by

10 Gambar Tugu Adipura Gajah Bandar Lampung Dibongkar??? + Letak Alamat

-berita-785 views
Tugu Adipura di Bandar Lampung ini menjadi unik karena terdapat patung gajah di sekelilingnya. Menjadi icon kota karena berada di tengah-tengah pusat keramaian. (foto: lampungtujuanwisata.blogspot.com)

Lokasi: Gotong Royong, Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia 35213
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 jam
Nomor Telepon:
0721 252041

Pergi ke Bandar Lampung tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu tempat icon di sana. Ya, nama tempat itu adalah Tugu Adipura atau sering kali disebut dengan Tugu Gajah. Bangunan ini merupakan simbol kota. Biasanya Adipura adalah penghargaan dari pemerintah untuk daerah tertentu karena kebersihannya.

Saat malam hari tiba terdapat beberapa penerangan yaitu lampu-lampu dan juga menjadi hiasan penambah keindahan pemandangan (foto: panoramio.com)

Siapa yang tidak tahu kalau Bandar Lampung memang dikenal dengan kota yang bersih. Bahkan warga yang ada di sekitar juga sangat ramah ditambah kepada wisatawan yang sedang berlibur. Dijamin kamu tidak akan menyesal setelah datang ke sini.

Kali ini Bandar Lampung dengan Tugu Adipura yang menjadi khas akan kami bahas dalam artikel ini. Lengkap dengan sejarah terbangunnya hingga bagaimana rute jalan yang bisa diakses untuk sampai ke sini. Maka dari itu kamu perlu membaca dengan lengkap ya.

Sejarah Tentang Tugu Adipura Gajah

Terletak di jantung kota Bandar Lampung, bangunan besar ini menjadi sebuah icon pusat kota. Ya, dengan nama Tugu Adipura atau biasa dipanggil Tugu Gajah. Letak persisnya adalah berada di antara perempatan Jalan Raden Intan, Jenderal Sudirman, Diponegoro, dan Ahmad Yani.

Terlihat dari ketinggian di sekitar tugu ini terdapat berbagai macam pusat pertokoan (foto: twitter.com)

Bangunan ini memiliki ukuran dimensi sekitar tinggi 30 meter dan luasnya adalah 400 meter. Secara khusus tugu ini diberikan pada Tahun 1995 pada masa kepemimpinan Walikota Drs Nurdin Muhayat dan selanjutnya dikembangkan oleh Pak Drs Soeharto. Beliau adalah walikota yang melanjutkan masa kepemimpinan sebelumnya.

Di sini menjadi daya tarik untuk pengunjung adalah memiliki beberapa ornamen seperti air mancur, patung gajah sedang bermain bola serta dihiasi sedikit motif kain tipis. Replika ini juga dihiasi oleh payung dengan susun tiga yang menjadi khas Lampung. Saat datang ke sini kamu pasti akan terpesona dengan keindahannya.

Keindahan dan Potensi yang ada di Tugu Adipura Gajah

Lampu – lampu indah menghiasi sekeliling bangunan ini (foto: prwtlampung.blogspot.com)

Banyak sekali yang bisa kita lakukan saat berada di sini. Sering kali juga dilakukan event dari berbagai komunitas. Kadang juga dilakukan beberapa kegiatan seperti ujuk rasa dan demo. Tetapi meski demikian tidak membuat tugu kebanggaan warga Bandar Lampung rusak.

Bangunan ini tentu saja membuat tengah kota menjadi menarik dan hidup. Berdiri di tengah kota menjadikan sebagai icon. Yang menarik adalah terdapat sebuah patung binatang Gajah di sini  dan tentu saja ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Biasanya di sini juga dilakukan perayaan Tahun Baru dengan membakar kembang api dan juga setiap hari raya idul fitri dilakukan kegiatan keagamaan. Pemerintah setempat memberikan ijin jika memang tidak mengganggu Tugu Adipura.

Tepatnya jumlah gajah yang ada di sini ada empat. Kamu bisa melihat dari setiap sudutnya (foto: tribunnews.com)

Event lain juga sering dilakukan di sini adalah Car Free Day atau CFD. Setiap minggu pagi pasti banyak sekali warga sekitar datang ke sini untuk berolahraga. Bahkan tak hanya itu, jajanan khas Bandar Lampung ini juga tersedia.

