by

10 Foto Pantai Minajaya Sukabumi, Penginapan di Ujung Genteng + Sejarah Pasiripis Kecamatan Surade

-berita-391 views
Pantai minajaya mina jaya sukabumi penginapan di sejarah kecamatan surade jawa barat 43179 palabuhanratu peta foto gambar alamat wisata dimana pasiripis jampang rute ke lokasi letak poto pasir putih ujung genteng tenda biru
Pantai Minajaya ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai di Indonesia. Jadi sempatkan datang kemari saat berkunjung ke Kabupaten Sukabumi (foto: jawapos.com)

Lokasi: Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43179
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 Jam
Nomor Telepon:
0857 1816 6928

Berlibur memang tepat sekali kalau menghabiskan di sebuah pantai. Semua orang pasti suka akan keindahan pemandangan pantai. Merasakan angin di sini serta mendengar suara deburan khas ombak di pinggir.

Terdapat beberapa gazebo di pinggir untuk digunakan sebagai tempat berteduh sembari melihat pemandangan laut (foto: pikniksukabumi.co.id)

Lalu siapa sangka di Kabupaten Sukabumi ini terdapat sebuah pantai yang tentu saja tidak kalah indahnya dengan lainnya. Namanya adalah Pantai Minajaya. Letaknya berada di daerah wilayah selatan dekat sekali di Ujung Genteng.

Ya, kali ini kami dari tim jejakpiknik.com akan membahas betapa nikmatnya menghabiskan waktu liburan di sini. Kami akan memberikan informasi lengkap mulai dari akses jalan, tarif tiket masuk hingga kegiatan apa saja bisa dilakukan di sana. Mari simak bersama ya.

Keindahan dan Potensi yang ada di Pantai Minajaya

Saat pasang surut tiba maka waktu yang pas untuk kamu bermain ke tengah dengan karang. Tetapi kamu tetap berhati – hati ya karena karang tersebut sangat licin (foto: tempat.co.id)

Sebenarnya selain tempat wisata ini di Sukabumi sendiri terdapat beberapa lokasi pantai yang dapat kamu kunjungi. Destinasi wisata ini belum banyak orang tahu sehingga masih terbilang sebagai surga tersembunyi. Keindahannya tidak bisa kamu lewatkan.

Sekilas sejarah tentang asal usul namanya adalah konon katanya dahulu ada sebuah kapa bernama Mina Jaya tenggelam di sini. Kapal ini di dalamnya dulu mengangkut senjata kemudian kandas dan tenggelam. Nah uniknya adalah saat pantai surut, kita bisa melihat bangkai kapal ini.

Pengunjung datang ke sini bukan hanya dari warga lokal tetapi mancanegara juga ada. Pantai yang dikenal panas berbeda dengan di sini. Suasananya sangat rindang karena di sekitar banyak ditumbuhi pepohonan hijau. Kamu bisa berteduh di sana.

Melihat matahari terbenam adalah moment yang selalu ditunggu saat berlibur. Di sini banyak sekali pengunjung berfoto dengan latar belakang sunset (foto: indahwijaya.blogspot.com)

Masyarakat di sekitar Pantai Minajaya sangat bersahabat. Saat kita tidak mengetahui tempat maka mereka dengan ramah memberitahu. Misalnya saja saat bertanya tentang penginapan yang ada di sekitar atau tempat makan.

Di tepi pantai juga terdapat banyak sekali tenda biru. Kamu bisa merasakan semilir angin pantai dibawah tenda ini. Bahkan tak sedikit wisatawan sampai tertidur lelap.

Saat sore hari tiba maka apa lagi yang ditunggu oleh pengunjung yaitu melihat sunset. Pesisir pantai memang bisa dibilang hampar, ombaknya juga di sini juga tidak terlalu besar sehingga banyak sekali anak kecil bermain air bahkan ada pula yang berenang.

Pasir berwarna cokelat ini merupakan karakteristik tersendiri di sini (foto: youtube.com)

Di kawasan Ujung Genteng memang terdapat banyak sekali tempat wisata pantai. Selain Minajaya juga ada Jampang. Meski demikian setiap tempat wisata ini memliki pesona masing-masing sehingga tidak membedakan keindahan pemandangannya.

Berbeda dengan kebanyakan pantai di ujung selatan dengan karakteristik pasir yang berwarna putih, di sini memiliki warna kecokelatan dengan karang begitu banyak. Bahkan tingkat keteraturan karangnya sangat tinggi.

