by

10 Foto Bukit Senyum Batam, Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata + Alamat Dimana?

-berita-740 views
Bukit senyum batam cipada bandung lembang barat tanjung uban wisata tiket masuk cikalong wetan lokasi bintan astaka harga one johor bahru jb map alamat purwakarta cisarua sumatera utara kabupaten jawa 40556 burangrang ajibata batu ampar amanda asrama dimana danau toba parapat letak foto hotel bunga restoran cafe gunung gambar istana location jalan ypj samosir kota kypj lima ribu pematang lumut lokalisasi motung padalarang pelabuhan ratu pangheotan pulau palabuhanratu pahang pinang sumut sawarna sumatra sukabumi sekolah sejarah tempat tentang tinggi taman lenggong 5000 rute ke menuju
Bukit Senyum (Foto: jejakpiknik.com)

Lokasi:  JL. Kuda laut, Kampung Seraya, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, 29444
Map: KlikDisini
HTM:  Anak-anak SGD 56.00, Dewasa SGD 76.00, Lansia SGD 38.00
Buka/Tutup: 24 Jam

Berbicara tentang Kota Batam, yang terbersit dalam benak hampir setiap orang adalah sebuah kota industri, karena sesuai dengan Kepres No.41 Tahun 1973, Pulau Batam dijadikan sebagai lingkungan kerja daerah industri yang mendapat dukungan dari BOB (Badan Otorita Batam) atau Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam.

Jadi, membayangkan Batam sebagai sebuah kota industri bukanlah hal yang salah. Namun demikian, harus pula disadari bahwa potensi yang dimiliki Pulau Batam tidak hanya sebatas sektor industri tapi juga berbagai sektor yang lain termasuk pariwisata. Bahkan, dengan potensi wisata yang dimiliki, Batam sempat menggelar Tahun Kunjungan Wisata pada tahun 2010 dengan tajuk “Visit Batam 2010 – Experience It”.

Indahnya Pemandangan dari Bukit Senyum (foto: wisata.pesona.travel)

Beberapa objek wisata yang ada di Pulau Batam tersebut diantaranya adalah Pantai Nongsa, Pantai Melur, Pantai Melayu, Pantai Marina, Pantai Tanjung Pinggir, Pulau Abanag Besar, Kebun Raya, Kampung Vietnam, Harbour Bay Food Court, Queen Garden Waterboom, Hutan Wisata Mata Kucing, dan sejumlah objek wisata lainnya termasuk Bukit Senyum.

Dibanding objek wisata lainnya yang ada di Batam, Bukit Senyum terbilang unik karena tempat ini sebenarnya bukan merupakan destinasi wisata, namun sebuah area yang ada di kawasan perbukitan dan menjadi tempat lalu lalang jalur kendaraan umum. Tapi karena tempatnya berada di ketinggian, membuat pemandangan kawasan yang ada di bawahnya dapat dilihat secara menyeluruh. Bahkan, dari atas bukit ini pengunjung dapat mengintip megahnya gedung-gedung yang ada di Singapura, karena jarak antara Batam dengan Singapura cukup dekat yakni sekitar 16 km yang dipisahkan oleh Selat Singapura.

Indahnya panorama alam yang dilihat dari atas Bukit Senyum itulah yang membuat kawasan ini banyak dikunjungi wisatawan, tidak hanya dari sekitar Kota Batam saja, tapi juga dari berbagai daerah.

Pemandangan dari Bukit Senyum pada Siang Hari (foto: perjalanandanwisata.blogspot.co.id)

Rute Menuju Bukit Senyum Batam

Secara administratif Bukit Senyum Batam memiliki alamat di JL. Kuda laut, Kampung Seraya, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, 29444. Karena berlokasi di Kampung Seraya itulah membuat bukit ini banyak juga yang menyebut “Bukit Seraya Atas”. Dengan lokasi di wilayah perkotaan membuat kawasan perbukitan ini mudah dijangkau, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Bagi wisatawan yang datang ke Batam dengan menggunakan pesawat, dari Bandara Internasional Hang Nadim menuju ke lokasi dibutuhkan waktu sekitar 45 menit jika menggunakan taksi atau menyewa mobil. Rute yang ditempuh dengan melewati Jalan Yos Sudarso yang membentang antara Batu Ampar dengan Kawasan Balol. Selain itu, perjalanan juga dapat dilakukan dengan menyusuri Jalan Jenderal Sudirman atau JL. Letjend Suprapto.

