by

Situ Cibeureum Bekasi, Mancing di Danau, Lokasi Alamat Letak Rute + Sejarah Misteri

-berita-4,052 views
Danau cibeureum bekasi situ garut tasikmalaya grand wisata tambun west java kabupaten jawa barat 17510 lambangjaya selatan lokasi alamat sejarah mayat letak misteri rute mancing
Situ Cibeureum Bekasi, foto: panduanwisata.id

Lokasi: Lambangjaya, Tambun Sel, Bekasi, Jawa Barat 17510
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24jam
Telepon: –

Situ Cibeureum adalah danau yang dibentuk dengan alami. Tempat wisata ini berada di atas tanah yang memiliki kontur cekung. Bentuk ini dikarenakan survis retation yakni keadaan dimana air ditahan di permukaan karena terdapat lekukan.

jalan menuju danau, foto: kompasiana.com

Lekukan ini terjadi karena kikisan air hujan di tanah berkarakter liat tetapi menyerap dan menahan air. Walaupun tidak sebanyak di depok, Bekasi juga mempunyai danau menarik dijadikan sebagai lokasi wisata.

Situ ini jawabannya. Terdapat keunikan dari tempat wisata ini karena danau ini berada di Desa Lambang Sari, namun separuhnya berada di Lambang Jaya. Keduanya berada di wilayah Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi.

Luas Danau Cibereureum

daya tarik yang dimiliki oleh danau, foto: danialexmokarrorong.blogspot.co.id

Pada awalnya, luas dari wisata ini hingga 38 hektar. Cibereureum juga menjadi salah satu penopang kehidupan dari masyarakat di sekitarnya.

Banyak warga menggantungkan hidup mereka dengan mencari ikan atau menanam kangkung. Selain itu, Cibereureum ini juga menjadi sumber irigasi untuk pertanian warga.

Namun, di tahun 1990, luas dari tempat ini menyusut karena pembangunan perumahan, sehingga luas danau ini hanya 2 hektar saja. Sebetulnya bukan hanya luas Cibereureum saja yang berkurang, namun kedalaman Cibereureum ini juga semakin berkurang. Hal tersebut menyebabkan wisata ini menjadi kering kerontang ketika kemarau panjang.

Di tengah-tengahnya, Anda bisa menemukan gundukan tanah berukuran kecil. Tanah tersebut ditumbuhi dengan rumput. Pada bagian tengah juga ditumbuhi sebatang pohon, terlihat seperti pulau dikelilingi hamparan air. Penasaran seperti apa keindahan dari lokasi ini?

Legenda Danau Cibeureum

saung di dekat danau, foto: anggiejhovanny.blogspot.co.id

Salah satu daya tarik dari wisata di Kab Bekasi ini ialah adanya legenda siluman buaya putih. Dari cerita misteri masyarakat yang berkembang, siluman tersebut menghuni kerajaan makhluk halus di dasar danau.

Beberapa pekerja yang dulu membangun perumahan di sini menuturkan jika mereka melihat penampakan buaya putih tersebut.

Warga di sekitar tempat wisata juga menuturkan hal serupa. Kisah berkembang di tengah masyarakat inilah membuat banyak orang menjadi penasaran dan datang berkunjung.

Selain legenda buaya putih, ada pula cerita mistik berkembang di sana, yakni lokasi penemuan mayat. Karena, beberapa tahun yang lalu pernah ditemukan mayat di danau. Sehingga walaupun luas danau semakin sempit, wisata ini tetap menjadi lokasi favorit.

Hal yang bisa Anda lakukan di Danau

sunset di danau cibeureum, foto: viva.co.id

Mungkin Anda berpikir, apa yang dapat dilakukan di danau ini? kita bisa melakukan berbagai macam hal menyenangkan di sini. Seperti jalan-jalan di sekitar danau, hingga memancing.

Tempat ini tetap menjadi lokasi pemancingan favorit. Pada dasarnya di dalam danau ada begitu banyak ikan air tawar contohnya seperti ikan keting, ikan tawes, ikan gabus hingga ikan mujair. Jadi, ketika memiliki rencana untuk mengunjungi danau ini, jangan lupa untuk membawa alat pancing.

Bila Anda membawa keluarga besar, Anda malah bisa mengambil gambar bersama dengan keluarga. Bahkan, Anda bisa mengambil gambar dan video untuk kebutuhan media sosial. Ambil gambar dengan bentuk landscape. Pasti hasil foto Anda akan sangat menarik.

