by

60 Tempat Wisata di Ciwidey, Lokasi Objek Terbaru 2018: Kawah Putih, Situ Patenggang Bandung

-berita-821 views
Wisata ciwidey di bandung tempat objek valley terbaru perahu 2018 alam baru glamping lokasi kawah putih yang jawa barat sekitar ke kuliner selatan murah resort situ patenggang camping malam daerah gambar kampung cai ciwalini apa aja paket rancabali soreang waterboom strawberry ranca upas air panas cimanggu dari jakarta lakeside gambung desa lebakmuncang outbound barusen hills saja adventure bdg berendam peta curug cibuni cipanas taman ditutup penginapan harga tiket sekitarnya emte foto gratis hot spring hangat hotel info informasi itinerary arung jeram pasir jambu jalur kolam renang kekinian kapal kebun kelinci lembang legok lembah letak hari mt offroad pangalengan pemandian punceling petik strawbery rusa rengganis penangkaran kawasan selain stroberi terdekat tenda tersembunyi teh terjun untuk anak balon udara video villa wahana walini yg 24 jam
Situ Patenggang, Gambar: ckmandiritravel.com

Halaman Sebelumnya / Ketujuh, Klik: 49 – 56 Objek Wisata Lembang Maribaya Terbaru 2018 Murah Meriah

57. Kawah Putih Ciwidey

Alamat: JL. Raya Ciwidey Patengan Km.11, Desa Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.18.000
Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Telepon: (022) 7278341

Kawah Putih Ciwidey (foto: anekatempatwisata.com)

Berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 2.400 meter dpl membuat suhu udara di sekitar Kawah Putih Ciwidey cukup dingin dengan kisaran suhu  antara 80 – 220 Celcius.

Namun, dinginnya udara tersebut menjadi tidak terasa tatkala mata menangkap keindahan alam yang luar biasa dari hamparan tanah bercampur belerang berwarna putih yang berpadu sempurna dengan danau yang airnya juga berwarna putih kehijau-hijauan. Menjadi semakin menarik karena warna air danau tersebut dapat berubah-ubah warna sesuai dengan suhu, cuaca dan kandungan kadar belerang.

Begitu indahnya Kawah Putih yang sebenarnya merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha, membuat tempat ini kerap dijadikan lokasi untuk pembuatan film, hunting foto, objek lukisan, dan berbagai aktifitas wisata seperti soft tracking, mendaki, dan berkuda.

58. Bukit Jamur

Lokasi: Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey
Google Maps: Klik Disini
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

Bukit Jamur (foto: infobdg.com)

Disebut Bukit Jamur karena di tempat ini banyak tumbuh pohon-pohon cemara, bahkan sebagian diantaranya tertata dengan rapi, namun pohon-pohon cemara tersebut pertumbuhannya tidak normal atau kecil (kerdil) sehingga menyerupai bentuk jamur payung.

Didukung lingkungan sekeliling yang hijau alami, membuat keberadaan cemara-cemara kerdil tersebut tidak saja unik dan menarik, tapi juga menawan untuk dilihat. Tidak heran jika tempat ini kerap dijadikan lokasi pengambilan foto pre-wedding.

Selain menikmati keindahan dan keunikan cemara-cemara berbentuk jamur payung, para pengunjung yang datang ke sini juga dapat melihat rumah-rumah kuna dengan arsitektur bergaya Belanda yang menjadi bagian dari PTP Nusantara VIII. Lokasi rumah-rumah peninggalan jaman kolonial Belanda tersebut tidak begitu jauh dari Bukit Jamur.

59. Situ Patenggang

Alamat: JL. Raya Ciwidey – Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali
Google Map: Klik Disini
Tarif: Wisatawan Domestik Rp.15.000, Wisatawan Asing Rp.50.000
Operasional: 24 Jam

Situ Patenggang (foto: pegipegi.com)

“Situ Patenggang” dalam bahasa Sunda memiliki arti “Terpisah”. Nama tersebut disematkan pada situ atau danau, karena keberadaan danau tidak lepas dari kisah perpisahan antara keponakan Prabu Siliwangi yang bernama Ki Santang dengan kekasihnya yang bernama Dewi Rengganis akibat terjadinya peperangan.

Sepasang kekasih tersebut selanjutnya saling mencari, hingga akhirnya dipertemukan di bawah sebuah batu besar  yang dinamakan Batu Cinta.

Setelah saling bertemu, Dewi Rengganis meminta kepada Ki Santang untuk membuatkan sebuah danau dengan pulau kecil di tengahnya. Ki Santang pun menuruti permintaan tersebut, sehingga akhirnya terciptalah Situ Patenggang dengan daratan kecil di tengahnya yang diberi nama Pulau Sasuka yang artinya Pulau Asmara.

Keindahan Situ Patenggang yang lokasinya berada pada ketinggian 1.600 meter dpl tidak perlu diragukan, karena danau ini dikelilingi cagar alam yang memiliki luas 123.077,15 hektar dan hamparan kebuh teh seluas 45.000 hektar. Sehingga kemanapun mata memandang yang tertangkap  adalah hijaunya pepohonan yang menyejukkan.

60. Ranca Upas

Alamat: JL. Raya Ciwidey – Patengan Km.11, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: 0812-2345-6911

Ranca Upas (foto: katalogwisata.com)

Ranca Upas adalah kawasan hutan lindung seluas 215 hektar yang menjadi tempat konservasi beberapa jenis flora langka seperti Hamirug, Kihujan, Jamuju dan Huru serta beberapa jenis fauna langka seperti Rusa dan beberapa jenis burung.

Sebagai kawasan wisata alam terpadu,  Ranca Upas menyediakan sejumlah fasilitas bagi para wisatawan, diantaranya adalah: camping area, penangkaran rusa, waterboom, kolam pemandian air panas, fun adventure, serta fun games.

61. Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort

Alamat: JL. Raya Barutunggul Km.17, Desa Alamenda, Kecamatan Rancabali
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.40.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: 0813-9438-0069

Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort (foto: bandungnewsphoto.com)

Destinasi wisata yang memiliki luas 2 hektar ini memadukan unsur tradisional dan modern yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana seperti Swimming Pool, Resort, Camping Ground serta Resto.

Terdapat 20 kamar cottage standard dan 3 kamar family cottage yang disediakan bagi para wisatawan yang ingin menginap di sini. Sedang untuk wisatawan yang ingin menginap di alam terbuka tersedia 6 kamar standard camping ground ditambah 4 kamar family camping ground.

Fasilitas lain yang disediakan bagi para pengunjung diantaranya adalah Wahana Taman Bermain Anak yang berisi ruang labirin,silinder, ayunan, dan balon air, kebun strawberry, sangkar burung raksasa dengan desain yang unik, camping ground ala Indian, serta ruang meeting yang memiliki kapasitas 50 orang lengkap dengan sound system, big screen, dan tentunya view pemandangan alam.

Kembali ke Halaman Awal: 60 Tempat Wisata di Bandung Yang Lagi Hits 2018: Memukau, Terfavorit Serta Terpopuler

Comment

News Feed