by

3 Taman Cempaka di Bandung, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Magelang + Alamat Dimana?

-berita-459 views
Sign Taman Cempaka Cipayung. Foto: beritajakarta.com

Kebutuhan akan taman di setiap kota-kota besar di Indonesia memang sekarang ini sedang meningkat. Hal ini disebabkan tingkat polusi udara serta proses pembangunan kota menjadi sebuah area metropolitan semakin tinggi. Di Jakarta misalnya sudah cukup banyak perumahan hingga areal bisnis distrik dengan dominasi gedung pencakar langit hampir merata. Praktis tidak ada ruang untuk area hijau guna menyeimbangkan udara serta kondisi alam di sini.

Sekarang ini beberapa kota besar sudah mulai berubah dengan menyediakan area ruang terbuka hijau dengan fungsi untuk menyeimbangkan kondisi alam serta suasana eduwisata yang menarik untuk keluarga dan juga para wisatawan. Salah satunya adalah Taman Cempaka. Ada 3 kota yg menyajikan keindahan obyek wisata tersebut. Berikut beberapa kota yg bisa dikunjungi oleh para wisatawan guna menikmati kesejukan di taman ini.

1. Taman Cempaka Cilangkap

Pintu Masuk tempat rekreasi Cilangkap. Foto: tripjalanjalan.com

Lokasi: Jalan Rawa Lindung, Cilangkap, Cipayung, RT.1/RW.4, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13870
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 05.30 – 20.00 WIB
Telepon:

Fasilitas Jogging Track. Foto: tripadvisor.com

Di daerah Jakarta Timur atau lebih tepatnya di Cilangkap, terdapat sebuah area hijau dengan nama Taman Cempaka. Obyek wisata ini merupakan lokasi berkumpulnya para warga di sekitaran Cilangkap atau di daerah Cipayung hingga Jakarta Timur. Lokasi wisata tersebut memang berada di daerah Cilangkap, Jakarta Timur.

Obyek wisata ini di tiap hari terutama weekdays memang cukup sepi. Apalagi jika di pagi hari atau siang. Hanya di sore hari saja kawasan hijau ini cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Sementara ketika weekend tiba biasanya menjelang sore hari ada banyak warga sekitar dan juga beberapa wisatawan dari beberapa daerah mengunjungi daerah tersebut.

Area pintu masuk ke tempat rekreasi. Foto: beritajakarta.com

Para pengunjung tentu saja akan memanfaatkan beberapa fasilitas yang sudah ada di sekitar kawasan Taman Cempaka tersebut. Sayangnya lokasi wisata ini memang belum begitu terkenal di sekitar para wisatawan terutama masyarakat di daerah Cilangkap itu sendiri. Hal ini cukup wajar mengingat pamor taman ini masih kalah dengan kawasan agro wisata cilangkap. Padahal areal hijau tersebut cukup luas dan mempunyai luas yg sama dengan Agro wisata di Cilangkap.

Untuk fasilitas sendiri sudah disediakan area jogging dengan jalur yg panjang dan juga cukup lebar. Sehingga memudahkan para wisatawan untuk berolahraga di sini. Jalurnya sendiri mengelilingi kawasan yg cukup luas tersebut. Selain itu ada area tempat bermain anak-anak dan juga tempat untuk bermain basket. Ada pula area untuk bermain bola voli. Sementara areal parkir mobil sendiri sudah disediakan di sini. Sayangnya hanya untuk 5 hingga 7 mobil saja. Para wisatawan bisa mengunjunginya setiap hari hingga jam 8 malam.

2. Taman Cempaka Bandung

Pemandangan di Wisata Fotografi. Foto: jabarprov.go.id

Lokasi: Jalan Kemuning No.4, Sumurbandung, Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon:

Suasana di dalam tempat rekreasi. Foto: sebandung.com

Selain di Jakarta, ternyata di Bandung juga memiliki taman Cempaka. Dan memang Bandung sudah sangat dikenal dengan banyaknya taman-taman di pusat kota dengan suasana serta lingkungan yang asik dan sejuk. Bahkan hampir di setiap sudut Bandung ini ada taman kecil dengan pesona menarik serta mampu membius para masyarakat Bandung serta wisatawan ketika berlibur ke kota kembang ini.

Dengan didukung program dari Walikota Bandung tentu saja setiap taman di semua sudut kota Bandung ini jauh lebih bermanfaat dengan mengedepankan pemandangan serta panorama yg cantik, fungsional dan tentu saja bisa menarik minat masyarakat serta wisatawan. Ditambah lagi dengan banyaknya fasilitas dan juga konsep tematik sehingga bisa menjadi salah satu ruang terbuka hijau unuk umum. Dan konsep tematik dari taman ini bisa menjadi daya tarik tersendiri sehingga membuat para wisatawan menjadi lebih betah.

