by

10 Gambar Kampung Adat Ciptagelar Sukabumi, Keunikan Keistimewaan + Dimana Alamat Lokasi Wisata

-berita-288 views
Kampung adat ciptagelar sukabumi dalam bahasa sunda dimana perenahna teh basa sejarah wisata lokasi aset pariwisata kasepuhan letak cisolok alamat banten budaya gede gambar keunikan kapamalian kawasan kebudayaan keistimewaan istiadat makalah masyarakat video contoh artikel mengenai istri abah ugi jalan anom
Kampung Adat Ciptagelar ini merupakan salah satu daerah dimana masih menjalani adat Sunda yang begitu kenal. (foto: kalangkangmencrang.blogspot.com)

Lokasi: Kampung Sukamulya, Desa Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43366
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Rp 5.000 per orang
Jam Operasional:
24 Jam
Nomor Telepon:
0813 1916 7450

Berlibur menghabiskan waktu bersama orang tersayang adalah hal yang tepat. Tentu akan lebih tepat jika ke tempat alam sembari belajar tentang adat istiadat serta kebudayaan di Indonesia. Salah satunya ada di Kabupaten Sukabumi.

Rumahnya pun sangat terlihat menggunakan adat Sunda (foto: inisukabumi.com)

Nah, artikel kali ini kita akan membicarakan tentang tempat wisata dengan keistimewaan dan keunikan tentang budaya sunda. Nama tempat wisata tersebut adalah Kampung Adat Ciptagelar. Kawasan ini memang sangat kental dengan sunda.

Jika kamu buka dari sunda maka ini adalah ini akan menjadi pengalaman sangat berarti. Selain berlibur tentu saja bisa belajar hal baru mengenai adat istiadat serta bahasa baru. Untuk lebih jelasnya tentang Kampung Adat Ciptagelar ini kamu harus membaca sampai tuntas ya.

Keindahan dan Potensi yang ada di Kampung Adat Ciptagelar

Tata letaknya juga sangat unik sehingga membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang (foto: pegipegi.com)

Di dalam satu paket wisata yang ditawarkan biasanya kamu akan mendapatkan semua peralatan sesuai kebutuhan. Serta guide terbaik selama perjalanan menuju dan di dalam goa. Penelusuran di dalamnya nanti akan membutuhkan waktu selama 3 jam.

Biasanya membuat lama perjalanan adalah saat pengunjung menghabiskan waktu untuk mengambil gambar atau foto. Tentu saja semua pengunjung yang datang tidak akan menyiakan moment saat datang kesini.

Panorama indah di dalam bawah tanah ini sungguh menakjubkan. Kamu akan takjub akan keindahan di sini. Karena berwisata seperti ini tentu saja sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan orang yang lebih memilih berlibur ke pantai atau tempat lainnya.

Meski terlihat tak begitu banyak rumah ini sangat begitu unik (foto: youtube.com)

Di dalam sini dikatakan bawah kegelapan adalah bersifat abadi. Ya, tentu saja kamu tidak akan menemukan alat penerangan semacam lampu atau lainnya. Kamu akan dibekali dengan wearpack untuk membantu perjalanan petualangan bersama lainnya.

Di dalam tempat ini dikenal dengan tiga zona, yaitu terang, senja dan gelap abadi. Perbedaannya adalah pada saat zona terang kamu akan dimanjakan dengan pemandangan unik seperti ornamen yang menarik dengan berbagai bentuk.

Ada juga zona senja, nah di tempat ini kamu akan mulai merasakan kesulitan dengan cahaya. Dan terakhir adalah zoba gelap abadi. Dari namanya saja kita bisa membayangkan bagaimana gelapnya suasana di dalam. Maka dari itu kamu juga akan di fasilitasi dengan headlamp untuk membantu penerangannya.

Di gambar ini sedang dilakukan kegiatan adat oleh warga sekitar (foto: siapa.ga)

Selain sebagai tempat pariwisata daerah biasanya di sini juga dijadikan sebagai tempat penelitian dengan menghasilkan makalah. Masyarakat di sekitar kawasan ini tentu saja tidak keberatan tentang hal ini asal tidak mengganggu ornamen yang sudah menjadi aset mereka.

Jika kamu ingin datang ke sini dan penasaran bagaimana keadaannya bisa melihat beberapa contoh video di berbagai media online seperti youtube misalnya. Jadi sebelum berangkat kamu bisa melihat medan dimana akan dilalui.

