by

10 Gambar Museum Penerangan di TMII Jakarta, Sejarah, Fungsi Sebagai Media Pembelajaran

-berita-1,449 views
Museum penerangan tmii sejarah makalah tentang gambar jakarta indonesia kota timur daerah khusus ibukota istimewa yogyakarta adalah sebagai media pembelajaran wikipedia duta koleksi alamat fungsi taman mini indah lokasi berdirinya pengertian apakah tujuan didirikannya fasilitas contoh karya ilmiah east city manfaat
Museum Penerangan di TMII Jakarta, foto: tamanmini.com

Lokasi: Jl. Taman Mini Indonesia Indah, RW.2, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13560
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 08.00 – 16.00
Telepon: (021) 8408505

Siapa bilang jika liburan hanya menenangkan pikiran dan tidak bisa menambah pengetahuan. Contohnya jika kita berlibur ke Jakarta.

Di sana bukan hanya terdapat jejeran mall yang megah, namun juga terdapat TMII yang bisa membuat pengetahuan kita mengenai Indonesia menjadi bertambah.

miniatur di Museum, foto: threeas.files.wordpress.com

Seperti yang kita tahu, di TMII ada begitu banyak lokasi wisata dan sepertinya sayang untuk dilewatkan. Salah satu lokasi wisata yang bisa Anda pilih ialah Museum Penerangan. Museum ini dibangun TMII Jakarta serta menempati area dengan luas 10.850 meter persegi. Jadi, bukan hanya Yogyakarta, tempat dengan banyak museum.

Sekilas mengenai Museum Penerangan

Luas bangunan dari museum ini 3.980 meter. Pembangunan wisata ini atas prakarsa dari Ibu Tien Soeharto serta diresmikan di tahun 1993 oleh Presiden kedua Indonesia yakni Presiden Soeharto.

monumen di depan Museum, foto: kompas.com

Lokasi wisata ini mempunyai bentuk bangunan berupa bintang bersudut lima sebagai lambang dari Pancasila serta 5 penyangga unsur penerangan. Di bagian depan, ketika kita masuk di halaman, kita bisa menjumpai tugu seperti penyangga lambang penerangan dan dikelilingi patung juru penerang serta air mancur.

Pertemuan air dari atas tugu serta air yang memancar dari bawah adalah lambang hubungan timbal balik dari pemerintah, masyarakat serta media masa. Bangunan ini terdiri dari 3 lantai dan menggambarkan kehidupan masa lalu, sekarang serta masa akan datang.

ruangan dasar Museum , foto: andrewandme.blogspot.co.id

Pada puncak gedung dengan bentuk silinder, memiliki makna serta mencitrakan kenthongan untuk bentuk penerangan tradisional dan penyangga menara antena adalah bentuk penerangan yang sudah modern. Sejarah penerangan dari pergerakan nasional sampai sekarang ini bisa kita lihat di lokasi wisata tersebut.

Hal ini digambarkan dengan koleksi di dalamnya seperti di luar gedung adalah kendaraan pada masa itu digunakan oleh TVRI (Televisi Republik Indonesia) untuk siaran luar, mobil unit sinerama PFN, mobil panggung penerangan, mobil siaran luar RRI serta mobil siaran luar dari TVRI.

Mobil tersebut digunakan untuk meliput Asia Games IV tahun 1963 dan diselenggarakan di Jakarta. Mobil tersebut merupakan inventaris pertama saat awal berdirinya TVRI.

Ketika memasuki gedung lantai pertama, kita bisa menyaksikan benda-benda dengan nilai sejarah informasi serta komunikasi dari radio, film, televisi, media tradisional, dan perkembangan media pers serta grafika.

17 patung setengah badan tokoh-tokoh informasi serta komunikasi menjadi koleksi dari wisata ini. 4 Diorama kecil juga melengkapi serta menggambarkan penerangan pada bidang pependes, penanggulangan bencana alam serta klompencapir.

Koleksi lain dari museum ini ialah mesin ketik huruf Jawa dan dipergunakan dari tahun 1917 oleh Kraton Surakarta dan lain sebagainya.

koleksi motor kuno museum, foto: kompas.com

Sebagai sarana pendukung, di lantai satu ini terdapat teater mini dan perpustakaan dengan memiliki daya tampung 60 orang untuk media informasi.

Bagaimana dengan lantai 2? Pada bagian lantai 2 kita bisa menemukan relief dengan panjang 100 meter serta lebar 1,5 meter. Relief tersebut menggambarkan sejarah dari penerangan Indonesia dalam 5 periode.

7 diorama juga memberi gambaran kegiatan penerangan untuk membangkitkan nasionalisme, mengisi kemerdekaan, menyatukan bangsa.

Koleksi lainnya adalah lukisan wajah Dr. Wahidin Soedirohusodo dibuat oleh Sumidjo. Lukisan ini memperoleh rekor MURI karena menjadi lukisan paling besar dengan ukuran 8 X 7 meter.

salah satu ruangan yang ada di dalam museum, foto: anythingjakarta.com

Bagian lantai 3 terisi dengan 3 studio mini dimiliki PFN, TVRI, RRI serta display foto transparan. Pada tempat ini, ada display peran serta masyarakat yang ikut mengembangkan museum ini.

