by

10 Gambar Taman Batu Granit di Tanjung Bintang Lampung Selatan

-berita-809 views
Tanjung bintang lampung selatan kecubung harga batu bungur super vs kalimantan termahal retak seribu pecah muda murah indonesia serat es perbedaan dengan beda darat air akik sdn bhd map bandung johor bahru asli amethyst adalah asal bandar granit badak cutting diamond cepat tua agar ungu membuat cj cpb daerah mana kapolsek disandera dalam ratu elizabeth facebook fif gading duren garuda food gambar gunung giok gemilang malim hq hitam hijau harganya honda industri uncang batam indofood indokom jual jumbo jambon juara kontes loker januari jabung kabupaten kristal kaskus pulau kolaka utara kodian kualitas timur peta polsek wisata kerusuhan memo mendunia masih nirwana pinang nomor olx orgen perang palsu putih rusuh rough ring perak rezeki sindangsari sintetis selendang teh tokopedia sekdes tewas terbaru terbaik ukuran kecil upk ungur ukm video benoa kind villa warna biru yang bagus youtube ciri yamaha 1 milyar desa pasar jablay perumahan kecamatan
Taman Batu Granit, Foto: lihat.co.id

Lokasi:Purwodadi Dalam, Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, 35361
Map: Klik Disini
HTM:- –
Buka/Tutup:-
Telepon:-

Bagi banyak orang, taman sangat familiar dengan bunga. Meskipun ada kombinasi selain bunga, tapi jarang digunakan. Ternyata ada taman unik tak biasa dengan pesona mengagumkan. Obyeknya tentu saja bukan bunga. Tetapi, anda akan menemukan hamparan batu mengagumkan dengan pesona keindahan tersendiri.

Hamparan batu tersedia dengan berbagai ukuran. Malah, kumpulan batu ini ada yang sangat besar dan pantas disebut raksasa. Bagi pengunjung luar daerah,  wisata seperti  itu kurang begitu dikenal. selain belum terlalu banyak terekspos, lokasinya juga lumayan tersembunyi.

Berlokasi di Tanjung Bintang, Foto: lihat.co.id

Tapi inilah daya tarik utama lokasi obyek wisata tersebut. Pengunjung tidak akan kecewa dan menyesal setelah mampir. Apalagi alam sekitar juga sangat indah. Perjalanan menuju tempat ini juga tak akan luput dari pandangan. Kesibukan  selama sepekan akan sedikit hilang. karena alam selalu menghadirkan ketenangan.

Destinasi wisata menjanjikan untuk dikembangkan ini berada dalam wilayah Tanjung Bintang. Bebatuan disini termasuk ke dalam jenis granit. Jumlah yang tersebar beserta susunannya diciptakan sendiri oleh alam. Untuk memanjat batu dan menyaksikan pemandangan dari atas juga cukup mudah.

Pengunjung cukup melompati setiap batu yang dipijak sampai ke atas. Kemudian mereka bisa menikmati apa yang disajikan oleh alam. Tentu saja aktivitas mengabadikan moment juga tak luput dilakukan. Salah satu alasan tempat ini menjadi terkenal karena lokasinya sangat cocok untuk mengambil foto atau gambar dengan obyek unik.

Berpetualangan, Foto: travelerien.com

Rute menuju lokasi

Taman  granit ini berada dalam lingkungan perkebunan karet milik PTPN VII Afdeling Bergen desa Purwodadi Dalam. Tanjung bintang sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berada dalam wilayah kabupaten Lampung selatan.

Jika memulai perjalanan dari Ibu kota Provinsi, lama waktu menuju lokasi  wisata adalah 1 jam 30 menit. Jarak tempuh dari kota Bandar Lampung  adalah 30 kilometer. Ketika memasuki kawasan perkebunan karet, jalan yang dilewati tidak mulus dan beraspal. Sepanjang laju kendaraan, anda akan melewati jalan tanah dan berbatu.

