by

10 Gambar Pulau Sebesi Lampung, Paket Penginapan Homestay + Cara Ke Lokasi Wisata

-berita-512 views
Gunung di Pulau Sebesi (foto: keripik-lampung.com)
Gunung di Pulau Sebesi (foto: keripik-lampung.com)

Lokasi : Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 20.000/ orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam luar biasa. Beragam flora dan fauna hampir ada di negara tropis ini. Keindahan alam dimilikinya juga tidak bisa dipandang sebelah mata dan beberapa masih menjadi misteri dengan profil masih belum diketahui.

Terbukti, tempat-tempat indah berada di Bumi Pertiwi ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Tidak hanya dari Indonesia, melainkan juga dari luar negeri.

Disisir dari wilayah dataran rendah hingga dataran tinggi, Indonesia memiliki objek wisata yang selalu bisa membuat mata tertegun melihatnya. Daerah pegunungan dengan udaranya yang sejuk dan pesisir yang memiliki suara deburan ombak yang menenangkan. Suasana seperti ini tentu sulit ditolak oleh orang-orang.

Mutiara dari Lampung Selatan

Indahnya Pulau Sebesi (foto: adivisual.blogspot.co.id)
Indahnya Pulau Sebesi (foto: adivisual.blogspot.co.id)

Berbicara mengenai wisata alam pesisir. Indonesia tentu sudah sangat terkenal di dunia Internasional dengan keindahan dari Bali. Tidak hanya itu saja, keindahan gugusan Kepulauan Seribu juga tak luput dari wisatawan asing dan tentu masih banyak lagi lainnya.

Di Lampung ternyata juga menyimpan harta pesisir yang indah. Harta tersebut merupakan Pulau Sebesi. Nama pulau ini ternyata juga menjadi nama jalan di daerah Lampung dan sudah ada di peta online.

Nama jalan tersebut adalah jalan Pulau Sebesi Sukarame. Dulu, mutiara dari Lampung ini memiliki sejarah menakutkan karena wabah malaria. Mutiara Lampung Selatan ini juga beberapa kali menjadi sengketa antara pemilik pulau sebenarnya.

Letak Pulau Sebesi

Pintu Masuk di Desa Pulau Sebesi (foto: willykurniansyah.weebly.com)
Pintu Masuk di Desa Pulau Sebesi (foto: willykurniansyah.weebly.com)

Sebesi merupakan salah satu pulau dan menjadi bagian dari di Provinsi Lampung. Lokasi pulau ini yaitu di Desa Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Uniknya, pulau ini memiliki bentuk menyerupai gunung berapi dan memiliki ketinggian 844 meter. Dilihat secara geografis, pulau ini terletak di Selat Sunda.

Tempat ini berdekatan dengan pulau-pulau lain. Pulau ini terletak di sebelah Selatan Pulau Sebuku. Jika dari Pulau Serdang dan Pulau Legundi, maka Pulau Sebesi berada di sebelah Timurnya. Pulau ini juga dekat dengan gugusan Krakatau, yaitu di sebelah Timur Laut gugusan tersebut.

Sebesi merupakan saksi bisu dari letusan besar Krakatau pada tahun 1883 dan sejak dulu sudah terkenal memiliki tanah subur. Oleh karena itu, tidak hanya unggul dalam sektor perkebunan, Sebesi ini juga dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata andalan dari Provinsi Lampung Selatan.

Berasal dari Bahasa Sansekerta

Memotret Pulau Sebesi dari Dermaga (foto: tripadvisor.com)
Memotret Pulau Sebesi dari Dermaga (foto: tripadvisor.com)

Seperti yang diketahui, dulu Lampung Selatan hanya mengandalkan Krakatau sebagai tujuan wisata andalannya, namun saat ini Sebesi dan beberapa pantai juga menjadi tujuan wisata yang dapat membuat pengunjung terpana dengan keindahan alamnya. Sebesi sendiri merupakan nama yang diambil dari bahasa Sansekerta, yaitu Sawesi.

Sudah Berganti Beberapa Kepemilikan

Pemandangan dari Sisi Lain di Pulau Sebesi (foto: dolan-bareng.blogspot.co.id)
Pemandangan dari Sisi Lain di Pulau Sebesi (foto: dolan-bareng.blogspot.co.id)

Sebesi memiliki beberapa riwayat kepemilikan. Tercatat, pulau ini sudah 5 kali berganti kepimilikan dan pemilik kelima adalah Muhammad Saleh Ali. Beliau merupakan anak laki-laki satu-satunya dari Raden Pangeran Haji Djamaludin.

Tidak hanya memiliki Sebesi, Sebuku pun juga menjadi salah satu pulau yang dimilikinya. Bapak dari Muhammad Saleh Ali sendiri merupakan pemilik yang keempat dari Sebesi.

Ketika Sebesi berada di tangan Muhammad Saleh Ali, pulau ini menjadi basis pendanaan bagi para pejuang Kalianda ketika berperang untuk meraih kemerdekaan dari penjajah dulu, yaitu Belanda dan Jepang. Hal ini berlangsung hingga tahun 1949 atau hingga agresi militer Hindia Belanda ke-2.

Saat ini, hak kepemilikan atas dua pulau tersebut sudah beralih tangan kepada Hasanudin bin M. Saleh Ali dan para saudaranya. Terdapat perbedaan yang mencolok saat pulau ini dimiliki oleh M. Saleh Ali, yaitu kepemilikan pulau ini sudah ditemukan di dokumen resmi serta terdapat beberapa putusan Pengadilan Republik Indonesia bahkan hingga dokumen resmi Kementrian Agama.