Hingga sekarang, pihak dari museum masih menerima peran tersebut. Peran serta Anda nantinya akan diletakkan di tempat yang terhormat seperti sumbangan dari Ismail Marjuki, Adam Malik, Djamaludin Adinegoro yang telah lebih dulu menempati ruang istimewa yang berada di sini.

Tujuan didirikannya lokasi wisata ini ialah untuk merawar, mengumpulkan hinga mempelajari objek sejarah dari penerangan sehingga Anda bisa menemukan karya ilmiah tentang museum ini. Manfaat dan fungsi tempat ini pun sudah tidak diragukan lagi.

Etika ketika mengunjungi museum

pirigan hitam lokananta, foto: threeas.files.wordpress.com

Saat mengunjungi lokasi wisata ini, kita bukan hanya sekedar melihat-lihat dan berkeliling. Kadang, karena terlalu asyik melihat-lihat, kita menjadi lupa menjaga etika. Jangan salah, ketika mengunjungi museum, terdapat tata krama dan etika yang harus diikuti, seperti:

  • Tenang serta jangan berisik. Berisik ketika di dalam museum bisa mengganggu pengalaman orang-orang di sekitar Anda ketika sedang berusaha menikmati benda-benda di sana.
  • Hindari menghalangi karya seni. Tentu Anda bisa berjalan di depan koleksi tempat ini, tetapi hindari terlau dekat dan menghalangi orang lain saat ingin menikmatinya juga. Anda bisa mengambil jarak beberapa langkah untuk mundur, sehingga semua orang dapat melihatnya. Bukan hanya itu saja, berjalan di depan orang sedang melihat benda-benda ini juga tidak sopan.
kolekso radio yang dimiliki oleh museum, foto: sindonews.net
  • Hindari menjawab telepon mengangkat telepon bukan hanya mengganggu orang lain di sekitar Anda. Tetapi juga mengganggu pengalaman. Apabila ingin berkomunikasi, lebih baik melalui pesan singkat.
  • Hindari menyentuh apapun. Poin ini sebetulnya sudah harus dimengerti semua orang. Sayangnya, banyak kejadian pengunjung menyentuh koleksi museum. Bahkan jika koleksi ditempatkan di tempat terbuka tanpa kaca, bukan berarti Anda bisa menyentuh atau memegang dengan seenaknya.
  • Jangan makan minum bahkan merokok. Kecelakaan tidak peduli seberapa berhati-hatinya Anda. Oleh sebab itu saat masuk di area museum, hindari minum makan atau merokok. Tujuannya agar Anda tidak merusak karya seni secara sengaja.
  • Perhatikan langkah. Ketika sedang berkeliling dan jalan-jalan, pastikan Anda dengan seksama melihat jalanan dan lantai di bawah Anda.

Rute menuju lokasi wisata

Untuk menuju ke lokasi ini, Anda bisa menggunakan Transjakarta jurusan Tanjung Priok ke Cililitan. Turun di Pusat Grosir Cililitan dan lanjutkan dengan T02 berhenti di depan pintu masuk.

Karena menjadi wisata terkenal, untuk sampai di TMII tidak begitu sulit. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, Anda cukup mencari lokasi ini di Google Map kemudian mengikuti petunjuk arah di sana.

Tempat paling dekat

salah satu koleksi yang dimiliki oleh museum, foto: .kompas.com

Di TMII ada begitu banyak tempat wisata lain. Kita bisa mengunjungi beberapa lokasi wisata secara sekaligus contohnya seperti teater Keong Mas, Teater 4 Dimensi, Taman Legenda Keong Mas, Kereta Gantung, Taman burung serta Taman Bekisar dan masih banyak lagi.

Untuk penginapan, Anda bisa menginap di hotel yang paling dekat dengan Taman Mini Indonesia Indah seperti Park Hotel serta Hotel Kaisar. Jadi, segera agendakan liburan 2018 Anda di wisata ini.

Wisata lain

Wisata lain bisa Anda kunjungi ketika singgah di Jakarta seperti:

  1. Ocean Dream Ancol. Lokasi ini adalah tempat wisata di Taman Impian Jaya Ancol, wisata ini begitu terkenal. Salah satu daya tariknya adalah atraksi lumba-lumba yang profesional dan lucu.
  2. Waterboom Jakarta. Waterboom juga menjadi wahana wisata permainan di PIK Jaksel. Wahana terkenal di kawasan ini adalah Aquatube. Wahana tersebut berbentuk seluncuran air dengan panjang hingga 118 meter.
  3. Pantai Ancol. Pantai Ancol merupakan pantai ramai serta banyak dikunjungi wisatawan. Ketika di hari libur, banyak wisatawan singgah di sini.

Comment

News Feed