by

10 Gambar Jalan Tol Trans Sumatera + Progres Perkembangan Pembangunan Jalur Wisata

-berita-543 views
Foto ini diambil dari ketinggian sehingga tampak secara keseluruhan perkembangan pembangunannya. (foto: production.static6.com)

Lokasi: Jalan Lintas Tengah Sumatera
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Rp 10.000 / mobil
Jam Operasional:
24 Jam
Nomor Telepon:

Berbicara tentang kemacetan memang tentu tidak ada yang menyukai tentang hal ini. Maka salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk menyelesaikannya adalah pembangunan jalan tol. Indonesia jalan tol bisa dibilang sebagai sarana untuk menyelesaikan kemacetan karena adanya banyaknya kendaraan bermotor. Salah satunya adalah Jalan Tol Trans Sumatera dan saat ini masih dalam proses pembangunan.

Beberapa ruas sudah jadi dan digunakan oleh beberapa kendaraan meskipun belum resmi dibuka oleh Presiden (foto: jambiupdate.co)

Artikel kali ini akan memberikan pengetahuan dan informasi tentang Jalan Tol Trans Sumatera. Kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana awal mula keinginan pemerintah dan investor membangun untuk warga yang ada di pulau ujung sebelah barat Indonesia ini. Simak secara lengkap ya.

Sejarah Tentang Jalan Tol Trans Sumatera

Awal mula pembahasan tentang proyek besar ini yaitu terjadi pada tanggal 20 februari 2012 lalu dimana saat itu Menteri Badan Usaha Miliki Negara masih dijabat oleh Dahlan Iskan. Dahlan Iskan melakukan pertemuan kepada semua gubernur yang ada di Sumatera berlokasi pada Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan.

Selain bertemu dengan para gubernur Dahlan Iskan juga menggelar pertemuan dengan Direktur Utama PT Jasa Marga. Di pertemuan itulah mereka membahas tentang pembangunan sebuah jalan yang akan memiliki beberapa ruas.

Ini adalah rencana dari perusahaan tentang pembanguna Jalan Tol Sumatera. Sangat terlihat megah dan besar sekali jika nanti sudah resmi dibuka. (foto: sindonews.net)

Pada saat itu Presiden Indonesia masih dalam jabatan dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian selanjutnya mengeluarkan Peraturan Presiden nomor 100 tahun 2014 dengan isi pembangunan jalan tol Sumatera tersebut pada empat ruas. Empat ruas tersebut yaitu Jalan Tol Medan – Binjai, Palembang – Simpang Indralaya, Pekanbaru – Dumai, Bakauheni – Terbanggi Besar.

Terlihat disekitar jalan masih belum dibangun karena masih rata dengan tanah (foto: pojoksatu.id)

Lalu setelah presiden berganti menjadi Joko Widodo maka mengalami revisi perpres dengan penambahan jumlah ruas seperti Terbanggin Besar – Pematang Panggang, Pematang Panggang – Kayuagung, Kisaran – Tebing Tinggi, Palembang – Tanjung Api-api.

Untuk pengelola proyek besar ini pemerintah mempercayakan kepada PT. Hutama Karya dengan skema penugasan. Setelah bertambahnya waktu Menteri PUPR yaitu Basuki Hadimuljono memberikan penugasan tambahan dengan membangun tambahan tiga ruas.

Perkembangan Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera

Meski sudah nampak terlihat jadi tetapi masih belum dilapisi dengan aspal (foto: harianfokus.com)

Beberapa jumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera telah memasuki tahap konstruksi. Tetapi meski belum berfungsi secara keseluruhan akan tetapi bagian ruas nampak terlihat ada wujudnya. Kami akan memberikan beberapa foto atau gambar dari udara agar terlihat jelas.

Paling terlihat progress di pembangunan proyek ini adalah ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Medan – Binjai dan Palembang – Indralaya. Beberapa ruas yang sudah dibangun ini sangat terlihat megah dan begitu kokoh. Terlihat dari udara gambar yang di dapat sangat indah.

Beberapa petunjuk jalan sudah terlihat terpasang (foto: lampungnews.com)

Meski demikian juga masih terlihat beberapa ruas belum dilengkapi dengan aspal jadi hanya terlihat masih berupa tanah dan perkebunan dengan lahan yang masih belum dibebaskan. Namun, jalan belum beraspal ini juga sudah banyak sekali dilalui oleh kendaraan bermotor.

