by

Harga Tiket Masuk Curug 7 Cilember Bogor Jawa Barat, Villa Penginapan + Peta Menuju Rute Ke Air Terjun

-berita-878 views
Curug 7 cilember villa bogor jawa barat mitos air terjun rute ke penginapan harga tiket masuk 2018 peta menuju indonesia cisarua puncak wisata legenda 16750 camping ground alamat asal-usul akses jalan bidadari cerita mistis siang denah dekat gambar htm kisah ketinggian lokasi mnctv film ftv sinopsis megamendung misteri asal mula perhutani pemain sejarah sampai tempat mutiara
Curug 7 Cilember, Foto: duniaoutbound.com

Lokasi: Jalan Raya Puncak, Megamendung, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat 16750
Map: Klik Disini
HTM: Rp.6.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-21.30 WIB
Telepon: (0251) 258-890

Indonesia memang tak ada habisnya jika membahas tentang pesona. Pesona yang ada di Indonesia ini bak mutiara. Ia tertutup tapi jika terekspos akan sangat mengagumkan selayaknya bidadari. Pesona Jawa Barat memang tak kalah habisnya dibanding pesona daerah lain. Setiap kota di Jawa Barat bahkan memiliki pesona masing-masing. Rata-rata Jawa Barat memang terkenal dengan curug. Tak terkecuali daerah Cisarua, Bogor.

Ada satu curug yang cukup sering dikunjungi saat ini. Curug yang memiliki ketinggian kurang lebih 800-900 mdpl ini bernama Curug Cilember. Beralamat di Jalan raya Puncak, Curug ini menawarkan 7 curug yang berbeda-beda lokasinya tetapi masih satu kawasan. Lokasinya yang berada di hutan hujan tropis juga menjadi daya tarik bagi pengunjung. Tentu saja suhu berkisar 18-23 derajat celcius.

Curug Cilember dikembangkan oleh pemerintah dan dikelola oleh Perhutani pada tahun 1990. Peresmiannya pun dilalukan oleh bupati Kabupaten Bogor tahun 2000. Luas kawasan ini pun sekitar 5,9 hektar dan didominasi oleh tanaman pinus merkusi.

Kawasan Wisata Curug Cilember, Foto: duniaoutbound.com

Pesona 7 Curug Cilember

Banyak dari pengunjung yang ingin “menaklukan” ketujuh curug yang ada di sini. Rata-rata pengunjung bisa menaklukan sampai Curug 5 yang sebelumnya bisa Anda sambangi Curug 7 dengan mudah. Di sini semakin kecil angkanya maka lokasi curug semakin tinggi dan kerumitan medannya pun semakin tinggi.

Tak perlu khawatir tersesat karena ada banyak gambar, denah, hingga papan petunjuk jalan dan informasi kawasan air terjun sudah tersedia lengkap. Peta yang besar juga terpampang di area ini agar kita tidak mudah tersesat.

Asal mula perjalanan dimulai dengan trekking beberapa lama dulu sebelum benar-benar menikmati pesona curug di Cilember. Jika di tengah jalan kelelahan, Anda bisa bersantai sejenak di warung-warung makanan yang sudah disediakan, sekedar mie instan sampai sate kelinci.

Outbound Curug 7 Cilember, Foto: duniaoutbound.com

Curug 7 merupakan curug yang paling mudah diakses jika Anda berkunjung di sini. Maklum, karena paling dekat tentu paling ramai pengunjung. Anda bisa menikmati curug yang lebih sepi di Curug 5 karena medan untuk ke Curug 6 masih belum memadai. Anda bisa memilih langsung menuju Curug 5 atau sudah puas dengan Curug 7.

Anda bisa menggunakan jasa pemandu jika tertarik menaklukan semua curug yang ada di Cilember, terutama curug kedua dan ketiga. Untuk mencapai curug ke empat akan ditemui medan yang semakin sulit dan terjal. Tidak jauh dari lokasi curug ke-empat, Anda akan menemui curug ke-tiga. Pemandangan dan suasana yang alami akan menyapa Anda.