Tempat favorit pegowes

salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di danau, foto: tstatic.net

Situ yang menjadi tempat wisata di Tambun Selatan ini biasanya ramai ketika akhir pekan atau hari libur tiba. Situ ini juga menjadi tempat difavoritkan oleh pegowes. Anda bisa melihat anggota komunitas yang mencintai kegiatan bersepeda beristirahat di pinggir danau bawah pohon.

Jangan salah, bukan hanya menjadi tempat singgah, tanah merah di sekitar danau pun menjadi lintasan menarik para pengayuh sepeda. Para pehobi aerodinamika pun tidak mau kalah, mereka sering menerbangkan pesawatnya di tanah lapang di pinggir danau. Sudah membayangkan betapa asyiknya menghabiskan waktu di situ ini?

Fasilitas Danau Cibeureum 

pesona Danau Cibeureum, foto: budiuzie.files.wordpress.com

Berbagai fasilitas sengaja disediakan oleh pengelola agar Anda nyaman berwisata di lokasi ini. Tempat wisata ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas sehingga membuat Anda puas berlama-lama di dalamnya. Anda bisa menemukan fasilitas seperti saung dari bambu, warung makan, tempat parkir, kios souvenir dan toilet.

Rute menuju Danau Cibeureum

Untuk sampai di situ ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum. Bagi Anda dari luar kota dan memilih menggunakan angkutan umum, cukup mudah menjangkaunya.

keadaan alam sekitar danau, foto: panduanwisata.id

Kita bisa mengakses angkot Koasi 38, angkuta kota ini melaju dari arah Bekasi Trade Center kemudian turun tepat di Jembatan Legenda. Setelah berhenti di sini, Kita bisa menumpang ojek untuk sampai di tempat wisata situ ini.

Bagaimana dengan mereka yang menggunakan kendaraan pribadi? Bagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mencari lokasi tempat wisata ini di Google Map, kemudian cukup mengikuti petunjuk arah di Google Map.

Nantinya Google Map akan menunjukkan jalan tepat untuk sampai di situ. Jadi, tak perlu bingung setelah sampai di Bekasi.

Lokasi wisata lain di Bekasi

daya tarik yang dimiliki oleh danau, foto: teluklove.com

Ingin menghabiskan waktu panjang selama di Bekasi? Tak perlu bingung mencari lokasi wisata lain. Kita bisa mengunjungi berbagai macam wisata setelah di Situ Cibeureu. Kita bisa menyinggahi Gedung Juang di Kawasan Tambun Selatan.

Bahkan, Kita juga bisa memilih wisata-wisata yang sarat akan nilai sejarah dan tempat mempunyai nilai historis lain, lokasi ini tidak kalah untuk dikunjungi.

Penginapan sekitar tempat Wisata

Selama mengunjungi Bekasi, ada banyak hotel bisa Kita jadikan sebagai pilihan menginap. Kita dapat memilih Grand Cikarang Hotel, Grand Zuri Jababeka Hotel, atau di GrandKemang Hotel di kawasan Kemang.

Pilihan hotel dapat disesuaikan dengan budget kita. Jadi, tak ada alasan lagi untuk menunda-nunda wisata.

Oleh-oleh Bekasi

mancing ikan di dnau cibeureum, foto: budiuzie.files.wordpress.com

Berkunjung ke Bekasi, tapi tak membawa oleh-oleh asli daerah ini bisa kurang rasanya. Ada beberapa oleh-oleh khas dari Bekasi bisa Anda boyong ke rumah, seperti:

  • Kue duit. Kue duit adalah pilihan oleh-oleh yang terkenal di Bekasi. Kue ini memiliki nama kue duit karena berbentuk seperti uang kepingan koin. Kue duit terbuat dari bahan tepung, gula, telur. Adonan dari tepung dibentuk dengan bulatan tipis layaknya uang logam dan digoreng. Kue ini mempunyai tekstur yang sangat renyah serta rasa begitu manis.
  • Kus sagon. Bukan hanya kue duit, tetapi Bekasi juga mempunyai kue sagon. Kue sagon merupakan kue dengan bahan tepung beras. Kue ini sangat populer sebagai oleh-oleh dari Bekasi. Bentuk kue sagon ini bervariasi mulai dari lingkaran, oval, kotak, dan lainnya. Kue sagon diminati untuk oleh-oleh karena mempunyai rasa yang nikmat dan gurih. Harganya pun juga terjangkau.
  • Rengginang. Bekasi terkenal sebagai kota yang mempunyai banyak UKM memproduksi rengginang. Rengginang merupakan camilan dengan rasa yang gurih serta terbuat dari beras. Camilan seperti kerupuk ini mempunyai tekstur renyah serta rasa gurih yang nantinya bisa membuat siapa pun ketagihan menyantapnya.

Comment

News Feed