Karena itulah, waktu tempuhnya lumayan lama sekitar 30 menit. Rute yang akan dilewati dari kota Bandar Lampung hanya lurus. Mulai dari jalan Antasari, Tirtayasa dan lain-lain sampai menemukan pasar Pal Putih Tanjung Bintang. Kemudian, anda akan mengarahkan kendaraan ke kanan menuju desa Purwodadi  Dalam.

Sebaiknya, gunakanlah kendaraan pribadi menuju obyek wisata. Terutama , kawasan tersebut  masuk ke dalam area perkebunan karet yang jarang dilalui kendaraan. Apalagi lokasinya juga tersembunyi dan lumayan jauh dari jalan utama yang beraspal. Untuk lebih jelas, bisa dilihat di peta yang tersedia di google map.

Menikmati Indahnya, Foto: travelerien.com

Keindahan Taman Batu Granit

Sebenarnya  taman batu granit dalam  kecamatan Tanjung Bintang tidak hanya satu. Tapi ada dua lokasi berbeda  dengan pemandangan yang sama menakjubkan. pertama, lokasinya bernama taman wisata alam gunung baru. Letaknya berada di dalam wilayah desa Srikatan.

Di Obyek wisata ini, anda akan dikenakan biaya masuk sebesar lima ribu rupiah ketika berkunjung. Suasana perjalanan menuju tempat tersebut termasuk sunyi karena melewati perkebunan karet. Kendaraan  melintas juga sedikit. Udaranya juga lebih bersih dan segar. Pemandangan diatasnya juga sangat mempesona. Anda akan melihat perkebunan karet  seperti hutan dihiasi pohon kelapa hijau dan asri.

Potensi Terpendam Lampung Selatan, Foto: malahayati.ac.id

Selanjutnya adalah taman batu granit yang terletak di desa Purwodadi dalam. Destinasi ini sempat begitu populer pada tahun 2007 sampai dengan 2008. Pengunjung  datang selalu ramai terutama ketika musin liburan dan akhir pekan. Mereka penasaran dengan hamparan granit luas dengan berbagai ukuran ini.

Tapi, kondisi tersebut tidak bertahan lama. Begitu pengembang tempat pergi, kawasan itu semakin tak terawat. Semak belukar dan rumput mulai tumbuh berserakan di area ini. Untung saja, semak tersebut tidak terlalu mengganggu pengunjung yang masih ingin datang.

Selain itu, aksi tangan-tangan jablay juga turut memudarkan sedikit pesona area ini. Apalagi, tulisan dan gambar hasil mereka yang tak bertanggung jawab banyak ditemukan di permukaan bebatuan. Meskipun begitu, hamparan batu granit ini tetap layak untuk disaksikan.

Suasana Romantis, Foto: tribunnews.com

Jika diibaratkan, Langkah kaki menuju puncak seperti perjalanan melihat nirwana tersembunyi. Lelah kaki melangkah sebanding dengan kepuasan yang diperoleh. Suguhan bentangan  alam tempat ini sama dengan dunia mimpi para pecinta geologi. Apalagi, hamparan batu granit tanpa campur tangan manusia ini merupakan obyek langka layak untuk diteliti.

Ada tempat indah lain  bisa anda singgahi ketika sampai pada kawasan tersebut. Tempat itu berupa danau buatan yang cukup luas. Danau tersebut diciptakan dari  proses pembendungan air sungai Way. Air danau tersebut digunakan untuk pengairan lahan terutama area persawahan di desa ini. Area sekitar danau sangat terkenal sebaga lokasi kegiatan luar ruangan atau alam bebas.

Sungguh Indah, Foto: tribunnews.com

Uniknya kawasan Tanjung Bintang

Kawasan ini memang sangat unik. Tak hanya daerahnya, tanah dan informasi yang disajikan pun tak kalah menarik. Ketika mecari kata ini di google,  hasil pencarian  paling banyak adalah batu mulia dari berbagai jenis. Batu akik dan permata Tanjung Bintang terkenal dengan kualitas sintesis dan termahal di dunia. Bahkan,  ada seperti cutting diamond berjenis amethyst. Amthyst quartz atau Bungur ini juga menghiasi salah satu mahkora ratu Elizabeth.