Masih ingin lanjut? Anda bisa melangkahkan kaki ke curug kedua. Perjalanannya cukup jauh dari lokasi curug ketiga. Anda harus benar-benar hati-hati karena banyaknya lintah hinggap di daun. Puas menikmatinya, silakan lanjutkan ke curug satu yang merupakan curug tertinggi di Curug Cilember ini. Estimasi waktu untuk menaklukan sampai curug teratas memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

Jika Anda tertarik menaklukannya, siapkan stamina prima dan bekal cukup selama di perjalanan yang rumit. Alas kaki yang tak licin pun sangat disarankan karena kondisi medan yang bebatuan dan makin ke atas makin sulit. Jangan lupa membawa jas hujan dan baju ganti karena seringnya turun hujan di area ini.

Udaranya Sejuk, Foto: duniaoutbound.com

Mengunjungi Konservasi Kupu-kupu sampai Outbond

Selain itu, Anda bisa menikmati taman kupu-kupu yang sudah dikonservasi. tanaman dan juga jenis kupu-kupu yang berbeda bisa Anda temui di sini. Bangunan konservasi kupu-kupu di Curug Cilember ini berbentuk kubah jaring raksasa. Anda bisa memasuki tempat ini dengan membayar tiket seharga Rp 5.000 per orang.

Kupu-kupu dikembangbiakkan di sini. Ada sekitar 12 jenis kupu-kupu yang semuanya dihasilkan dari sekitar area Curug Cilember. Selain itu ada juga laboratorium tempat penangkaran kupu-kupu. Anda bisa melihat proses metamorfosis kupu-kupu itu sendiri, mulai dari telur, berubah menjadi ulat kemudian kepompong dan selanjutnya kupu-kupu.

Anda bisa membawa anak Anda ke sini untuk menambah pengetahuan mereka. Jika Anda membutuhkan penjelasan, ada petugas ramah yang siap menerangkan jenis kupu-kupu dan ulat yang ada serta menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan. Namun, ada beberapa musim tertentu dimana kupu-kupu di sini tidak terlalu banyak.

Jangan lupa dilanjutkan perjalanan Anda ke Jembatan Cinta. Jembatan gantung yang berada di sini cukup menyenangkan untuk dilintasi. Sekalian Anda pun bisa menikmati kegiatan outbond di kawasan Curug Cilember. Tempat wisata ini menyediakan flying fox jika Anda ingin menguji adrenalin.

Wisata di Puncak, Foto: duniaoutbound.com

Mitos Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember tak hanya menawarkan pesona alam tetapi juga cerita mistisnya. Ada banyak beredar mitos mengenai curug ini.

Konon, area ini dahulunya sebagai tempat bersemayan putri dari kerajaan Pasundan yang cantik serta baik hati. Ia sering berbasuh menggunakan air di curug itu dan memiliki raut wajah awet muda. Hingga akhir hayat, ia tetap berada di sekitar Wana Wisata Curug Cilember untuk menjaga area tersebut. Akan tetapi keberadaan pastinya, hingga kini, masih misteri.

Masyarakat setempat meyakini Curug Cilember adalah lokasi pemandian para putri dari Kerajaan SIliwangi. Asal usul cerita itu membuat tidak sedikit orang yang memercayai jika mandi di curug ini akan awet muda.

Tak hanya itu, ada yang percaya mampu mengobati segala penyakit sampai bisa menemukan jodoh setelah mandi di curug ini. Bahkan ada mitos beredar bahwa mandi di posisi kanan di Curug Tujuh bisa menambah kekuatan sedangkan posisi kiri untuk awet muda dan keberkahan.

Tingkat ke Empat, Foto: jardinntourtravel.blogspot.com

Penginapan Sekitar Curug Cilember

Jika Anda ingin menikmati Curug Cilember dari pagi hari, Anda bisa menginap terlebih dahulu di penginapan di dalam Curug Cilember. Anda bisa menyewa pondokan dengan harga beragam dan fasilitas beragam. Jika Anda ingin membawa keluarga besar, bisa menyewa pondokan dengan 3 kamar tidur. Pondokan ini dilengkapi dengan dapur, water heater dan tungku pemanas. Anda bisa menyewa pondokan dengan rentang harga Rp 600.000- Rp 900.000 dengan berbagai jumlah kamar tidur dan fasilitas yang ditawarkan.

