by

Tempat Wisata Bukit Gronggong Cirebon Jawa Barat + Lokasi Hotel

-berita-798 views
Bukit gronggong cirebon kuningan hotel the radiant tempat wisata harga makanan di klapa manis jawa barat lokasi alamat indah obyek
Wisata Bukit Gronggong Cirebon, foto: travelingcirebon.com

Lokasi: Jalan Cirebon-Kuningan, Gronggong Ciperna, Kecamatan Cirebon Selatan, Provinsi Jawa Barat
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000/Orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Rekan-rekan traveler, terutama bagi mereka para couple. Muda mudi Indonesia yang sedang senang-senangnya merasakan asmara. Mencicipi sedikit dari keindahan serta kenikmatan kehidupan. Bisa nih memasukkan destinasi wisata kita kali ini ke dalam the next holiday destination.

Sudah bukan hal baru lagi bahwa di setiap kota, terutama di daerah dataran tinggi, terdapat salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan alamnya. Destinasi wisata kita kali ini berada di daerah dataran tinggi kawan. Bahkan beberapa pengunjung menyatakan bahwa daerah ini mirip dengan wilayah Puncak di Bogor.

cafe yang ada di tempat wisata, foto: bhinnekashuttle.com

Kita sedang berbicara mengenai kawasan Gronggong, yaitu salah satu daerah dataran tinggi di Cirebon. Kalian bisa meikmati liburan sambil nge-date dengan orang terkasih, sambil menikmati keindahan lokasi wisata. Yuk, simak deskripsi singkatnya.

Lokasi

menu manakan yang ada di cafe, foto: tabloidbintang.com

Destinasi wisata kita kali ini adalah sebuah bukit yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Tepatnya adalah berada di perbatasan daerah Cirebon dengan Kabupaten Kuningan. Bila ingin lebih mudah, adalah ke Jalan Cirebon-Kuningan, di kawasan Gronggong Ciperna, Kecamatan Cirebon Selatan.

Mau tahu dimana letaknya? Cus, ke Bukit Gronggong, di daerah Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Lokasi wisata kita ini berada di tengah-tengah jalan yang menghubungkan Kota Cirebon dengan Kuningan. Jalanan ini termasuk dalam jalur utama kawan. Sehingga menemukan destinasi wisata kita ini tentu bukan hal yang sulit ya.

Rute Perjalanan

daya tarik Bukit Gronggong, foto: cloudfront.net

Akses jalan untuk mencapai lokasi wisata kita tidak begitu sulit, bahkan tergolong sangat mudah serta strategis. Bagi rekan-rekan dari luar kota, bisa datang dengan menggunakan elf, atau bus. Bila datang dari arah Jakarta, bisa turun di pintu keluar tol Kuningan. Dari sini, bisa menggunakan mobil elf atau angkot dengan tujuan Pasar Cilimus.

Harga untuk menyewa elf juga tidak mahal kok. Hanya sekitar Rp15.000 saja. Eits, ternyata ada opsi lain kawan. Bagi kalian pecinta adventure, bisa menikmati perjalanan trekking di sekitar jalur menuju Bukit. Anda akan disambut dengan suasana khas perkampungan Jawa Barat.

Daya Tarik

menikmati sunset kota cirebon dari atas ketinggian, foto: tempat.co.id

Seperti namanya, Bukit Gronggong, letak objek wisata kita kali ini adalah di sperbukitan. Oleh karena lokasi yang berada di dataran tinggi ini, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pemandangan malam. Di tempat ini, anda bisa menikmati gemerlap lampu serta sinar kecil yang ada di Kota Cirebon.

Bagaikan gemerlap bintang yang bersinar di waktu malam. Akan ada kelip cahaya dengan berbagai warna. Bagi pada photo/foto hunters, bisa nih membawa camera ke tempat ini. Beberapa pengunjung juga lebih memilih untuk menikmati pemandangan dengan ditemani jagung bakar serta obrolan ringan.

Tidak perlu cemas juga mengenai tempat duduk. Pihak pengelola wisata sudah menyediakan tempat duduk di mana pengunjung bisa sekalian menikmati pemandangan serta jagung bakar. Bangku tempat duduk didesain sedemikian rupa sehingga pengunjung menikmati waktu santai mereka.

pemandangan puncak bukit gronggong cirebon, foto: donymagazine.com

Lokasi ini juga kami rekomendasikan bagi mereka yang ingin melamar kekasih hati. Suasananya sangat romantis loh. Dengan adanya kemerlap cahaya lampu kota, udara dingin, serta kuliner khas daerah Cirebon, apa lagi yang kurang untuk menggaet hati sang kekasih? Datanglah pada malam hari, karena memang kebanyakan masyarakat lebih memilih suasana ini.