Salah satu lokasi wisata dengan konsep tematik yang menarik adalah Taman Cempaka. Nama lain dari taman ini adalah Taman Fotografi. Pasalnya taman ini memang diperuntukkan untuk para masyarakat dengan hobi fotografi. Ada sisi menarik yg bisa ditemukan di taman tersebut. Apalagi dengan suasana serta pemandangan yg indah dan menarik.

Kawasan wisata edukasi tematik ini masuk ke dalam daftar salah satu dari 600 area hijau yang mendapatkan dukungan revitalisasi di Bandung. Dan termasuk ke dalam 30 area hijau dengan konsep atau tematik yg siap memanjakan para wisatawan dan juga masyarakat Bandung. Taman ini memang mengedepankan konsep atau tema fotografi. Tentu saja pemerintah Bandung ingin memberikan wadah kepada para penggemar atau pecinta dunia fotografi dengan adanya taman tersebut.

Sementara untuk fasilitas dari taman ini juga sudah cukup lengkap. Di sini para wisatawan bisa mengunjunginya dengan gratis serta bisa diakses selama 24 jam. Sedangkan untuk fasilitas di obyek wisata ini sudah sangat memadai. Ketika berkunjungi ke lokasi wisata dengan konsep fotografi ini, dijamin para wisatawan akan bisa menemukan serta menjumpai pemandangan menarik. Di sini sudah disediakan area galeri terbuka dengan adanya spot foto menarik serta kursi yang sangat nyaman untuk digunakan. Di sini juga sudah ada area children playground untuk bermain anak-anak. Yang cukup menarik adalah dengan fasilitas free wifi di dalamnya.

Foto-foto di Tempat Rekreasi. Foto: sebandung.com

Di area hijau ini pula sudah ada posko penjaga dengan tugas serta fungsi untuk menjaga kebersihan di sekitar area tersebut. Posko kebersihan ini memang menjadi salah satu fasilitas yg sudah disediakan pemerintah kota Bandung guna menjaga daerah hijau yg sudah mendapatkan revitalisasi dari pemerintah kota. Dengan adanya fasilitas pendukung tersebut, tentu saja bukan hanya para pecinta dunia fotografis saja yang diharapkan kerap mengunjungi kawasan wisata ini. Diharapkan masyarakat umum juga bisa mengunjunginya baik dari kalangan anak muda hingga orang tua.

Untuk lokasi dari obyek wisata ini berada di pusat kota Bandung. Letaknya tidak jauh dari Jl. Riau dimana menjadi salah satu tempat nongkrong anak-anak muda di sini. Jaraknya sendiri hanya 2,6 km dari Balai Kota Bandung. Sayangnya di sini para wisatawan tidak bisa menggunakan kendaraan atau transportasi umum. Pasalnya tidak ada jalur angkutan umum ke kawasan wisata ini. Praktis harus menggunakan kendaraan pribadi. Jika memakai angkutan umum harus berjalan kaki dari jalan utama.

Pemerintah kota Bandung memang sengaja melakukan revitalisasi area ini di lokasi yg sedikit tertutup dan mempunyai akses cukup sulit. Dengan bentuk segitiga dan juga didominasi oleh bunga serta adanya pepohohan rindang, hal ini untuk mengedepankan konsep tema fotografi yg diusung oleh kawasan eduwisata ini. Tentu saja dibuktikan dengan banyaknya atau meningkatnya animo masyarakat di sekitar Bandung serta para wisatawan yang cukup senang mengunjungi obyek wisata tersebut.

3. Taman Cempaka Magelang

Suasana di taman Magelang. Foto: dkptkotamagelang.com

Lokasi: Kemirirejo, Central Magelang, Magelang City, Central Java 56122
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon:

Suasana di pinggir jalan. Foto: dkptkotamagelang.com

Senada dengan lokasi wisata di Cilangkap dan Bandung, di Magelang ini juga mempunyai area hijau dengan nama Taman Cempaka. Hanya saja di sini para masyarakat bisa melihat berbagai macam tanaman hias serta adanya bunga-bunga sehingga membuat kawasan wisata hijau ini sangat cantik. Tentu saja bisa memberikan suasana lebih menarik dan adem.

Pemandangan di Taman Magelang. Foto: dkptkotamagelang.com

Comment

News Feed