Wisatawan juga dpat memanfaatkan jasa transportasi umum yang ada di Batam baik angkot maupun ojek, karena jalur yang melintasi kawasan Smile Hill juga dijadikan trayek angkutan umum. Sehingga selama 1 x 24 jam selalu ada angkutan umum yang melintasi kawasan ini, meskipun pada malam hari hanya ada 1 – 2 angkot yang lewat.

Pemandangan Menuju Bukit-Senyum (foto: placesmap.net)

Karena kawasan ini cukup populer dan hampir semua masyarakat Batam tahu, wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun rental tidak perlu takut tersesat. Bila bingung dengan arah yang dituju, tinggal bertanya pada orang-orang yang berada di pinggir jalan atau cukup dengan mengaktifkan google map pada layar smartphone.

Mengingat lokasi berada di atas perbukitan dengan ketinggian sekitar 500 meter dpl, kendaraanpun juga harus dalam keadaan prima untuk digunakan menanjak.  Selebihnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena jalan yang harus dilalui beraspal mulus dan hampir selalu ramai oleh lalu lalang kendaraan.

Berburu Keindahan di Bukit Senyum

Siapapun yang menginjakkan kaki di Bukit Senyum, tidak ada hal lain yang dicari kecuali keindahan, karena Bukit Senyum memang memberikan keindahan yang tiada tara lewat view Batam dan Singapura dari atas ketinggian bukit. Kapanpun datang ke tempat ini, pada saat itu juga keindahan langsung dapat dinikmati. Karena itu jangan lupa membawa kamera atau berbekal ponsel dengan kamera yang memiliki resolusi tinggi agar dapat mengabadikan keindahan alam lewat foto atau gambar video.

Pemandangan Kota Batam pada Malam Hari Dilihat dari Bukit Senyum (foto: lihat.co.id)

Pada pagi hari, matahari yang muncul perlahan dari arah Timur menyemburatkan siluet yang sangat menawan. Siang harinya pemandangan Kota Batam utamanya Bukit Nagoya, Daerah Jodoh, Batu Ampar, Pemukiman Bengkong, Batam Center dan sekitarnya terlihat sangat indah. Begitu juga dengan Singapura, tampak jelas di kejauhan dengan latar belakang gedung-gedung yang megah.

Jarak Singapura dengan Batam yang cukup dekat ditambah letak Bukit Senyum yang berada di ketinggian, memungkinkan pengunjung untuk melihat Negeri dengan seribu larangan tersebut dari atas bukit. Termasuk kapal-kapal yang berlalu lalang keluar masuk pelabuhan dan pesawat yang akan landing maupun take off dari Bandara Changi.

Menginjak malam, keindahan tersebut bukannya hilang tapi justru malah menjadi. Kilauan cahaya bintang yang berpadu dengan lampu-lampu gedung yang ada di Kota Batam maupun di Singapura serta lampu-lampu yang dipancarkan oleh kapal-kapal di tengah laut dan kerlip lampu pesawat bagaikan kemilau mutiara yang membuat suasana di Bukit Senyum terkesan romantis.

Gemerlap Kembang Api Dilihat dari Bukit Senyum Batam (foto: kabarwisata.com)

Puncak dari keindahan tersebut datang pada saat menyambut tahun baru. Di atas Bukit Senyum kembang api yang dinyalakan dari seluruh penjuru Kota Batam dan juga yang disulut oleh sebagian warga Singapura menyuguhkan pemandangan yang memukau saat dilihat dari kawasan bukit. Tidak heran pada malam menjelang tahun baru, kawasan ini penuh sesak oleh pengunjung yang datang dari segala penjuru, bahkan dari luar Kota Batam.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Bukit Senyum

Karena bukan merupakan kawasan wisata dan jalan yang melintas di kawasan Bukit Senyum merupakan jalur yang dilintasi trayek angkutan umum, pengunjung yang datang ke tempat inipun tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Itu sebabnya kawasan ini dikatakan tempat rekreasi yang murah meriah dan menjadi favorit anak-anak muda.

