by

Lembah Asahan, Bius Alam yang Mempesona di Sumatera Utara

-berita-288 views

Sumatera Utara selalu hadir dengan destinasi wisata alam yang menawan. Selain Danau Toba yang mempesona, Sumut juga memiliki Lembah Asahan yang siap membius kamu.

Terletak di Kabupaten Asahan, Lembah Asahan atau Ngarai Sigura-Sigura merupakan sebuah lembah indah yang dikelilingi oleh hutan tropis. Dengan lanskap yang cukup luas, Lembah Asahan dihuni banyak tebing-tebang tinggi dengan hiasan air terjun yang menyejukkan.

Seperti yang bisa kamu lihat di film Steven Spielberg, Jurassic Park, Lembah Asahan memiliki tebing-tebing dengan ketinggian 200 meter. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan kawanan burung lalu lalang melintasi langit Asahan, menyusuri lembah.

Banyak yang mengira Danau Toba adalah fenomena alam tertua di Sumatera Utara. Namun, faktanya justru berbalik saat sebuah penelitian mendalam dilakukan di akhir 60-an lalu.

Lewat bukunya Outline of the Geomorphology of Indonesia, A Case Study on Tropical Geomorphology of a Tectogene Region, peneliti geologi asal Belanda, H.Th. Verstappen menyebut Lembah Asahan sudah ada jauh sebelum Danau Toba terbentuk pada 73-75 ribu tahun yang lalu.

Hal ini bisa dibuktikan dengan hadirnya endapan tuf Danau Toba pada bagian teras-teras struktural di Ngarai Sei Asahan, bagian dari Lembah Asahan. Jadi, bisa diperkirakan Lembah Asahan berusia hampir 80 ribu tahun.

Nggak heran sih, Lembah Asahan sempat menjadi buah bibir saat panoramanya muncul di lembar uang kertas Rp 100 yang terbit di pertengahan 80-an.

Nomor Tiga di Dunia

Meski nggak setenar Danau Toba, Lembah Asahan memiliki beragam keindahan alam tersendiri. Salah satu spot yang wajib kamu antisipasi pesonanya adalah Sungai Asahan.

Berada di titik pembelah kedua lembah, Sungai Asahan mengalir deras air sejuk dari Danau Toba menuju ke Selat Malaka. Kontur batu kali yang cukup terjal membuat aliran Sungai Asahan sangat ekstrim buat dilalui.

Dengan panjang 22 kilometer, Sungai Asahan sempat dinobatkan sebagai arung jeram terbaik ketiga di dunia. Tentu saja bersanding dengan Sungai Colorado di Amerika Serikat dan Sungai Zambesi di Afrika.

A post shared by Amiruddin Dolok Saribu (@dolok24jam) on Dec 2, 2017 at 4:48am PST

Derasnya arus Sungai Asahan memiliki tingkat kesulitan yag luar biasa.Dari sekala 1-6, Sungai Asahan berada di kelas 4-5 dengan karakter arus yang cepat dan padat.

Kejuaraan dunia bergengsi, The Asahan Arung Festival sempat digelar pada 2000 lalu, melahirkan banyak sekali atlet kayak profesional dunia. Sebut saja Tao Berman, Jay Kincaid, Mike Abbot, Jared Meehan, Alan Ellard.

Tertarik buat main ke Lembah Asahan? Mampir dulu ke Medan. Jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat dan cari hotel murahnya di Medan lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Medan  pesan tiket kereta api murah ke Medan  cari hotel murah lain di Medan

Foto utama: Stutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comment

News Feed