Namun, jika Anda ingin menginap di luar agar lebih leluasa juga bisa. Ada banyak villa atau pun penginapan dari berbagai jenis kelas yang ada yang berada di sekitar lokasi Curug Cilember. Mulai dari Villa Cilember, PP University Accomodation, The Poencer Hotel & Resort, Villa Vamdi, Aquarius Orange , Rizen Premiere, Gumilang Hotel sampai Aries Biru Hotel & Villa. Anda bisa check in di siang hari dan mengisi waktu sebelum esok pagi ke Curug Cilember.

Paket Outbound Satu Hari, Foto: duniaoutbound.com

Camping di Sekitar Curug Cilember

Anda bosan menginap di vila? Sensasi menginap menggunakan tenda di sekitar Curug Cilember bisa Anda nikmati. Selain itu, suara air terjun dari Curug Cilember juga bisa Anda nikmati sepanjang hari. Pengelola Curug Cilember menyediakan camping ground bagia Anda yang tertarik menikmati curug lebih lama dengan berkemah. Anda pun akan memiliki sejarah kecil dengan berkemah di Curug Cilember.

Camping Ground ini tidak hanya ada di curug ketujuh tetapi juga di curug kelima. Akan tetapi jika tak ingin terlalu tinggi, Anda bisa lebih nyaman berkemah di sekitar curug ketujuh. Anda bisa membawa tenda sendiri dengan menyewa tempat berbiaya Rp 30.000 per malam. Jika tak memiliki tenda, pihak pengelola Curug Cilember pun akan mempersiapkan tenda berbagai ukuran.

Tenda kecil berkapasitas dua orang bisa Anda sewa dengan harga Rp 125.000 per malam. Tenda dengan kapasitas enam orang bisa disewa dengan harga Rp 250.000 per malam. Sedangkan tenda berkapasitas sepuluh orang disewakan Rp 350.000 per malam.

Anda juga bisa melihat ketersediaan toilet bersih di sekitar lahan kemah. Kalau Anda lapar pun banyak penjual makanan yang buka sampai malam hari. Jika menginap, kendaraan Anda pun bisa disimpan di tempat parkir dengan biaya Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000an untuk mobil per malam.

Bersama Teman, Foto: angkatan24.blogspot.com

Rute Curug Cilember

Anda bisa menuju Curug Cilember dengan kendaraan pribadi dengan mengarahkan kendaraan Anda ke Puncak. Anda bisa melaju terus sampai menemukan Taman Matahari. Tak jauh dari situ ada petunjuk lokasi Curug Cilember. Silakan belokkan kendaraan Anda ke kiri. Jika Anda menemukan Taman Safari berarti jalan menuju Curug Cilember sudah terlewat.

Setelah beberapa kilometer Anda akan sampai di Curug Cilember. Memang jalan menuju kawasan ini berliku dan agak sempit tetapi jalanan sudah diaspal dengan baik. Akan tetapi keterampilan menyetir Anda juga harus baik karena ketika berpapasan dengan mobil lain, Anda harus ekstra hati-hati.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Curug Cilember berada di bawah pengelolaan Perhutani sehingga memiliki harga tiket masuk (htm) resmi Rp 6.000 per orang. Jika Anda membawa kendaraan pribadi ada tarif yang dikenakan. Motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 4.000 sedangkan mobil dikenakan biaya Rp 8.000. Akan tetapi tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Selain itu, Curug Cilember juga mengenakan biaya sewa camping ground nya saja jika Anda ingin menginap sebesar Rp 30.000 per malam dengan biaya inap kendaraan yang berbeda dengan biaya harian. Anda diharuskan mempersiapkan kocek Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk biaya menginap mobil Anda.