Mungkin karena belum dijadikan sebagai kawasan wisata, sehingga pemerintahpun kurang begitu memperhatikan faktor kenyamanan bagi pengunjung yang datang ke tempat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari tidak adanya fasilitas umum yang sengaja dibangun bagi wisatawan. Kalaupun ada sejumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan pengunjung, semua adalah milik pribadi masyarakat atau mereka yang memanfaatkan kawasan Bukit Senyum untuk mencari rejeki.

Suasana Tempat Nongkrong di Bukit Senyum (foto: kabarwisata.com)

Alhasil, kendaraan yang parkir di kawasan inipun tidak tertata dengan rapi. Sebagian ada yang menggunakan ruas jalan, sebagian lainnya dititipkan di warung-warung dan di rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar lokasi. Begitu juga jika membutuhkan kamar mandi untuk buang air atau membersihkan badan, harus menumpang di rumah warga atau di warung-warung.

Meski tidak ditunjang oleh fasilitas umum yang memadai, Bukit Senyum selalu ramai dikunjungi, karena pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencari makanan dan minuman. Sepanjang pagi, siang, sore hingga malam hari, di tempat ini selalu saja ada pedagang makanan dan minuman. Bahkan sepanjang malam hingga pagi hari, banyak ditemui pedagang keliling yang ada di lokasi, disamping warung-warung kecil yang buka 24 jam.

Bagi yang ingin bersantap dengan suasana nyaman dan romantis sambil melihat indahnya Kota Batam dan Singapura pada malam hari, terdapat beberapa cafe, restoran dan pujasera yang dapat dipilih, beberapa diantaranya adalah The Peak Pujasera, Padang Pusako Makan, Sofonta Cafe, Makan Tahu Sumedang dan masih ada beberapa cafe yang lain.

Suasana Malam di Bukit Senyum (foto: detik.com)

Sedang bagi pengunjung yang ingin menginap di kawasan bukit, penginapan yang tersedia di tempat ini hanya rumah-rumah penduduk yang dijadikan homestay. Itupun jumlahnya terbatas. Namun karena lokasi Smile Hill tidak jauh dari Kota Batam dan dengan akses transportasi yang mudah, maka jika ingin mencari penginapan tinggal meluncur ke Kota Batam untuk mencari hotel yang diinginkan.

Sejumlah Tempat  dengan Nama Bukit Senyum

Kawasan dengan nama Bukit Senyum tidak hanya dimiliki Kota Batam. Dengan latar belakang dan sejarah yang berbeda-beda, beberapa daerah yang ada di Indonesia juga memiliki tempat dengan nama yang sama. Berikut kawasan bernama Bukit Senyum yang ada di beberapa daerah.

– Bukit Senyum Bintan

Masih di propinsi Kepulauan Riau, namun di Kabupaten bintan, dapat ditemui sebuah kampung yang bernama Kampung Bukit Senyum Km.80 yang lokasinya di Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, arah masuk menuju Tanjung Uban. Tempat ini dikenal di berbagai daerah karena merupakan kawasan lokalisasi dan sudah puluhan tahun dijadikan sebagai tempat prostitusi. Nama Bukit Senyum Bintan menjadi semakin populer bahkan jadi perbincangan nasional tatkala foto salah seorang PSK bernama Amanda yang berwajah cantik dari lokalisasi ini bertebaran di dunia maya.

Bukit Senyum di Malam Hari (foto: tempat.co.id)

– Bukit Senyum Cipada

Di Bandung Barat, tepatnya di Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40556, terdapat tempat wisata berkonsep gardu pandang dengan latar belakang perbukitan dan pepohonan hijau yang diberi nama Bukit Senyum. Wana wisata yang dikelilingi hutan pinus ini baru diresmikan pada 19 April 2017, sehingga baru dikenal oleh masyarakat di sekitar Lembang, Padalarang, Cimahi, Cisarua dan sekitarnya. Namun dengan potensi alam yang dimiliki, tidak menutup kemungkinan tempat ini nantinya akan dibanjiri wisatawan

Berada di kawasan lereng Gunung Burangrang, wana wisata ini dapat ditempuh dari arah Cimahi dengan menyusuri jalan yang menuju ke Cisarua, kemudian mengikuti arah ke Cipada. Sesampai di Cipada, Anda akan melewati jalan koral dengan kanan kiri dihiasi perkebunan teh Pangheotan. Tidak jauh dari perkebunan teh itulah Bukit Senyum Cipada berada. Jalan koral itu sendiri jika terus ditelusuri akan mengantar ke jalan beraspal yang tembus ke jalan raya Purwakarta. Sehingga wisatawan dari Purwakarta pun cukup mudah untuk berkunjung ke kawasan wana wisata ini.