Sejak potensi  batu mulia telah diketahui. profesi umum masyarakat disini adalah pengrajin perhiasan. Pembelian batu disini tidak hanya satu, tapi bisa kodian. Jenisnya seperti Bungur jumbo warna jambon,  giok warna  hijau dan biru,  batu akik selendang, kecubung amethyst, batu akik hitam  elegan, batu bungur HQ, dan sebagainya. Selain itu, rough bungur dan ring  ikat batu yang lebih banyak menggunakan perak juga ada disini.

Taman Batu Granit Indah di Lampung Selatan, Foto: tribunnews.com

Tanjung Bintang sering dibandingkan dengan Kalimantan dalam wacana batu akik. Kontes bungur super vs kalimantan dengan batu akik jenis kecubung juga sering diadaka. Bungur Tanjung Bintang hampir selalu jadi juara dengan kemenangan gemilang. Bungur ada dua jenis yang ditemukan  dengan perbedaan yaitu darat dan air.

Bungur darat memiliki ciri warna ungu yang jauh lebih tua, banyak retak, dan berkelompok. Sedangkan Bungur air warnanya lebih lembut dari ungu  muda sampai putih. Ada juga yang sewarna dengan teh dan . Bentuk warna pun lebih kristal.  Selain itu, dikenal juga bungur serat es pecah seribu. Penjelasan ini bisa digunakan agar bisa mengetahui beda bungur palsu dan asli.

Review dan penjualan  batu ini banyak ditemukan pada berbagai situs seperti kaskus, tokopedia, olx, facebook dan sebagainya. Di olx ada jual bungur tanjung bintang dengan lokasi Bandung kota.    Review video nya juga ada  di youtube. Harganya sangat mahal. Bahkan ada yang menawar dengan harga jauh dari kata murah yaitu 1 milyar.

Terjaga Alamnya, Foto: kupastuntas.co

Kata tanjung dan bintang banyak digunakan. Seperti Tanjung Benoa kind  villa bintang di Bali, , Bintang Gading Tanjung Duren terkenal dengan bakmi di Jakarta, Kabupaten Tanjung Jabung, dan sebagainya. Tanjung Uncang di Batam.Tanjung Bintang juga ada di  Kolaka utara. Yaitu pulau eksotis yang bernama Tanjung Bintang. Di Johor Baru, Tanjung Bintang merupakan  sebuah perusahaan bergerak di bidang finance.  Namanya adalah Tanjung Bintang Sdn Bhd.

Tanjung Bintang juga sempat menjadi topik panas akibat kerusuhan warga Batu Badak dan Malangsari. Hal ini dilatarbelakangi oeh kematian salah satu warga desa Badak yang diiringi dengan tewasnya sekdes Malang Sari. Masyarakat panik karena  dikhawatirkan memo  rusuh bahkan perang antar kampung.  Kapolsek datang untuk berdamai disandera oleh warga di desa Batu Badak. Proses penanganannya dibantu oleh aparat gabungan Lampung Timur.

Wisata Alam, Foto: lihat.co.id

Selain itu, geliat pertumbuhan ekonomi Lampung juga termasuk pesat. Banyak industri berkembang disini. Misalnya CBP Indofood  memproduksi garuda, CJ Cheildjedan, Indokom, pemasaran honda dan yamaha, fif, dan lain-lain. Tempat ini cocok untuk mencari rezeki. Karena itu banyak loker tersedia khususnya di awal tahun yaitu bulan Januari.

Industri perumahan dan UKM di sini juga berkembang positif. Ikatan paguyuban mereka juga kuat dalam mempromosikan usaha. Ada lagi UPK Tanjung Bintang  dengan fungsi menggali potensi masyarakat  di bidang UKM. Perannya juga terlihat dalam upaya pengembangan kembali pasar Sindangsari. Selain industri besar yang berkembang, masyarakat juga kreatif. Apalagi keindahan alamnya juga turut menggugah.

Comment

News Feed