by

Rute Ke Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita, Penginapan di Bogor + Harga Tiket Outbound

-berita-1,182 views
Pemandian air panas ciseeng tirta sanita bogor outbound rute ke penginapan horison kuningan harga tiket peta jalan gunung kapur hotel jogja yogyakarta parung hot spring jawa barat informasi cirebon spa resort wisata sangkanhurip taman kecamatan jabar indonesia map agoda alamat 16330 buka jam koperasi review
Pemandian Air Panas Ciseeng, foto: kesiniaja.com

Alamat: Desa Bojong Indah, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Parung, Bogor, Jawa Barat 16330
Map:
KlikDisini
HTM:
Rp.15.000/Orang
Buka/Tutup:
07.00-20.00
Telepon:
0857-8030-5882

Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita adalah salah satu tempat wisata yang indah di Indonesia dengan menyajikan pemandangan alami bekas letusan gunung berapi yang memiliki sumber mata air panas. Menurut penelitian para ahli, bahwa letusan gunung tersebut terjadi ribuan tahun lalu dan mengeluarkan zat kapur, garam dan belerang yang bercampur menjadi satu. Bentuk letusan tersebut seperti salju berwarna putih serta menjadi pemandangan indah yang terbentuk secara alami.

Pihak Dinas Pariwisata Kota Bogor memanfaatkan letusan gunung tersebut untuk dijadikan obyek wisata mandi air hangat atau hot spring serta wisata lainnya.Taman wisata Tirta Sanita dibangun pada tahun 1990 dan mulai diresmikan serta terbuka untuk umum pada tahun 1992. Tempat wisata ini memiliki konsep sebagai “Pesona Wisata Nuansa Alam Menyehatkan” dengan membangun taman serta pemandian air hangat.

serunya mandi di Pemandian Air Panas, foto: hargatiketwisatakita.com

Sumber air hangat yang berasal dari Bukit Kapur ini mengandung senyawa belerang yang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit. Tentu saja banyak sekali para wisatawan yang senang dengan wisata ini karena menyajikan pemandangan indah dan memiliki banyak wahana bermain serta wisata mandi air hangat untuk menjaga kesehatan badan dan terhindar dari penyakit gatal-gatal.

Kawasan wisata Tirta Sanita berada di atas lahan seluas 15 hektar dan dibangun sebagai taman yang menyediakan berbagai wahana wisata yang sangat menarik. Terdapat beberapa spot mandi air hangat terbuka maupun tertutup atau VIP. Selain itu, terdapat taman bermain anak yang menyajikan berbagai permainan perosotan, ayunan, bebek spiral dan lainnya. Banyak sekali wahana wisata lainnya seperti kereta api, mobil-mobilan, Boom-boom Car, bola air, flying fox serta wisata outbound.

Rute ke Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita

daya tarik yang dimiliki oleh tempat pemandian, foto: panduanwisata.id

Alamat tempat wisata Pemandian Air Panas Tirta Sanita berada di Desa Bojong Indah, Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor, Jawa barat 16330. Walaupun termasuk dalam wilayah Bogor, namun lokasinya lebih dekat dengan kota Depok hanya sekitar 15 km dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Hal ini karena lokasi wisata pemandian air panas ini berada di daerah perbatasan wilayah Jakarta  dan propinsi Jabar. Jarak dari kota Bogor sekitar 25 km dan perjalanan dari kota Hujan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

Dari kota Depok lurus ke arah barat melewati jalan raya Sawangan untuk menuju Jln.Muchtar Raya lalu ke Jln. Jakarta-Bogor ke arah selatan sampai pertigaan Parung yang menuju Jln.H Mawi.  Selanjutnya ambil kanan menyusuri Jln.H Mawi sampai di perempatan  Jln. Ciseeng dan belok kanan mengikuti Jln.Ciseeng hingga sampai menemukan lokasi wisata Pemandian Air Panas Tirta Sanita.

batu belerang yang muncul di pemandian, foto: piknikasik.com

Sedangkan dari kota Bogor cukup mengikuti Jln. Jakarta-Bogor hingga tiba di pertigaan Jln. Mad Nur dan belok kiri menyusuri Jln. Mad Nur hingga sampai di perempatan Jl..Ciseeng. Tetap lurus mengikuti jalur Ciseeng dan akan tiba di tempat wisata Tirta Sanita. Informasi peta tempat wisata ini juga bisa dilihat melalui map Google untuk melihat jalan alternatif menuju lokasi.