Kemudian Anda bisa menambah Rp 5.000 per orang untuk masuk ke kawasan konservasi kupu-kupu yang ada di Curug Cilember ini. Konservasi kupu-kupu ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki anak untuk mengenal lebih dekat siklus hidup kupu-kupu.

Jalur di Curug, Foto: onellchokes.blogspot.com

Sampai Dibuatkan Film TV

Salah satu stasiun televisi swasta, MNC TV pun tertarik untuk membuat film televisi (FTV) berlatar belakang Curug Cilember. Pemain dari FTV ini adalah Metta Permadi serta Sheza Idris, MNC TV membuat judul Legenda Curug 7 Cilember. Lokasinya pun masih di sekitar Curug Cilember terutama Curug ketujuh.

Sinopsis kisah dari Legenda Curug 7 Cilember ini adalah cerita seorang duda bernama Raden Pranajati yang memiliki berhektar-hektar perkebunan. Ia menginginkan anak laki-laki untuk meneruskan usahanya. Tapi ia hanya memiliki tiga anak perempuan. Malang, istrinya meninggal saat melahirkan anak yang ketiga.

Raden Pranajati pun mengubur keinginannya mempunya anak lelaki dan mencoba mengajarkan cara mengelola perkebunan kepada anak-anaknya. Tapi dua anak tertua nya justru terbuai dengan kemewahan dan berfoya-foya atas harta ayahnya. Berbeda dengan anak ketiga nya yang justru mau mengurus perkebunan.

Singkat cerita, terjadi perebutan harta sang ayah yang mengakibat dua anak tertua yang dihasut oleh pria bernama Badil mengorbankan sang ayah sampai meluncurkan fitnah. Sampai si anak ketiga kehilangan pegangan dan dimanfaatkan oleh Badil. Badil mengambil kesempatan merayu anak ketiga dan mendapatkan surat wasiat sang ayah. Surat itu pun diserahkan kepada anak tertua dan dibakar.

Sang anak ketiga pun diusir dan ditolong oleh pria yang selama ini membantu ayahnya tapi difitnah oleh kedua kaka tertuanya. Mereka pun menikah. Di sisi lain banyak warga membicarakan penderitaan anak ketiga dan membicarakan kejahatan dua anak tertua. Karena kesal  salah satu anak tertua ingin menyingkirkan anak ketiga dengan menyeret anak ketiga yang sedang hamil besar dan menyumbat mata air curug.

Namun sumbat mata air hancur tersambar petir. Air bah tidak menghanyutkan anak terkahir tapi justru kedua anak tertua dan Badil. Air bah iyang turun ke lereng bercabang  menjadi tujuh air terjun. Penduduk di situ menamakan air terjun itu sebagai Curug Tujuh.

Mitos di Curug, Foto: buder2.blogspot.com

Tips Mengunjungi Curug Cilember

Anda tentu ingin menikmati kawasan Curug Cilember dengan segala tawarannya dengan nyaman dan aman, bukan? Ada baiknya Anda istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan ini. Selain itu, kawasan Curug Cilember yang ada di Puncak tentu memiliki jadwal buka tutup kendaraan selama weekend atau long holiday. Anda harus meng-update informasi tersebut agar tidak “terjebak” di jalan.

Siapkan kendaraan Anda dengan mengecek ban, oli, mesin serta bahan bakar. Pastikan tangki bahan bakar Anda penuh dan amunisi untuk Anda sendiri pun sudah dipersiapkan. Air minum, cemilan yang mengenyangkan sangat disarankan untuk dibawa. Pastikan cuaca bersahabat ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi Curug Cilember.

Anda harus memakai pakaian dan alas kaki yang nyaman. Sesuaikan dengan keadaan cuaca dan kondisi medan curug. Anda juga bisa menetapkan akan sampai ke Curug Lima atau ingin menguji kemampuan Anda sampai curug satu.

Usahakan Anda tidak pergi sendirian agar bisa saling menjaga. Jangan lupa informasikan perjalanan Anda kepda keluarga atau teman terdekat. Jangan lupa selama menikmati suasana di Curug Cilember untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata.

Comment

News Feed