Rute dan Jalan Menuju Kampung Adat Ciptagelar

Berfoto di depan salah satu rumah (foto: sukabumiku.com)

Menurut administratif Kampung Adat Ciptagelar ini ada di dalam wilayah Sukamulya yaitu di desa Simaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dari pusat kota Sukabumi sendiri memiliki jarak 103 km, sedangkan dari Bandung sekitar 200 km.

Untuk dapat sampai ke sini kamu dapat menempuh dengan kendaraan bermotor baik itu roda empat atau dua. Tetapi untuk kendaraan roda empat sendiri harus mempunyai syarat khusus seperti memiliki badan kendaraan yang cukup tinggi dan besar.

Kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat setempat (foto: renjanatuju.wordpress.com)

Untuk kamu jika ingin membawa mobil kecil sebenarnya juga bisa tetapi hanya sampai di kantor Desa Sirnaresmi. Di sini juga sekaligus dijadikan sebagai tempat parkir untuk kendaraan lainnya.

Jika hanya sampai memarkirkan kendaraan di kantor desa maka transportasi selanjutnya harus menyewa mobil jeep atau bisa melanjutkan jalan kaki. Perjalanan kaki tidak begitu jauh hanya sekitar 30 menit kamu akan sampai di tempat tujuan.

Nah, untuk dapat sampai ke alamat ini ada dua jalur untuk bisa dilalui. Pertama, melalui jalur Sukabumi – Pelabuhan Ratu – Cisolok lalu berhenti di Desa Cileungsi. Setelah kamu harus melanjutkan ke Desa Simarasa kemudian berhenti di Kampung Pangguyangan.

Pesta padi sebagai bentuk rasa syukur masyarakat (foto: kalangkangmencrang.blogspot.com)

Sesampai di Kampung Pangguyangan ini bagi kamu jika menggunakan kendaraan roda empat harus berhenti di sini lalu bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki atau memanfaatkan jasa ojek warga di sekitar. Ini dikarenakan kondisi jalanan yang dirasa cukup berat jika menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan jika kamu memiliki pada jalur kedua maka akan melewati Desa Simaresmi. Enaknya jika menggunakan jalur ini bisa langsung sampai ke Kampung Ciptagelar karena keadaan jalannya lebih baik. Tetapi juga membutuhkan kendaraan yang baik serta pengemudi dengan pengalaman banyak.

Kondisi jalan memang masih terbilang berbatu sehingga petugas setempat selalu memberi peringatan agar selalu berhati – hati.

Tips Saat Datang ke Goa Buniayu

Terlihat dari ketinggian nampak begitu indah (foto: facebook.com)

Ada beberapa tips untuk kamu jika ingin datang ke sini. Bawalah pakaian lebih karena tentu saja saat berada di sini pasti akan mengalami basah bermain dengan sungai di sekitar tempat wisata ini. Agar merasa nyaman nanti saat keluar dari sini bisa berganti pakaian.

Selanjutnya adalah kondisi fisik juga perlu diperhatikan. Minimal seminggu sebelumnya kamu berolahraga dan beristirahat sehari sebelumnya. Mengingat penelusuran dengan berjalan kaki maka tentu saja membutuhkan stamina yang bagus.

Bangunan rumah ini berada di tengah-tengah pephonan sehingga hawa yang diberikan sejuk (foto: idannadi.wordpress.com)

Selain itu, jangan lupa memesan pemandu saat datang kesini. Karena jalur ke masuk ke dalam goa bisa dibilang sulit bagi pengunjung jika baru datang ke sini. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan bisa memesan guide.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Kampung Adat Ciptagelar

Kawasan wisata alam ini dibuka selama 24 jam penuh. Tetapi sebelum datang ke sini ada baiknya untuk memesan terlebih dahulu. Karena sudah pasti di sini banyak sekali yang memesan tempat ini dengan banyaknya paket trip tour.

Harga tiket masuknya sendiri sangat murah yaitu hanya 5 ribu rupiah per orang. Setelah itu kamu akan ditawarkan beberapa paket dalam penelusuran goa ini. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas terdapat beberapa paket ditawarkan oleh petugas di sini.

Untuk minat umu atau horizpntal dikenakan biaya sebesar 20 ribu rupiah per orang. Dan untuk vertikal dikenakan 150 ribu rupiah per orang. Di dalam paket ini akan mendapatkan peralatan lengkap untuk membantu dalam petualangan dan penelusuran.

Comment

News Feed