Kami juga akan  memberikan sedikit penjelasan tentang perkembangan Jalan Tol Trans Sumatera. Presiden Joko Widodo sendiri sudah berkunjung ke sini pada bulan Agustus lalu bersama rombongan. Presiden memberikan beberapa masukan serta dorongan kepada para kontraktor untuk segera menyelesaikan dengan tepat.

Sampai saat sekarang mega proyek ini masih dalam proses pembangunan. Tetapi tentu saja sudah memiliki progres yang sangat baik, kami akan sedikit memberikan bocoran tentang apa saja yang sudah jadi di sini.

Empat Ruas Yang Sudah Memiliki Perkembangan di Jalan Tol Trans Sumatera

Beberapa kendaraan dan peralatan pembangunan (foto: aceh.tribunnews.com)

Yang pertama ruas Bakauheni – Terbanggi Besar. Ruas ini hingga bulan Maret 2017 sudah terbangun hingga 24 % dengan total 140 km. biaya tanah untuk jalan ini mencapai hingga 1.1 triliun rupiah dan sebagian besar lahan yang ada sudah dibebaskan sampai dengan 78 %.

Kedua adalah Medan – Binjai. Berbeda dengan Bakauheni di sini pembangunan sudah mencapai 55 % hanya saja tinggal menunggu beberapa bidang lahan lainnya untuk di bebaskan. Dari catatan data Kementrian PUPR pembangunan ini mencapai hingga 1,3 triliun rupiah untuk kontruksinya, sedangkan 495 miliar untuk lahan.

Presiden Jokowi saat datang memantau perkembangan pembangunan jalan (foto: antaranews.com)

Nah, untuk terakhir adalah Palembang – Indralaya yang sampai sekarang mengalami progress sangat cepat dan bahkan bisa dibilang akan selesai. Progres nya mencapai hinga 96 % dan sudah menargetkan beroperasi di tahun depan yaitu 2018. Ruas ini akan membentang sepanang 22 km dan dibagi jadi 3 seksi.

Banyak sekali berita yang sudah memberitakan tentang Jalan Tol Trans Sumatera di berbagai media. Salah satunya adalah di youtube. Banyak video yang bisa kamu lihat tentang bagaimana perkembangannya sejak awal peletakan batu pertama.

Sebelumnya juga dari berbagai investor dan pemerintah juga membuka lowongan pekerjaan. Bagi kamu yang ingin bekerja dengan BUMN untuk membangun jalan besar di pulau Sumatera. Nasib pembangunan ini akan bergantung kepada para pekerja yang ada di sana.

Pemandangan Alam di Jalan Tol Trans Sumatera

Beberapa ruas masih sangat terlihat dalam pembangunan (foto: imotorium.com)

Selain kamu dapat menikmati perjalanan tanpa kemacetan hal lain juga bisa di dapatkan. Salah satunya adalah dengan melihat pemandangan alam dengan begitu sangat mempesona. Dilihat dari atas jembatan kapal sungguh sangat menawan.

Ruas Bakauheni – Sidomulyo ini di ampit diantar bukit dengan warna hijau yang ada di sekitar Pelabuhan Bakauheni. Jadi tentu saja bisa merasakan bagaimana udara yang diberikan saat melewati jalan ini. Tenang saja kamu bisa bebas merasakan udara sejuk tanpa bercampur polusi kendaraan seperti halnya di ibu kota.

Untuk kamu yang datang ke Provinsi Lampung menggunakan transportasi kapal laut maka tentu saja akan langsung menggunakan jalan tol ini. Sebelum masuk kamu akan melalui Pelabuhan Bakauheni yang saat ini juga terbilang sangat ramai lalu lintasnya.

Salah satu ruas sudah jadi hampir 90% sudah ramai digunakan (foto: netralnews.com)

Jika saat malam tiba dan kamu melalui jalan tol ini maka akan disuguhkan dengan berbagai macam lampu. Lampu penerangan ini menjadi penunjuk jalan juga jadi tidak akan terasa gelap. Lampu – lampu akan menghiasi dan menemani perjalanan kamu.

Berbeda dengan ruas lain juga akan menawarkan pemandangan panorama perbukitan. Serta akan terlihat perkebunan karet dan persawahan yang akan mendominasi di sebelah kiri dan kanan jalan tol. Jalan aspal yang halus dan lebar ini akan bisa membuat pengemudi mencapai tujuan dengan sangat cepat.

Jadi kamu bisa merasakan Jalan Tol Trans Sumatera ini jika datang ke Lampung. Bahkan jika tidak memiliki tujuan tentu saja bisa melakukan hal lain seperti berlibur atau berwisata dengan merasakan pemandangan yang ditawarkan sepanjang jalan.

Comment

News Feed