by

7 Cara Alami Menyembuhkan Sariawan Saat Traveling

-berita-392 views

Pernah terserang sariawan saat traveling? Meski nggak terlalu berbahaya, sariawan cukup menganggu aktivitas kamu saat traveling.

Benjolan kecil yang biasa muncul pada selaput mulut terasa perih jika disentuh. Bahkan, jika sudah parah, sariawan bisa menghambat nafsu makan.

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan sariawan. Mulai dari mulut nggak sengaja tergigit, konsumsi terlalu banyak makanan pedas hingga kekurangan vitamin C dan B12.

Nah, biar traveling kamu nggak terganggu, Pegipegi punya 7 cara mengatasi sariawan yang alami. Siapa tahu bisa jadi referensi kamu buat liburan seru selanjutnya. Simak, yuk!

Air Mineral

Luka yang timbul saat sariawan terkadang dipicu oleh dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan air, permukaan pada selaput mulut pun ikut mengering. Di saat itulah, sariawan langsung menyerang. Jika kamu merasa sudah terserang sariawan, langkah awal adalah menegak air putih untuk mengembalikan mineral dalam tubuh.

Air Kelapa

Selain menyegarkan, air kelapa punya fungsi utama bagi tubuh, mengembalikan masa elektrolit. Tugas dari elektrolit adalah untuk mengatasi panas dalam yang menjadi penyebab sariawan. Dengan konsumsi tiga kali sehari, air kelapa mampu menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Air Garam

Terasa menyakitkan, tetapi ampuh buat meredakan sariawan. Dengan berkumur air garam, kuman yang hadir pada luka sariawan akan terbunuh secara perlahan. Nggak cuma itu, air garam juga membantu kamu menjaga kesehatan gigi jika sedang traveling.

Pepaya Mentah

Buat yang belum tahu, pepaya mentah (masih berwarna hijau) memiliki senyawa antiseptik dengan kadara yang tinggi, lho. Nah, tugas senyawa ini adalah untuk membunuh kuman penyebab sariawan. Cara penggunaannya cukup iris kecil dan tempelkan pada luka sariawan. Hanya dalam 10 menit, kamu akan mendapatkan khasiat maksimalnya.

Madu

Mengobati sariawan juga bisa dilakukan dengan cara pengolesan madu di lidah. Dengan kadar gula yang alami, madu dapat menutupi luka yang diakibatkan oleh sariawan dengan efektif. Sekali kamu oleskan, rasa perih yang dihasilkan oleh sariawan akan berkurang.

Jambu Biji

Vitamin C adalah zat yang sangat dibutuhkan guna menyembuhkan sariawan. Nah, jika kamu merasa jeruk terlalu menyakitkan buat dikonsumsi saat sariawan, jambu biji jadi alternatifnya. Selain itu, daunnya yang memiliki senyawa anti bakteri juga ampuh mengatasi sariawan.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak khasiat bagi kesehatan mulut. Salah satunya sebagai obat untuk mengatasi sariawan. Senyawa abrasif yang ada di dalam bawang putih mampu melawan infeksi yang diakibatkan oleh sariawan. Cukup tumbuk dan tempelkan bawang putih tersebut di bagian luka sariawan selama 10 menit.

Kalau sudah tahu caranya, langsung rencanakan liburan kamu selanjutnya. Yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comment

News Feed