Jarak tempat wisata Tirta Sanita dari kota Jakarta sekitar 40 km dan perjalanan bisa ditempuh sekitar 60 menit. Rute dari kota Jakarta yang paling dekat adalah melewati Pondok Indah, lalu menuju Serpong dan selanjutnya ke arah Taman Tekmo. Dari Taman Tekmo melewati jalur menuju ke arah Puspiptek dan setelah itu hanya perlu 10 km lagi untuk sampai di Taman Wisata Tirta Sanita.

Wahana Wisata Pemandian Air Panas Tirta Sanita

salah satu kolam yang ada di pemandian, foto: wisatasenibudaya.com

Untuk memasuki Taman Wisata Tirta Sanita, para pengunjung perlu membayar tiket sebesar Rp.15 ribu bagi dewasa dan Rp.10 ribu untuk anak-anak. Tempat wisata ini memiliki 2 pintu gerbang, loket barat sebagai gerbang utama dengan tempat parkir yang luas dan loket utara dengan tempat parkir yang ada di seberang jalan raya. Diantara kedua pintu gerbang terdapat sebuah taman bermain anak yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai bagi keluarga. Tirta Sanita mulai buka jam 07.00 pagi dan tutup pada jam 20.00.

Memasuki taman wisata Tirta Sanita dari pintu gerbang barat, para pengunjung akan disambut dengan danau buatan yang sangat luas. Danau tersebut digunakan untuk wahana permainan air seperti sepeda air dan bola air. Para pengunjung bisa mencoba berkeliling danau menggunakan sepeda air bebek yang dikayuh sambil menikmati keindahan alam di kawasan Ciseeng.

Jika ingin merasakan sensasi yang lebih menarik, bisa menyewa bola air yang berbentuk bulat besar dan para pengunjung berada di dalam bola tersebut serta bisa tiduran atau berguling-guling diatas danau didalam bola air. Ada juga kapal yang bisa digunakan untuk mengarungi danau bersama rombongan karena bisa dinaiki lebih dari 5 orang.

ramenya pengunjung yang datang ke pemandian air panas, foto: mediaindonesia.com

Di sebelah danau terdapat kolam renang anak atau waterpark dan tentu saja anak-anak bisa menghabiskan waktu bermain di kolam tersebut. Kolam renang dilengkapi wahana perosotan agar anak-anak bisa bermain dan meluncur ke kolam.

Kolam renang anak bersebelahandengan kolam terapi ikan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan para pengunjung hanya perlu membayar Rp.6000 selama 20 menit. Para pengunjung bisa berendam kaki di kolam dan ikan-ikan kecil akan menggigit kaki pengunjung sehingga terasa geli dan seperti kena setrum serta bisa merasakan manfaat kesehatan bagi urat syaraf.

Jika memasuki dari pintu gerbang utara akan langsung melihat sebuah taman yang penuh dengan rumput dan digunakan sebagai tempat untuk permainan paint ball. Area ini memang luas dan terdapat jaring tali yang mengitari semua area taman. Permainan ini hanya bisa dilakukan dengan banyak orang dan terdiri dari 2 tim yang akan saling berhadapan untuk tembak-menembak atau perang.

Sedangkan danau yang ada di utara digunakan sebagai resort dan kamar mandi air panas VIP atau spa belerang yang berupa bangunan pondok diatas danau. Terdapat jembatan dengan bentuk yang unik sebagai akses menuju pondok-pondok yang digunakan sebagai wisata penginapan dan kuliner tersebut. Banyak pengunjung yang memanfaatkan jembatan ini untuk mengambil gambar dengan kamera atau selfie.

lokasi pemandian air panas tirta sanitas, foto: tempatwisatamu.com

Para pengunjung bisa bermalam di penginapan tersebut yang sangat tenang karena lokasinya berada di tengah danau dan jauh dari hiruk pikuk pengunjung. Rumah penginapan yang dibangun dengan kayu dan bambu tersebut dinamakan Pesanggrahan yang artinya tempat istirahat. Selain itu, bisa menikmati keindahan danau karena setiap kamar persitirahatan memiliki jendela yang mengarah ke danau tersebut.

