asuransi tiket.
  5. Paket Jelajah Fun, 000/orang dengan rincian: tiket masuk Curug Naga, trekking Air Terjun Priuk, Naga dan juga Barong, instruktur, peralatan (helm dan pelampung) makan 1x dan snack 1x serta asuransi tiket.
  6. Paket Camping (2 hari 1 malam), 000/orang, sudah termasuk: tiket masuk wisata Curug Naga, peralatan (helm dan pelampung), makan 4x dan snack 1x, guide/instruktur, sewa area camp, perlengkapan (tenda, sleeping bag dan matras), trekking Penderasan Priuk, Naga dan Barong serta asuransi tiket.

Harga di atas sudah termasuk HTM (Harga Tiket Masuk). Info lebih lengkapnya, silahkan dilihat pada halaman website Wisata Curug Naga atau hubungi contact person yang ada.

Keseruan Body Rafting, Foto: kesiniaja.com

Persiapan Sebelum Body Rafting

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan body rafting di Curug Naga. Pertama, kondisi fisik harus fit karena trek yang akan dilalui cukup menguras tenaga. Anda juga akan melakukan lompatan tinggi beberapa kali, seperti yang telah disebutkan. Kedua, membawa perlengkapan outdoor yang cukup, termasuk alas kaki. Kostum juga perlu disesuaikan dengan keadaan cuaca dan kegiatan yang hendak dilakukan di air terjun tersebut.

Ketiga, melakukan reservasi dan memilih paket yang ada. Anda tidak perlu membawa perlengkapan dari rumah, pasalnya operator telah menyediakan semuanya, mulai dari helm, pelampung, sleeping bag, matras hingga tenda, tergantung paket yang dipilih. Keempat, usahakan untuk sampai di lokasi sebelum pukul 12.00 siang. Sebab, pendaftaran tracking ke air terjun ini biasanya sudah ditutup pada siang atau sore hari.

Terakhir, jangan lupa membawa kamera underwater untuk mengabadikan keseruan Anda dan teman-teman selama body rafting di sana.

Menyusuri Curug Naga yang Hits di Puncak Bogor, Foto: kesiniaja.com

Body rafting dilaksanakan sebelum sampai ke Penderasan Naga, tepatnya ketika mengarungi sungai dan melewati Penderasan Priuk. Salah satu syarat untuk melakukan body rafting adalah membawa rombongan minimal 10 orang. Sebenarnya Anda tetap bisa melakukan reservasi dengan jumlah rombongan yang lebih sedikit, tapi konsekuensinya harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

Di samping body rafting, jungle trekking di kawasan Gunung Paseban yang masih perawan sangat direkomendasikan. Sebab, disini Anda akan diajak menelusuri hutan, maksudnya terdapat beberapa jeram atau titik berbahaya yang dapat dilalui. Anda bisa memilih naik ke atas atau hutan nan sejuk, setelah itu kembali ke sungai lagi. Pastikan Anda memakai pakaian yang sesuai karena kondisi air di medan tersebut sangat dingin.

Tempat Yang Seru, Foto: yukpiknik.com

Tips Berwisata di Air Terjun Naga

Bila hendak berwisata ke air terjun yang lokasinya bersandingan dengan Penderasan Panjang itu, perhatikan tips berikut:

  1. Sebelum merencanakan liburan ke Air Terjun Naga, Anda harus memantau kondisi cuaca terlebih dahulu. Sebab, liburan akan sangat tidak nyaman apabila tiba-tiba turun hujan.
  2. Bawa barang-barang dan perlengkapan seperlunya saja. Jangan terlalu banyak, karena bisa memberatkan Anda saat melalui trek yang menantang.
  3. Bawalah bekal dari rumah untuk menghemat pengeluaran Anda di sana.
  4. Saat hari libur, umumnya curug tersebut dibanjiri oleh pengunjung. Jadi, untuk mengantisipasi hal itu dan supaya Anda bisa berwisata dengan bebas, datanglah pada hari-hari biasa.

Di Penderasan Naga, Anda tidak hanya bisa melakukan body rafting. Namun, kegiatan lain seperti outbound dan camping pun bisa dicoba. Selain camping, Anda dapat bermalam di beberapa villa yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi. Salah satu penginapan jaraknya hanya 3,3 km dari air terjun itu. Alamat penginapan tersebut ada di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Cilember, Cisarua, Bogor.

Yang Seru di Akhir Pekan, Foto: turindo.co.id

Kesimpulannya, Air Terjun Naga adalah destinasi wisata yang patut dikunjungi untuk memuaskan hasrat berpetualang Anda selama liburan. Apalagi body rafting di sana sangat seru dan tergolong murah, sayang kalau tidak dinikmati. Gunakan waktu Anda untuk berwisata di wahana tersebut dengan baik, sekaligus mempererat hubungan dengan keluarga dan teman-teman.

Comment

News Feed