by

10 Foto Pulau Sebuku Kecil Besar Lampung + Letak Lokasi Snorkeling

-berita-418 views
Pulau Sebuku ini berada di Provinsi Lampung. Terdapat dua jenis pulau yaitu besar dan kecil. Pemandangan di sini sungguh indah. (foto: tempatwisatamu.com)

Lokasi: Pulau Sebuku, Lampung
Koordinat: 
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 jam
Nomor Telepon:

Berlibur menghilangkan penat dan lelahnya pekerjaan di ibu kota adalah hal yang tepat. Maka berwisata di tempat alam bebas menjadi keputusan tepat. Kami akan merekomendasikan wisata alam yang cocok untuk kamu dan masih belum banyak dijamah oleh wisatawan lainnya.

Nama objek wisata ini adalah Pulau Sebuku. Letak tepatnya berada di wilayah Teluk Lampung dan juga di sekitar 2,5 km utara Pulau Sebesi yang juga bisa di kunjungi. Pulau terpencil ini berada di wilayah selatan Pulau Sumatera. Secara administratif masuk dalam kawasan Kalianda  di Lampung Selatan.

Bermain perahu karet merupakan hal menyenangkan. Terlebih dengan latar belakang langit berwarna biru sangat begitu mempesona (foto: wisatalova.com)

Ya kali ini kami akan review sedikit tentang tempat yang menjadi salah satu wisata unggulan di Sumatera. Pembahasan kami tentu saja lengkap tentang bagaimana rute jalan yang harus kamu lalui serta apa saja keindahan di sana.

Bahkan penginapan juga akan kami berikan informasi untuk kamu jika ingin bermalam di sini. Sudah penasaran? Mari kita baca artikel ini.

Keindahan dan Potensi yang ada di Pulau Sebuku

Berfoto ditengah lautan dengan pemandangan gunung (foto: wisatalova.com)

Banyak hal bisa dilakukan di tempat indah ini, salah satunya adalah snorkeling. Melihat pemandangan bawah laut yang indah adalah hal menyenangkan. Air laut di pulau ini sangat bersih dan jernih maka kamu dapat menangkap kehidupan bawah laut.

Alat snorkeling sendiri masih terbilang terbatas jadi kami menyarankan untuk membawa sendiri dari rumah ya. Pulau Sebuku terdiri dari 2 daerah yaitu kecil dan besar, biasanya pengunjung sering datang ke yang besar.

Untuk memudahkan saat berlibur nanti untuk saat ini sudah banyak sekali paket trip yang menawarkan ke sini. Selain lebih murah tentu saja sudah termasuk akomodasi lengkap didapatkan. Tentu saja ini akan sangat membantu ya.

Berenang hingga ke dasar laut melihat kehidupan makhluk dalam laut adalah kegiatan dilakukan oleh para pengunjung (foto: wisatalova.com)

Sebetulnya destinasi liburan ini bukan hal yang baru meski belum banyak dijamah orang. Di tempat ini sudah dikenal dengan banyak paket trip. Jadi tidak perlu khawatir jika takut sendirian saat datang ke sini. Luas pulau ini tidak begitu meski demikian akan sangat cukup menghabiskan waktu berlibur dengan teman atau orang tersayang.

Obek wisata indah ini sebetulnya tidak berdiri sendiri. Di dekatnya terdapat pulau lain yang juga menjadi destinasi liburan yaitu Pulau Sibesi. Tentu saja keindahan yang ada tidak kalah mempesonanya. Paket trip yang ditawarkan juga akan mengajak kamu pergi ke Sibesi dengan satu kali pembayaran saja.

Air lautnya sanat bersih dan jernih, jadi saat kamu datang ke sini tetap menjaga kelestariannya. Jangan membuang sampang di sembarang tempat. (foto: youtube.com)

Nama Pulau Sebuku sendiri sebenarnya tidak hanya berada di Lampung Selatan tetapi juga ada di tempat lain. Di Kaltim atau Kalimatan Timur dan juga di Kalsel atau Kalimantan Selatan juga ada juga tempat wisata dengan nama sama. Selain itu juga ada di Kalimantan Tenggara dan utara yaitu di Nunukan loh.

Konon katanya tempat wisata ini memiliki cerita misteri dengan berbagai cerita sejarah dan legenda. Tetapi diluar itu semua wisata ini sangat menyuguhkan pemandangan begitu amat mempesona. Setelah sampai di sana kamu akan sungguh takjub dengan ciptaan Tuhan ini.