Berwisata kuliner saat berada di daerah baru adalah hal yang wajib dilakukan. Kamu bisa mencoba makanan atau jajanan baru dan merasakan bagaimana rasa baru dari setiap makanan yang ditawarkan. Untuk harga yang diberikan tentu saja masih bisa dibilang murah.

Harapan lain dari warga setempat adalah dilakukan perbaikan – perbaikan agar menjadi lebih cantik. Bahkan jika memang memungkinkan dijadikan tempat destinasi wisata saat orang datang dari luar daerah. Banyak sekali yang mengambil gambar atau di sini dengan latar belakang Tugu Gajah.

Beberapa event sering dilakukan di sini (foto: kupastuntas.co)

Di Bundaran tugu ini juga dihiasi oleh beberapa penerangan seperti lampu berwarna – warni. Jika kamu datang saat malam hari maka akan melihat keindahan. Jangan lupa ya untuk membawa kamera saat datang ke sini dan berfoto. Jika diingat moment berfoto di tugu ini seperti saat berada di Jogja ya.

Adipura sendiri dikenal sebagai sebuah penghargaan yang dianggap sebagai daerah dengan kebersihan sangat bagus. Tata letak kota yang indah tentu akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat kepada daerah. Maka dari itu dijadikan sebuah tugu yang bisa ditonton banyak orang.

Patung Gajah membawa bola (foto: tribunnews.com)

Penghargaan ini tentu tidak hanya ada di Bandar Lampung tetapi juga ada di daerah lain. Kami akan menyebutkan beberapa wilayah juga memiliki Adipura yang sama. Seperti di Jawa Timur ada di Kabupaten Lumajang, Malang, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Lamongan.

Di Jawa Tengah ada di Kabupaten Pati, Rembang, Semarang, Sukoharjo, Surakarta, Purwodadi, Purworejo, Sragen, Grobogan, Purwokerto, Pringsewu , Pekalongan, Klaten , Magelang , dan Solo. Sedangkan di Jawa Barat berada di Kabupaten Ciamis, Curup, Garut , Cianjur, Sumedang dan Tasikmalaya.

Air mancur di sekitar Tugu Adipura (foto: pinterest.com)

Selain itu juga ada di Yogyakarta, Jakarta, Tangerang serta juga banyak sekali wilayah di luar Jawa seperti Kalimantan dan Sumatera tepatnya di wilayah Pekanbaru, Jambi, Balikpapan, Payakumbuh, Medan, Manado, Padang, Pontianak, Palopo, Sintang, Jayapura, Jepara, Makassar, Kupang, Baubau, Karanganyar, Lubuk Pakam, Losari.

Lokasi Tugu Adipura

Saat mendung tiba (foto: lampung.tribunnews.com)

Menjadi salah satu landmark di jantung kota Bandar Lampung, tugu ini menjadi kebanggaan warga sekitar. Selain itu juga dikenal dengan Tugu Gajah karena terdapat patung binatang yang memiliki badan besar. Keunikannya adalah patung gajah tersebut terdapat ekor dengan jumlah empat.

Dan juga di tengahnya terdapat sebuah air mancur yang indah. Tugu ini berada di antara perempatan jalan. Maka dari itu banyak juga warga menyebutkan sebagai bundaran Gajah. Empat jalan tersebut adalah Jalan Raden Intan, Jenderal Sudirman, Ahmad Yani dan Diponegoro.

Secara administratif bangunan ini berada di kelurahan Enggal. Di sekitar tempat ini juga banyak sekali akses bagi pengunjung seperti jajanan lokal dan penginapan yang bisa ditemui. Harga yang ditawarkan juga relatif bersahabat di dompet.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Tugu Adipura

Car Free Day setiap hari Minggu dan Libur lainnya (foto: youtube.com)

Untuk jam buka di sini tidak terikat oleh waktu karena kamu bisa datang selama mungkin. Ya, dibuka selama 24 jam jadi tidak perlu khawatir. Sedangkan tiket masuk tidak dikenakan alias gratis. Datang ke sini selain mendapatkan foto yang bagus juga info dan pengetahuan akan kamu dapat.

Jadi jika kamu datang ke Bandar Lampung maka wajib datang ke sini agar lebih pas merasakan keunikan yang ada di kota yang berada di bagian barat Indonesia ini.

Comment

News Feed