Di sini juga sudah terdapat banyak lapak kaki lima yang menawarkan berbagai kuliner khas Cirebon. Mulai dari menu dengan harga murah hingga mewah, ada di sini. Bagi mereka yang ingin menikmati masakan khas Cirebon disertai pemandangan indah, yuk, segera agendakan.

peta menuju lokasi bukit, foto: teluklove.com

Bahkan kawan, tidak sedikit pengendara kendaraan bermotor yang sengaja berhenti di dekat Bukit Gronggong hanya untuk menikmati pemandangan nan elok ini. Kapan lagi menikmati pemandangan indah ciptaan Tuhan? Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak wisatawan lokal ataupun manca yang datang ke sini.

Fasilitas

cara baru menikmati pemandangan kota cirebon, foto: acidspot.files.wordpress.com

Tidak perlu repot membawa banyak barang bawaan ke lokasi wisata ini. Tidak juga perlu khawatir, ‘gimana seandainya aku gugup waktu melamar si doi’? Tenang kawan. Di tempat ini sudah tersedia berbagai fasilitas wisata. Seperti parkir, mushola, kamar mandi, dan ini nih, terdapat juga rumah makan.

Di sekitar lokasi Bukit Gronggong, tempat makan bukan hal yang sulit dicari kawan. Namun, ada juga nih restaurant yang disebut-sebut sebagai pemilik the best view di daerah Cirebon. Cus ke Rumah Makan Kelapa Manis. Dibandingkan dengan beberapa restaurant, Rumah Makan ini memang unik.

Rekan-rekan traveler akan dengan mudah melihat lokasi Rumah Makan ini karena tampilannya yang sangat eye catching dengan adanya lahan parkir luas. Arsitekturnya terdiri dari empat lantai dimana masing-masing floor bisa dinikmati keindahan Cirebon.

rumah makan klapa manis gronggong cirebon, foto: kesiniaja.com

Rumah Makan Kelapa Manis menyediakan berbagai macam menu. Beberapa yang sangat menarik bagi wisatawan adalah paket nasi liwet yaitu makanan nasi gurih (diberi santan) lengkap dengan lauk pauk seperti tempe dan tahu berbumbu terik, ayam, serta ikan peda. Terdapat juga menu gurame, karedok, cumi, udang, serta ikan bakar.

Anda bisa menikmati makanan yang enak ini dengan ditemani kilau cahaya lampu Kota Cirebon. Di dalam rumah makan, diberikan pencahayaan remang-remang. Desainnya menggunakan ornament kayu yang akan membuat kita betah berlama-lama di tempat ini. Di sekitar sini juga sudah tersedia hotel serta penginapan kawan. Nggak perlu susah lagi mencarinya ya?

Berbicara mengenai tiket masuk wisata serta jam buka-tutup, Bukit Gronggong dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi kapanpun, setiap hari selama 24 jam. Untuk mengunjunginya juga tidak memerlukan biaya mahal. Cukup dengan membayar tiket sekitar Rp2.000 saja kawan.

pesona alam sekitar bukit, foto: wisata-tanahair.com

Bila membawa kendaraan pribadi, bisa diparkir di rumah makan dekat Bukit Gronggong. Biaya parkir juga tidak mahal. Hanya sekitar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua. Untuk mobil biasanya dipatok tariff sekitar Rp3.000-Rp5.000. Bagaimana? Sangat murah bukan?

Tips

  1. Jangan lupa untuk membawa jaket, cardigan atau baju tebal kawan. Hal ini cukup membantu menolong untuk menjaga ‘suasana romantis’ ketika sedang berlibur. Udara di sekitar destinasi wisata cukup dingin. Bagi beberapa orang yang tidak tahan, mungkin akan mengganggu waktu romantis anda.
  2. Untuk menikmati suasana keindahan alam Cirebon, bisa juga dengan menginap di hotel. Seperti yang dijelaskan tadi, di sekitar lokasi sudah terdapat banyak hotel dan penginapan. Ada baiknya untuk melakukan pemesanan kamar jauh-jauh hari.
  3. Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan adalah menikmati makan malam di Bukit Gronggong. Nikmatilah keindahan alam, kesejukan udara, beserta dengan makanan khas Cirebon.

Selamat menikmati wisata romantic ‘the radiant’ dengan pasangan kawan. Bagi kalian yang belum memiliki pasangan, boleh kok untuk mengajak rekan-rekan ke tempat ini. Salam traveler.

Comment

News Feed