Menakjubkan lagi yaitu diatas karang ini ditumbuhi dengan rumput laut dan terlihat sangat subur. Maka dari itu kamu harus berhati-hati ya saat bermain diatas karang ini karena sangat licin.

Saat musim liburan tiba maka akan ramai dengan pengunjung datang untuk berlibur (foto: poskotanews.com)

Pantai Minajaya sendiri akan menawarkan pemandangan dengan luar biasa indahnya, dimana kamu akan dilihatkan dengan rumput laut tumbuh subur langsung di bibir pantai. Jika dilihat dari kejauhan maka nampak seperti padang golf.

Saran kami jika kamu ingin melihat rumput laut yang begitu banyak ini. Maka datanglah saat musim hujan. Karena jika musim kemarau rumput laut ini tidak akan tumbuh bahkan tidak akan ditemui satupun. Uniknya, saat rumput laut ini terhempas oleh ombak adalah pemandangan yang indah.

Kapal nelayan digunakan untuk mencari ikan (foto: suetoclub.wordpress.com)

Disekitar pantai terdapat banyak sekali penyedia makanan. Saat kamu lapar maka jangan khawatir untuk memesan makanan. Atau kamu bisa memesan ikan laut mentah segar lalu dibakar sendiri. Ini akan menjadi sensasi yang berbeda jika kamu membakar ikan di tepi laut dengan pemandangan indah.

Oh ya jangan lupa untuk membawa kamera saat pergi berlibur ke sini ya. Karena mengabadikan moment adalah hal wajib untuk dilakukan. Mengambil gambar atau foto dengan latar belakang pantai adalah keputusan yang tepat. Lalu jangan lupa untuk memasukan poto kamu di media sosial ya.

Berfoto di depan papan nama (foto: kknm.unpad.ac.id)

Beberapa tips yang kami sarankan untuk kamu jika ingin pergi ke sini adalah lebih baik berangkat pagi hari dan menggunakan roda dua saja. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan lain seperti pakaian ganti ya.

Selain itu di sana juga sudah disediakan penginapan atau hotel untuk pengunjung dari luar kota jika ingin menginap. Karena tak sedikit yang datang ke sini ingin menikmati suasan pagi hari seperti matahari terbit.

Rute dan Jalan Menuju Pantai Minajaya

Alamat lengkap Pantai Minajaya ini ada di Surade, Kabupaten Sukabumi. Untuk rute menuju tempat wisata ini masih dibilang belum sempurna. Jalanan rusak ini tentu saja bisa dijadikan tantangan tersendiri bagi pengunjung.

Bermain di pinggir pantai karena ombak tidak terlalu besar (foto: toreizen.wordpress.com)

Dari pusat kota Sukabumi sendiri memiliki jarak sekitar 125 km atau sekitar 2 jam perjalanan darat. Saran dari kami adalah kamu menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah mengakses jalanan.

Kami juga sudah memberikan titik koordinat bagi kamu yang belum mengetahui jalannya. Cukup mengunduh aplikasi GPS seperti Google Maps maka secara otomatis akan terhubung petunjuk jalannya. Peta online ini akan mudah didapat jika jaringan internet di lokasi cukup baik.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Minajaya

Jika kamu ingin merasakan dan menikmati keindahan pantai ini selama 24 jam, maka ini adalah lokasi tepat untuk dikunjungi. Ya, Pantai Minajaya ini dibuka selama 24 jam. Kamu bisa menghabiskan hari di sini, bahkan jika kamu ingin menginap juga diperbolehkan.

Pemandangan sunset yang begitu indah (foto: jarambah.riftom.com)

Campaing di pinggir pantai bersama teman adalah hal yang paling seru. Maka dari itu bawa perlatan camping dari rumah ya karena di lokasi ini tidak disediakan.

Untuk harga tiket masuknya sendiri tidak dikenakan alias gratis. Pantai Minajaya sendiri masih dibilang sebagai tempat wisata masih belum banyak diketahui maka dari itu belum mendapatkan perhatian khusus dari pemda setempat.

Hanya saja kamu perlu membayar biaya karcis parkir untuk kendaraan yang kamu bawa. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya 2 ribu sedangkan roda empat harus membayar 5 ribu rupiah. Setelah itu kendaraan kamu akan dijaga oleh petugas yang ada di sini.

Comment

News Feed