Sejarah singkat tentang wisata ini dulu di dekat perairan Selat Sunda pernah ditemukan sebuah bangkai kapal saat perang melawan Jepang. Tepatnya pada tahun 1999 lalu. Sejak zaman penjajahan Jepang konon katanya pulau ini banyak sekali penghasil rempah dan kopra. Sayang sekali karena kurannya pengelolaan maka saat sudah tidak ada lagi.

Selain berenang kegiatan lain banyak juga sering dilakukan yaitu bermain pasir. Pasir di Pulau Sebuku sangat bersih dan berwarna putih (foto: frenkeyblog.com)

Selain menjadi nama tempat wisata, Pulau Sebuku juga dijadikan nama jalan di Bandar Lampung. Di sini selain alam yang indah juga terdapat sebuah perusahaan tambang batubara yang amat terkenal yaitu PT. Pama Persada Nusantara tepatnya berada di Kotabaru, Jambi.

Rute dan Jalan Menuju Pulau Sebuku

Secara administratif Pulau Sebuku ini masih belum berpenghuni, maka itu artinya di sini tidak ada pemerintahan daerah sebagai pengurusnya. Maka belum ada nama untuk apa kecamatan serta kabupaten di sini.

Perahu motor digunakan untuk menyeberangi pulau (foto: pedomanwisata.com)

Hanya saja lokasi obyek wisata indah ini berada di Teluk Lampung. Dan juga terletak di bagian selatan pulau ujung barat Indonesia ini yaitu Pulau Sumatera. Kami sudah memberikan titik koordinat dimana ini untuk memudahkan agar sampai di sini dengan mudah.

Tinggal menyambungkan dengan aplikasi Google Maps di hp maka secara otomatis akan mendapatkan petunjuk jalan seperti denah atau peta online. Kamu tinggal mengikuti jalan yang diberikan maka akan sampai ke Pulau Sebuku.

Lalu bagaimana agar sampai ke Pulau Sebuku ini? Tentu saja kami juga akan memberikan review ya. Kamu harus menyeberang menggunakan kapal motor. Berangkatlah dari dermaga Canti yang letaknya berada di Desa Canti, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, provinsi Lampung.

Masih jarang didatangi orang tampak begitu bersih (foto: ensiklopediaindonesia.com)

Dan kalau dilihat dekat dengan Selat Sunda ya. Perjalanan untuk menyeberang ke pulau tersebut hanya memakan waktu yang tidak lama. Sekitar 2 jam saja di tengah perjalanan laut langsung bisa sampai di sana.

Tetapi jika cuaca sedang bagus maka bisa lebih cepat dari itu. Sambil perjalanan menyeberang itu kamu akan disuguhi dengan pemandangan laut lepas yang sangat mengagumkan.

Selain itu dapat melihat gugusan pulau kecil di sekitar perairan. Nah, yang menjadi unik lainnya adalah saat akan sampai di tempat tujuan maka kamu akan melihat Gunung Krakatau dengan pemandangan begitu indah. Gunung Krakatau ini begitu besar dan kokoh sehingga akan tampak terlihat saat cuaca sedang cerah dan berawan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Pulau Sebuku

Berenang bersama teman dan kerabat (foto: staticflickr.com)

Pulau Sebuku sendiri dibuka selama 24 jam. Hanya saja sampai saat ini belum ada wisatawan yang bermalam di sana. Biasanya mereka akan kembali menyeberang saat malam hari tiba. Untuk jadwal penyeberangan sendiri dimulai siang hari sekitar pukul 1 siang. Kamu bisa naik kapal motor tersebut bersama dengan pengunjung lainnya.

Bisanya dermaga penyeberangan ini juga ramai dengan warga sekitar yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Ya, warga tinggal di pesisir pantai sangat dikenal dengan penghasil ikan sangat bagus.

Selain pemandangan alam hal lain bisa kamu dapatkan adalah melihat kegiatan apa saja yang dilakukan di oleh masyarakat setempat untuk menangkap ikan di tengah laut.

Perahu motor di Pulau Sebuku (foto: wisatalova.com)

Untuk biaya yang kamu keluarkan saat berlibur ke Pulau Sebuku ini sangat terbilang ramah di kantong. Tak perlu membeli tiket masuk karena di sini tidak dibebankan untuk membeli karcis. Hanya kamu perlu menyewa kapal motor untuk menyeberang. Harga menyewa kapal motor ini sebesar 25 ribu sampai 50 ribu rupiah setiap orangnya.

Cukup murah bukan? Jadi tunggu apa lagi, cepat kamu tentukan jadwal berlibur kamu ke pulai indah ini. Oh ya, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengambil gambar atau foto di setiap momen saat berada di sini.

Comment

News Feed