by

8 Pantai Cantik di Yogyakarta Buat Liburan Seru Kamu

Merasa belum puas liburan? Tenang, masih banyak destinasi menarik yang bisa kamu jelajahi, terutama buat kamu yang sedang berada di Yogyakarta.

Selain dikenal dengan wisata alam pegunungan seperti Gunung Kidul dan Kaliurang, Yogyakarta turut memiliki deretan pantai yang cantik. Saking cantiknya, pantai-pantai ini nggak pernah kehilangan penggemar.

Menghadap langsung ke Samudera Hindia, deretan pantai di Yogyakarta nggak cuma menawarkan pengalaman berlibur yang spesial. Terutama lewat terumbu karang yang bisa kamu temui saat snorkling di sana.

Nah, jika kamu merasa bosan dengan kawasan Parantritis, deretan pantai ini bisa jadi alternatif yang pas. Penasaran pantainya apa saja? Berikut 8 pantai cantik di Yogyakarta yang bisa masuk daftar liburan kamu selanjutnya. Mari disimak.

Pantai Ngrumput

Berlokasi di Desa Ngestirejo, Pantai Ngrumput hadir dengan lanskap yang unik. Hamparan pasir putih yang luas membentuk lekukan yang berbatasan langsung dengan tebing serta bukit hijau. Pesona dari Panta Ngrumput terletak pada karang-karang bolong yang membelah tebing tinggi. Sunset dan sunrise di Pantai Ngrumput adalah salah satu yang terbaik di kawasan Gunung Kidul.

Pantai Timang

Buat kamu yang suka bertualang, Pantai Timang adalah destinasi yang tepat. Pantai yang terletak di sebuah pulau yang juga bernama Pulau Timang ini dapat dicapai dengan menggunakan gondola atau kereta gantung ala tradisional yang sangat sederhana. Dengan tarif Rp 100 ribu per orang, kamu bisa merasakan sensasi ekstrem bergelantungan di atas gondola yang menyebrangi lautan luas. Deburan ombak yang agresif berpadu dengan panorama sekeliling yang cantik.

Pantai Kukup

Foto: Instagram Johandafitra

Pantai Kukup hadir dengan keunikan tersendiri dibandingkan pantai-pantai yang berderet di daerah GunungKidul lainnya. Di sini, kamu dapat menikmati indahnya berbagai jenis ikan hias air laut yang sangat indah di bibir pantai. Namun, keunikan utamanya terdapat pada sebuah pulau kecil yang biasa disebut dengan Pulau Jumino. Akses menuju pulau tersebut tidaklah sulit, sudah disediakan sebuah jembatan yang dibangun khusus sebagai sarana penyeberangan. Di atas Pulau Jumino terdapat pula sebuah pendopo, di mana pengunjung dapat meyaksikan luasnya Samudera Hindia secara bebas sambil menikmati sejuknya angin pantai.

Pantai Sundak

Pantai Sundak adalah salah satu pantai yang cukup sepi. Bukan karena nggak cantik, namun justru karena jauh dari keramaian. Air lautnya yang jernih serta pasir putih yang berkilau menambah keelokan pantai yang terletak di Desa Sidoharjo, kecamatan Tepusini. Bukit-bukit kapur yang eksotis juga sering dijadikan lokasi pemotretan berkat pesonanya. Ditambah dengan adanya gua yang memiliki sumur air tawar membuat keindahan Pantai Sundak semakin lengkap.

Pantai Krakal

Hadir bersebelahan dengan Pantai Sundak, Pantai Krakal tergolong sebagai pantai yang landai dan memiliki ombak besar khas pantai selatan. Maka tak heran jika banya ksurfer pemula yang berlatih untuk menaklukkan ombak di pantai ini.Bagi travelers yang ingin mencoba, disarankan untuk membawa papan selancar sendiri karena belum terdapat tempat persewaan surfboard di pantai ini. Selain terkenal akan ombaknya yang besar, Pantai Krakal juga tersohor berkat keindahan biota-biota laut yang berada di karang-karang kecil yang menghiasi sebagian besar bibir pantai.

Pantai Sadranan

Terletak di kawasan Gunungkidul, Pantai Sadranan nggak ada bedanya dengan pantai di Jogja pada umumnya. Hamparan pasir putih yang luas serta tumpukan karang-karang cantik menjadi hal biasa yang hadir di pantai ini. Beberapa pantai seperti Indrayanti hingga Nglambor juga memiliki hal yang sama. Namun yang jadi daya tarik tersendiri adalah soal pengalaman snorkeling! Pada pesisir pantainya, terdapat perairan dangkal di mana menjadi hunian ratusan ribu biota laut, mulai dari ikan, rumput laut hingga terumbu karang.

Pantai Indrayanti

Berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Indrayanti adalah salah satu yang mainstream di kalangan wisatawan. Pantai yang satu ini menyimpan sejuta keramahan bagi pengunjungnya. Deburan ombak yang indah dan pasir putih yang membentang luas membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi pantai favorit yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Selain bersih, fasilitas yang ditawarkan cukup beragam seperti watersport, gazebo, hingga penginapan di mana pengunjung dapat beristirahat dan menikmati romantic dinner bertabur bintang.

Pantai Baron

Masih berada di kawasan Gunung Kidul, Pantai Baron menyajikan panorama eksotis tersendiri. Dari atas tebing, kamu akan mendapatkan pemandangan cantik dengan view yang lebih luas. Diapit oleh dua bukit yang mengawal di sisi kanan dan kiri, Pantai Baron memiliki cekungan yang cukup besar. Cocok buat kamu yang hobi fotografi. Semilir angin yang berhembus dari arah laut akan cukup terasa saat kamu berdiri di atas bukit, memberikan kesan sejuk yang nggak terlupakan.

Untuk yang berada di luar Yogyakarta, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Yogyakarta dan cari hotel murahnya lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke Yogyakarta  cari hotel murah lain di Yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comment

News Feed