by

Alamat Situ Gede Bekasi Kota Bks Jawa Barat + Lokasi Objek Wisata

-berita-398 views
Situ gede bekasi kota bks jawa barat lokasi alamat indonesia 17117 danau rawa wisata rawalumbu di lumbu objek tempat
Situ Gede Bekasi, foto: tempatwisatadibogor.net

Lokasi: Jalan Kampung Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kelurahan Bojong Menteng, Kota Bekasi 17117, Jawa Barat
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Menemukan tempat wisata di sebuah kota besar tidaklah mudah. Kota metropolitan di Indonesia sendiri hanya menawarkan objek wisata buatan seperti mall, department store, waterpark, dan lain sebagainya. Objek wisata alam seperti danau, hutan dan rawa alami jarang dapat ditemukan di kota besar tersebut.

daya tarik yang dimiliki oleh situ, foto: wikimedia.org

Biasanya untuk mendapatkan objek wisata alam di kota metropolitan pun harus singgah ke wilayah pinggiran dan hampir memasuki kota lain di sebelahnya. Salah satu contohnya, masyarakat DKI Jakarta yang ingin berwisata alam, wilayah lokasi terdekat ada di Jawa Barat karena dekat dan bersebelahan.

Biasanya warga Jakarta jika sudah penat akan mengunjungi tempat wisata terdekat yakni perbatasan antara Jakarta dan Jawa Barat. Karena letaknya dekat, maka tidak membutuhkan waktu dan perjalanan yang lama untuk menempuhnya. Salah satu kota di dekat lokasi perbatasan tersebut adalah Bekasi (BKS).

Banyak yang mengatakan bahwa Bekasi (BKS) merupakan kota metropolitan yang menyerupai Jakarta karena banyak perkantoran dan area pabrik tempat orang bekerja disana. Namun kota dengan kode pos 17117 ini juga mempunyai kelebihan berupa wisata alamnya karena masih memasuki area Jawa Barat.

keindahan alam sekitar Situ, foto: isroi.files.wordpress.com

Jawa Barat pun dikenal karena pesona alamnya yang cantik, hal ini mempengaruhi Kota Bekasi (BKS) juga karena masih memiliki tempat wisata alami. Walaupun objek wisata alam di Bekasi juga separuhnya merupakan wisata buatan, namun keindahannya tidak bisa diragukan, contohnya danau Situ Gede.

Nama danau Situ Gede sudah tidak asing di masyarakat Bekasi, memiliki pemandangan alam sekaligus wisata air unik karena berbentuk layaknya sebuah rawa alami. Danau Situ Gede ini sendiri terbentuk dari proses alam yang juga setengahnya kemudian dikelola dan diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Belum banyak yang mengetahui objek wisata alam berupa danau ini karena memang masih belum dipromosikan dengan baik dan kalah populer dengan wisata buatan di Kota Bekasi (BKS). Tetapi disitulah keunikannya, karena tidak banyak masyarakat mengetahui sehingga keindahan alamnya masih utuh.

tempat penyewaan perahu bebek, foto: tempatwisatadibogor.net

Tidak mudah memang menemukan objek wisata alam di sekitaran Bekasi mengingat wilayahnya juga padat dan sibuk layaknya Kota Jakarta. Situ Gede termasuk alternatif wisata alam untuk masyarakat yang sudah bosan mengunjungi mall besar atau tempat wisata modern di kota metropolitan itu sendiri.

Berikut beberapa informasi lengkap mengenai Situ Gede yang terletak di Rawa Lumbu, Kota Bekasi (BKS) Kode pos 17117. Mulai dari fasilitas yang disediakan, harga tiket masuk, alamat lengkap, letak dan lokasi persisnya hingga rute atau jalur yang dapat ditempuh untuk mengunjungi danau atau rawa Situ Gede.

Fasilitas dan Akomodasi

para pedagang makanan di sekitar lokasi danau, foto: tempatwisatadibogor.net

Dahulu, Situ Gede sempat menjadi danau yang agak terbengkalai sehingga malah menyerupai rawa-rawa kotor. Pemkot Kota Bekasi pun masih menyusun rencana untuk menjadikan Situ Gede sebagai kawasan wisata alam dan wisata alami, namun hingga sekarang masih belum sepenuhnya terlaksana.