Rencananya untuk Kelas Atas, tapi Kelas Menengah Lebih Menguntungkan

Terdapat suatu hal yang harus diketahui bahwa dulunya Sebesi merupakan tempat wisata yang ditujukan untuk kelas atas. Namun hal ini tergantikan menuju ke kelas menengah yaitu lebih mengarah kepada para backpacker.

Ternyata pengambilan keputusan ini sangat tepat sehingga memberikan efek jangka panjang dan beruntun terhadap perekonomian penduduk setempat. Sejak dibukanya Sebesi pada tahun 1980 sebagai tempat wisata. Pulau ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang hobi menembak karena di sini banyak sekali babi hutan dan tentu juga karena keindahan alamnya.

.

Cara Ke Sebesi

Naik Kapal ke Pulau Sebesi (foto: eviindrawanto.com)
Naik Kapal ke Pulau Sebesi (foto: eviindrawanto.com)

Banyak paket wisata yang menawarkan perjalanan ke Sebesi. Tentu ini lebih memudahkan para wisatawan untuk berlibur dan memanjakan diri di pulau tersebut. Cara ke Sebesi tentu hanya dapat ditempuh dengan menggunakan perahu dari Dermaga Canti.

Perjalanan dari kota Bandar Lampung menuju ke Dermaga Canti kurang lebih membutuhkan waktu hingga 2 jam. Sesampainya di Dermaga Canti, wisatawan dapat memesan kapal menuju ke Sebesi. Perjalanan dari Dermaga Canti ke Sebesi kurang lebih membutuhkan waktu 2 jam.

Jangan heran jika para awak kapal akan menawarkan paket wisata. Paket wisata 2017 ini tidak hanya berkunjung ke Sebesi saja melainkan di berbagai pulau yang ada di sekitar Sebesi. Harga yang ditawarkan kurang lebih Rp3.000.000. Jadi dengan jasa trip dan travel ini perjalanan wisata jauh lebih nyaman.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Sebesi

Berada di tempat wisata tentu bertujuan untuk menghilangkan rasa penat yang sudah menumpuk. Hal ini dapat dihilangkan dengan melakukan beragam kegiatan ketika berada di tempat wisata tersebut, baik itu hanya menikmati keindahannya ataupun beraktivitas. Aktivitas ini bisa dilihat di Youtube video dan banyak gambar di internet. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan ketika berada di Sebesi.

  • Bermain kano
Kano Seru di Pulau Sebesi (foto: phinemo.com)
Kano Seru di Pulau Sebesi (foto: phinemo.com)

Kegiatan ini dapat dilakukan di Sebesi. Tentu hal ini sangat menyenangkan apalagi bagi penggemar olahraga ini. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi wisatawan yang belum bisa bermain kano, maka disini dapat berlatih menaiknya.

Tentu untuk menjaga keselamatan dari tiap wisatawan yang bermain kano dimana diharuskan menggunakan jaket keselamatan atau jaket pelampung. Menyisiri lautan Pulau Sebesi yang berwarna biru dengan langit berwarna biru dan udara khas pantainya merupakan pengalaman yang tak ternilai harganya.

  • Snorkeling
Serunya Snorkeling di Pulau Sebesi (foto: phinemo.com)
Serunya Snorkeling di Pulau Sebesi (foto: phinemo.com)

Setiap orang tentu sangat ingin melakukan kegiatan yang satu ini. Melihat secara langsung keindahan dan kehidupan biota laut merupakan hal yang banyak dimimpikan oleh orang-orang. Di Sebesi kegiatan ini dapat dilakukan dan tentu wajib dilakukan.

Namun ternyata spot snorkeling terbaik atau yang paling bagus adalah di sekitar Pulau Umang-Umang sehingga harus menyeberang ke tempat tersebut. Jarak Umang-Umang ini dengan Sebesi cukup dekat. Selain itu di sini juga dapat mencari tempat foto yang menarik dan di sini kita bisa memotret sunset di Sebesi dengan sudut yang bagus.

  • Bersantai
Santai Dulu (foto: travelerien.com)
Santai Dulu (foto: travelerien.com)

Jika memang sudah benar-benar ingin menikmati keindahan alam, suara deburan ombak, hembusan angin khas pantai, maka bersantai adalah kegiatan paling tepat.  Untuk melengkapi kegiatan ini, maka sangat pas jika ditemani dengan segarnya air dari buah kelapa.

Tidak hanya sampai situ saja, jika memang beruntung maka kita juga akan bertemu dengan nelayan baru pulang dari melaut dan kita bisa membeli ikannya secara langsung. Ikan tersebut juga bisa langsung diolah dengan meminta tolong untuk di masakan juga. Tentu ini merupakan sebuah paket lengkap bersantai terbaik di pantai Sebesi.

Banyak Tempat Penginapan

Salah Satu Penginapan di Pulau Sebesi (foto: tripadvisor.com)
Salah Satu Penginapan di Pulau Sebesi (foto: tripadvisor.com)

Tidak usah bingung mengenai penginapan, karena di sini sudah ada banyak sekali penginapan mulai dari villa hingga homestay. Tentu harga yang ditawarkan juga beraneka ragam tergantung fasilitas. Kisaran harga penginapan di sini mulai dari Rp. 200.000 untuk homestay dan dapat diisi oleh 10 orang.

Comment

News Feed