Di atas danau, ada juga Kamar Mandi Air Panas Teratai sebagai kolam pemandian air panas VIP yang menyediakan banyak kamar untuk digunakan secara pribadi. Para pengunjung hanya perlu membayar Rp.20 ribu untuk berendam air panas selama 20 menit dan sudah bisa merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, pengelola juga menyediakan fasilitas spa menggunakan serbuk belerang yang digunakan sebagai lulur di seluruh tubuh.

Tentu saja berendam air panas selama 20 menit sudah cukup jika digunakan untuk kesehatan tubuh. Namun jika ingin lebih bebas berendam dalam kolam air panas, maka bisa mandi di kolam air panas terbuka yang berada di puncak Bukit Kapur. Para pengunjung cukup membayar Rp.10ribu untuk kalangan dewasa dan Rp.5ribu untuk anak-anak serta bisa mandi sepuasnya tanpa batasan waktu.

Di sebelah danau terdapat Bukit Kapur yang memiliki ketinggian 200 mdpl dan para pengunjung perlu melakukan pendakian yang cukup melelahkan. Bukit tersebut berwarna putih seperti salju yang terjadi karena lelehan gunung berapi yang berupa senyawa belerang, garam dan kapur. Di puncak Bukit Kapur terdapat mata air hangat yang dimanfaatkan untuk dialirkan ke beberapa tempat wisata kolam air panas yang ada di kawasan Tirta Sanita.

khasiat air yang dimiliki oleh pemandian Ciseeng, foto: wisatapedi.com

Dari puncak Bukit Kapur, pengunjung bisa menikmati keindahan alam perbukitan di wilayah Ciseeng serta hijaunya kawasan persawahan. Jika siang hari, udara akan terasa panas yang disertai dengan angin kencang sehingga terasa sepoi-sepoi. Namun jika sore hari, para pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan sunset dengan jelas ketika menjelang malam.

Di sebelah selatan Bukit Kapur, terdapat sebuah panggung yang biasa digunakan untuk pagelaran musik dan kesenian lainnya. Pihak pengelola selalu mengadakan acara musik setiap hari minggu untuk menghibur para pengunjung agar suasana bisa menjadi lebih meriah.

Pengelola Taman Tirta Sanita menyediakan banyak wahana bermain anak-anak seperti, kereta api  kecil yang bisa dinaiki bersama orang tuanya. Para penumpang kereta akan berputar di sebuah lahan dengan luas 50 meter persegi dan menempuh beberapa kali putaran. Ada juga wahana kereta api lainnya yang bernama monorel dengan jalur satu rel saja yang akan membawa pengunjung  berkeliling di wilayah taman.

Permainan lainnya adalah boom-boom car yang bisa dinaiki semua pengunjung,baik  dewasa maupun anak-anak. Wahana ini memang seru karena mobil tidak akan rusak walaupun selalu bertabrakan dengan mobil lainnya. Masih ada permainan mobil lainnya yang bentuknya lebih besar car dan hanya bisa dikendarai oleh anak-anak.

Sedangkan wisata otomotif bagi pengunjung dewasa tersedia kendaraan jenis ATV untuk menyusuri jalan berliku dan menantang. Jika sedang musim hujan, maka jalur sangat ekstrem karena jalanan penuh dengan genangan air dan berlumpur. Namun jika musim panas, maka jalanan akan kering dan penuh debu yang bisa mengganggu pandangan mata.