– Bukit Senyum Ajibata

Kecamatan Ajibata terletak di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara yang merupakan Kota Pelabuhan dan Pusat Perdagangan, dimana kota ini menjadi penyangga dari desa-desa yang ada di sekitar Danau Toba. Di wilayah Ajibata inilah terdapat sebuah tempat di ketinggian yaitu Perbukitan Motung yang salah satu bukitnya bernama Bukit Senyum. Smile Hill ini banyak dikunjungi wisatawan karena merupakan spot favorit untuk melihat indahnya panorama Danau Toba yang berhiaskan Pulau Samosir dan berlatar gunung dan bebukitan serta landskap menawan dari Kota Ajibata, Parapat, Tomok dan Tuktuk.

– Bukit Senyum Lima Ribu

Di Kota Jailolo, Halmahera Barat, terdapat sebuah tempat wisata dengan nama unik yaitu, Bukit Senyum Lima Ribu. Di atas bukit ini, wisatawan dapat melihat keindahan hutan yang hijau berpadu dengan hamparan lautan biru yang memiliki air jernih, sehingga dari atas bukit, bayang-bayang keindahan terumbu karang yang ada di bawah permukaan air dapat terlihat dengan jelas. Keindahan alam tersebut masih dihiasi dengan lalu lalang kapal-kapal serta Gunung Tugu Aer atau Gunung Jailolo yang menjadi latar belakangnya.

Kata Lima Ribu yang menyertai nama tempat wisata ini, karena dulu Pemerintah Daerah membangun gazebo-gazebo untuk tempat beristirahat, berfoto sekaligus dijadikan gardu pandang. Gazebo-gazebo tersebut selanjutnya dikelola oleh masyarakat setempat dan oleh masyarakat diberi papan bertuliskan “Senyum Lima Ribu”. Maksudnya, jika ingin memanfaatkan gazebo, wisatawan dikenakan tarif Rp.5.000.

– Bukit Senyum Pematang Lumut

Meski merupakan kawasan perbukitan serta memiliki suasana yang sepi dan nyaman, namun tempat ini bukan sebuah kawasan wisata dan tidak ada pengunjung yang datang ke tempat ini dengan tujuan untuk berwisata, karena Bukit Senyum yang ada di Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi ini merupakan asrama atau mess bagi karyawan yang bekerja di Petro China.

Negeri Singapura dari Bukit Senyum (foto: kabarwisata.com)

– Bukit Senyum Sawarna

Pelabuhanratu yang merupakan ibukota Kabupaten Sukabumi selama ini lebih dikenal dengan wisata pantainya, karena di kawasan ini banyak terdapat pantai-pantai dengan panorama yang indah, seperti Pantai Cibareno, Cimaja, Citepus, Cibangban, Tenjo Resmi, Break Water dan dua pantai yang namanya cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia, yaitu Pantai Pelabuhan Ratu dan Pantai Sawarna.

Selain wisata pantai, Palabuhanratu sebenarnya memiliki cukup banyak jenis wisata lainnya, seperti wisata buatan. wisata air panas, wisata religi, wisata air terjun, taman bunga dan wana wisata. Salah satu diantaranya adalah Bukit Senyum Sawarna karena berlokasi di dekat Pantai Sawarna. Di atas bukit ini, pengunjung akan dibuat terpukau oleh keindahan birunya hamparan laut yang berpadu dengan pasir putih Sawarna yang menggoda.

Selain di Indonesia, nama Bukit Senyum juga digunakan untuk memberi identitas bagi sejumlah tempat di Malaysia, diantaranya adalah Kampung Bukit Senyum yang ada di Lenggong, Kabupaten Hulu Perak, Perak dan nama kota yang menjadi pusat perdagangan dan perekonomian sekaligus tempat berdirinya Astaka Holdings Limited yang merupakan gedung bursa saham di Johor Bahru Malaysia. One Bukit Senyum yang ada di Johor Bahru ini juga menjadi secretarial office location YPJ (Yayasan Pelajaran Johor) dan menjadi sekolah atau kampus induk dari KYPJ (Kolej Yayasan Pelajaran Johor).

Comment

News Feed