Meskipun masih belum sepenuhnya dikembangkan, namun di kawasan Situ Gede ini terdapat fasilitas berupa pemancingan alami. Tidak terlalu jelas mengenai ikan apa saja yang ada di dalam danau ini, namun beberapa warga sekitar tidak jarang ada yang datang untuk mencoba pemancingan umum disini.

lokasi danau situ gede, foto: tempatwisatadibogor.net

Ikan air tawar yang biasanya menghuni danau-danau menyerupai rawa layaknya Situ Gede sendiri biasanya adalah ikan nila, ikan mas, ikan bawal, ikan gurame, ikan gabus, hingga ikan lele. Kemungkinan beberapa spesies tersebut mendiami dasar danau Situ Gede seluas hampir melebihi 7 hektar tersebut.

Fasilitas lainnya disediakan juga penyewaan perahu atau rakit sederhana untuk menelusuri Situ Gede ini, pengunjung dapat sambil menikmati pemandangan hijau di sekitar area. Untuk beberapa wahana air kedepannya akan ditambahkan mengingat Pemkot Bekasi masih mengembangkan kawasan ini sendiri.

kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar situ, foto: mytrip123.com

Masih belum banyak fasilitas wisata yang disediakan di area sekitar danau Situ Gede sehingga memang efeknya jadi kurang diminati dan terkenal. Di sekitar area danau, tidak sedikit pula ditemukan tempat makan sederhana yang masih berupa warteg, pedagang asongan dan warung penjaja makanan ringan.

Harga Tiket Masuk

berkeliling situ menggunakan perahu bebek, foto: tempatwisatadibogor.net

Salah satu kelebihan wisata alam di Indonesia, terutama di Bekasi (BKS) adalah harganya murah meriah dan tidak merogoh kocek terlalu besar. Seperti halnya Situ Gede di kawasan Rawa Lumbu ini dimana pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk berhubung tempat ini masih berupa tempat umum.

Tetapi sayangnya, karena biayanya yang murah, pengelolaan terhadap kawasan ini juga masih kurang mumpuni. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa tumpukan sampah di area sekitar danau yang masih terlihat. Tidak jarang warga sekitar yang menjadikan salah satu spot danau menjadi area pembuangan.

Untuk penyewaan perahu dan alat-alat memancing juga terkadang disediakan disini tergantung dari banyaknya pengunjung yang datang. Bila saja Pemkot Bekasi bisa menambahkan beberapa fasilitas tambahan lainnya, maka tempat wisata ini tidak akan menjadi tempat pembuangan warga sekitar.

Letak dan Lokasi

sunset di Situ Gede, foto: lihat.co.id

Objek wisata Situ Gede berada di alamat jalan Kampung Bojong Menteng, dimana lokasi ada di Kelurahan Bojong Menteng dan Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi . Letak persisnya masih agak terpencil di permukiman penduduk namun warga sekitar sudah sangat hapal dengan patokannya.

Kabarnya sendiri, Pemkot Bekasi akan membuat sarana kawasan pusat seni dan budaya di Situ Gede tersebut namun hingga sekarang masih belum terwujud. Semoga saja pemerintah bersedia mengurus kawasan air di danau Situ Gede tersebut karena akan sia-sia bila area tersebut ditelantarkan begiitu saja.

Rute Menuju Situ Gede

salah satu fasilitas yang dimiliki oleh situ, foto: sewarga.com

Untuk menuju kawasan Situ Gede di wilayah Bekasi, pengunjung akan dapat menemukan banyak transportasi umum menuju kawasan jalan Kampung Bojong Menteng. Salah satu angkutan umum yang dapat dicoba adalah angkot M56 beroperasi dari Kampung Rambutan ke Kampung Bojong Menteng.

Tetapi penggunaan Google Maps juga diperlukan karena untuk menemukan lokasi Situ Gede sendiri harus melewati permukiman rumah warga dan gang-gang kecil yang hanya dapat dilewati oleh motor. Terlepas dari lokasi terpencil, kawasan ini masih asri dan dipenuhi pepohonan serta rerumputan hijau.

Salah satu hal yang disayangkan adalah, masih dapat ditemukannya pipa besar yang diduga merupakan sebuah aliran pembuangan dari suatu pabrik atau rumah produksi. Menandakan bahwa pemerintah Bekasi sendiri masih belum maksimal dalam menata perkotaan, terutama wilayah danau Situ Gede ini.

Comment

News Feed