Harga Tiket Outbound Pemandian Air Panas Tirta Sanita

bersanti di kolam pemandian, foto: inionline.id

Tempat wisata Taman Tirta Sanita juga menyediakan fasilitas outbound sebagai sarana untuk melatih mental dan menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu, juga memiliki manfaat agar bisa bekerjasama atau koperasi dengan orang lain serta bisa bersinergi dengan alam. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menumbuhkan rasa semangat untuk menjalani kehidupan ini dan menyayangi alam. Manfaat lainnya yang akan diperoleh yaitu bisa menggali potensi yang ada dalam diri manusia yang belum muncul.

Fasilitas outbound yang disediakan antara lain, flying fox, jembatan tali dan jembatan besi yang diikat dengan tali, jaring laba-laba, rumah pohon dan lainnya. Selain itu, ada juga pendidikan bercocok tanam seperti menanam jagung, membajak sawah, serta tanaman lainnya. Ada juga pendidikan kreatifitas dalam bidang seni seperti membuat patung dengan tanah liat, membuat layang-layang, melukis, seni tari jaipong dan bermain angklung serta kreasi lainnya.

Pendidikan lainnya adalah bidang wirausaha yang akan mengajak anggota outbound berkunjung ke industri pembuatan tempe serta tempat pembudidayaan ikan hias, terutama jenis ikan cupang. Perjalanan ke tempat-tempat pusat industri menggunakan kendaraan odong-odong yang disediakan pengelola. Biasanya program outbound diikuti oleh sebuah perusahaan atau kantor untuk memberikan fasilitas insentif dalam membangun mental para karyawan. Selain itu, banyak juga sekolahan dan universitas yang memiliki program outbound di wisata Tirta Sanita.

Tarif harga program outbound di Tirta Sanita memang bervariasi, untuk paket regular yang bersifat permainan biayanya sekitar Rp.50 ribu per orang. Untuk paket One Day atau satu hari juga bervariasi, untuk anak-anak TK atau SD biayanya sekitar Rp.150 ribu dan untuk SMP dan SMA sekitar Rp.180 ribu. Sedangkan untuk peserta tingkat dewasa atau umum dikenakan biaya sekitar Rp.200 – 500 ribu tergantung fasilitasnya.

Jika ingin bermalam dan menginap di pesanggrahan dengan fasilitas AC, perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp. 100 – 130 ribu. Pengelola juga menyediakan camping area bagi peserta yang ingin bermalam menggunakan tenda. Semua harga sudah termasuk biaya asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, pengelola juga memberikan bonus dokumentasi dalam bentuk VCD atau file dokumen yang bisa di copy.

Tempat Penginapan di Bogor Sekitar Wisata Tirta Sanita

pemandangan alam sekitar pemandian, foto: yukpiknik.com

Salah satu tempat penginapan terdekat adalah Hotel Duta Berlian yang berada di Jl. Raya Dramaga no.1 km 8, Bogor 16680. Jarak hotel menuju wisata Tirta Sanita sekitar 15 km dan memerlukan waktu 15 menit. Tempat penginapan lainnya adalah Bogor Icon Hotel and Convention  yang berada di Jl. Raya Baru no.1 Bukit Ciamanggu City, Bogor 16168. Jaraknya sekitar 17 km dari wisata Tirta Sanita dan bisa ditempuh sekitar 20 menit. Informasi lainnya bisa dilihatsecara detail melalui website Agoda yang melakukan review hotel-hotel di Indonesia.

Hotel yang Menggunakan Nama Tirta Sanita

Ada juga beberapa hotel di Indonesia yang menggunakan nama Tirta Sanita karena kata ini berasal dari daerah Sunda yang artinya air yang menyehatkan. Penginapan yang menggunakan nama tersebut antara lain Hotel Horison Tirta Sanita yang berada di Jl. Raya Panawuan No.98, Sangkanhurip, Kuningan Jawa Barat, Indonesia. Hotel Tirta Sanita berjarak 23 km dari kota Cirebon dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan bermotor.

Selain itu, ada juga Tirta Sanita Hotel & Convention yang berada di  Jl. Pramuka No.30, Pandeyan, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161. Hotel yang ada di kota Jogja ini memiliki fasilitas Spa dan Resort serta biasa digunakan sebagai gedung pertemuan ataupun hall.

Comment

News Feed